Close up of a girl taking a picture with an iPhone

HP Android saat ini sudah sangat mendukung kamu buat kebutuhan fotografi. SmartPhone didesain menggunakan kamera dengan resolusi untuk menghasilkan foto yang menaraik serasa fotograper pro. Bahkan jika kamu udah memahami dasar fotografi tentunya hanya dengan bermodalkan HP saja, kamu sudah bisa menghasilkan karya-karya foto yang berkelas para pro.

Trus, gimana dong caranya agar kamu bisa dapatkan karya foto yang berkualitas dengan
menggunakan smartphone aja? Yuk, simak terus artikel tips memotret dengan hp ini.

Manfaatkan Cahaya yang ada

Unsur penting dalam fotografi adalah cahaya, karena cahaya yang menentukan hasil dari
suatu foto. Ada istilah dalam fotografi yaitu, melukis dengan cahaya. Dengan memanfaatkan cahaya yang ada dan peka terhadap cahaya maka kamu dapat menentukan foto seperti apa yang ingin kamu buat. Sumber cahaya ada dua jenis yaitu dari alam yaitu dari cahaya matahari dan dari cahaya buatan manusia seperti lampu dan flash.

Dengan cahaya yang pas akan menjadikan objek dalam foto kamu menjadi tajam, kontras dan terang. Bahkan ada beberapa selera cahaya dalam fotografi dengan istilah lowkey dan
highkey. Jika kamu suka dengan foto yang minim cahaya ada unsur gelap, maka kamu masuk dalam lowkey. Namun jika kamu senang dengan foto-foto yang teran dan flat, maka kamu memiliki selera foto highkey.

Jangan menggunakan zoom, namun dekatilah objeknya

Memang kamera pada smartphone ialah fungsi zoom, dengan menggunkan zoom yang terinstal di kamera smartphone kamu maka akan mengurasi kualitas foto kamu, karena seiring jalan penggunaan zoom maka resolusi gambar akan menurun.

So, agar fotomu gak buram maka caranya ialah mendekatlah kamu dengan objek yang ingin kamu foto. Cara ini terbukti menjadikan hasil jepretan kamera hp lebih maksimal.

Sering latihan untuk stabilkan tanganmu

Agar hasil jepretanmu di hp tidak shaki alias kabur karena tidak fokus maka usahakan agar
tangan kamu tetap stabil saat memotret di smartphonemu. Kalau tangan kamu goyang maka fotonya tentunya menjadi blur karena getaran tangan kamu. Kamu bisa menggunakan alat bantu sperti tripod untuk dapat stabil saat memotret. atau jika kamu punya dana lebih kamu bisa menggunkan gimbal. Saat ini banyak dipasaran produsen alat fotografi sudah mengeluarkan gimbal bukan hanya untuk kamera dslr ataupun mirorless saja,namun juga bisa kamu gunakan buat smartphonemu.

Namun jika kamu ogah untuk menggunakan alat bantu seperti diatas maka kamu cukup dengan sering latihan memotret dengan hp sambil menahan nafas saat menjepret objek.

Perhatikan pengaturan shutter speed di hp kamu

So, di dalam fotografi ada istilah yang sering kamu dengar dengan triangle exposure,
yaitu shutter speed, Diagfragma (bukaan lensa), ISO. Salah satunya yaitu shutter speed,
ini adalah kecepatan lensa dalam menangkap objek foto.

Cara ngatur shutter di smartphone kamu sangat mudah yaitu dengan mengunduh applikasi foto yang banyak tersedia di Google play store. Pada aplikasi itu ada menu pilihan “shutter”, setelah itu kamu cukup mengatur waktu kecepatan kamera hpmu, seperti 1 detik, 2 detik atau sampai 5 detik.

Banyaknya cahaya yang bisa diserap oleh lensa kamera smartphone kamu ditentukan seberapa lama kecepatan pilihan waktu shutter speednya,dan begitu juga sebaliknya jika shutter speednya cepat maka cahaya yang diserap lensa akan sedikit.

Atur fungsi ISO pada Smartphone kamu

Selain fungsi dari menu shutter speed, kamu juga harus bisa mengatur ISO di smartphonemu. ISO ialah fitur yang berperan untuk mengatur sensitivitas lensa terhadap cahaya yang masuk. Semakin besar angka ISO nya maka semakin besar pula sesitivitas lensa dan begitu pula sebaliknya, jika semakin kecil angka nilai ISO nya maka semakin kecil pula sensitivitas terhadap cahaya. Tips agar foto jepretan kamu tidak noise ialah dengan mengatur ISO yang pas pada smartphonemu. Bila kamu memotret dengan minim cahaya, kamu bisa menggunakan bantuan lampu. Jika kamu tidak menggunakan bantuan lampu, maka kamu perlu menaikan angka ISO pada smartphonemu agar objek bisa terlihat jelas, namun kelemahan dengan ISO tinggi yaitu foto kamu akan terlihat noise.

Atur Komposisi jepretan fotomu

Jika kamu sudah memahami komposisi pada foto tentunya hasil jepretan kamu akan lebih
tampak artistik. Banyak banget komposisi yang dapat kamu terapkan saat menjepret foto.
Misalnya, dengan menjepret foto dengan berfokus dari bentuk, unsur garis dan warna. Kamu juga dapat menampilakan hasil foto dengan komposisi yang sederhana. Jika ada elemen yang berada disekitar objek foto yang sekiranya mengganggu, kamu dapat menutupi, atau bahkan menghilangkanya dengan cara berpindah sudut pandang yang berbeda.

Setelah dipelajari,mungkin kamu berfikir bahwa ternyata untuk menghasilkan karya jepretan foto hanya dengan HP tidaklah sulit. Banyak karya-karya fotografi yang artistik hanya bermodalkan alat kamera di smartphone saja.

Kamu hanya butuh sering latihan untuk mendapatkan rasa, karena foto yang bagus erat
kaitan dengan rasa yang ada dalam diri kamu gaes.. so, lanjutkan jepretan kamu ya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here