Female tourists on hand have a happy travel map.

Liburan anti nghayal – Kamu pastinya pernah ngerasain ingin pergi liburan namun nggak kesampaian, ya kan..? Padahal nih kamu udah usaha dengan susah payah buat nyusun semua rencana liburan itu, eh taunya gak jadi berangkat. Pastinya kesal banget tuh.

Nah, mumpung tahun baru nih, sekaranglah waktunya buat kamu untuk nyusun rencana liburan. Tenang gaes, DangMerdu bakal kasi kamu tips buat bantu kamu agar rencana pergi liburan kamu jadi nyata, alias gak mimpi.

7 Tips membuat daftar rencana pergi liburan anti nghayal

Sedih banget emang kalau semua rencana liburan hanya jadi khayalan saja, kayak kamu lagi mimpi berkeliling dunia dan kamu sadar itu hanya khayalan. Sekarang biar semua itu nggak jadi khalayan doang, cepetan ambil pena dan kertas dan catat apa aja tips-tips yang berikut ini yah. Dijamin ampuh deh..

1. Membuat secara realitis daftar keinginan kamu
So kenapa sering banget ketika kamu membuat rencana pergi liburan namun selalu gagal?
Terkadang salah satu alasan kenapa itu bisa jadi karena rencana liburan yang kamu buat tidak realitis. Oleh karena itu kamu buatlah daftar keinginan yang realitis, gak harus mewah serta mahal namun buatlah sederhana saja.

Misalnya kamu bisa rencanain pergi ke destinasi yang sesuai dengan budjet kamu. Dan kamu juga harus pertimbangin waktu agar efisien. Dengan demikian rencana liburan kamu menjadi ringan dan bakal jadi kesampaian deh.

2. Susun rincian berapa budget yang dibutuhkan

Pertama kali yang mesti kamu persiapkan untuk rencana liburan ialah dengan membuat rincian sebarapa banyak budget yang mesti kamu persiapkan. Degan gitu, kamu bisa menghitung berapa besar kebutuhan dana yang bakal kamu gunakan untuk rencana liburan mendatang.

Kamu bisa mulai dengan membuat list budget selama perjalanan, konsumsi dan juga akomodasi. Dengan membuat rincian budget yang rapi, kamu akan terhindar dari pengeluaran pada hal yang dirasa kurang penting, dan ini berguna untuk terhindar dari yang namanya over budget.

3. Pastikan Tanggal Keberangkatan

Jika kamu telah membuat rincian berapa budget yang kamu perlukan serta lengkap dengan daftar keinginan, sekarang waktunya kamu untuk pastikan kapan waktunya kamu akan berangkat liburan, dan juga pastiin tanggal yang udah kamu tetapkan itu ialah waktu yang benar-benar pas dengan rencana kamu.

Salah satu keuntungan menetapkan tanggal keberangkatan ialah kamu bakal dapetin tiket dengan harga yang lebih murah, jika tanggal yang kamu tetapkan jauh hari sebelum keberangkatan. Menentukan waktu keberangkatan ialah salah satu bagian yang penting bagi perencanaan liburan kamu karena kamu juga dapat menyesuaikan budjet untuk liburanmu.

4. Usahakan mengumpulkan informasi yang lengkap

Tips berikutnya bagi kamu yang lagi merencanakan liburan ialah dengan berusaha mengumpulkan informasi selengkap mungkin tentang seputar lokasi tempat liburanmu. Kamu dapat lakukan googling atau mencari di sosial media. Dengan begitu kamu dapat tahu ulasan yang lengkap seperti rekomendasi lokasi wisata, pengalaman orang yang sudah kesana, bahkan bagi kamu yang suka foto-foto upload di sosmed, kamu bakal temuin hotel yang instagramable yang pas dengan kamu!

Kamu juga bisa join group di sosial media dengan mengetik dipencarian “travellers”, maka akan muncul berbagai gruop travellers, kamu juga bisa tanya-tanya soal lokasi destinasi liburan yang bakal kamu kunjungi. Selain itu, kamu tentunya bakal mendapat informasi tambahan yang menarik lainya, mungkin hal yang belum kamu ketahui sebelumnya.

5. Persiapkan semua dokumen yang diperlukan

Khusus buat kamu yang mungkin berencana liburan ke luar negeri, hal ini tentunya termasuk sangat penting buat kamu perhatiin. Jangan sampe kamu lupa mengecek masa berlaku paspormu, serta jangan lupa cek juga ketentuan lainya seperti pengajuan visa yang mesti dipersiapkan jauh-jauh hari persyaratan dari visa, karena ini penting untuk bisa masuk ke negara orang hehe..

Jadi kamu harus luangkan waktu sedini mungkin untuk mengurus visa dan paspor kamu, pastikan sudah memenuhi syarat yang berlaku ya dan nggak kadarluarsa juga ya.

6. Nggak ada salahnya kamu coba solo travelling

Salah satu sebab kenapa kamu sering gagal liburan ialah jika berencana pergi liburan bersama teman-teman, trus mereka membatalkan untuk ikut liburan. Nah, dengan mencoba solo travelling ini menjadi solusi bagi kamu untuk tetap bisa pergi liburan.
So, jangan jadikan liburan kamu hanya khayalan, mending kamu coba deh tips ini.

7.Dapatkan tiket murah di applikasi

Kamu udah siapin semua hal yang diperlu dipersiapkan untuk rencana liburan kamu dengan baik, nah terakhir nih buat kamu untuk menghemat budget liburan kamu ialah dengan mencari tiket murah di applikasi penjualan tiket.Buka gadget kamu dan temukan harga promo untuk destinasi liburan kamu. Ada banyak yang menawarkan harga promo, mulai dari tiket pesawat, sewa mobil, hotel, hingga tiket ke acara atraksi dan semuanya itu kamu dapat memesan tiket dengan mudah.
So, dengan begitu mudah-mudahan liburan kamu nggak hanya khayalan doang.

Saatnya wujudakan rencana liburan kamu

Itu dia beberapa tips buat kamu semoga membantu mewujudkan rencana liburan kamu yang telah lama kamu rencanakan. Gimana, kamu jadi semangat kan buat liburan.

Tahun baru 2022 ini awalilah dengan mengujungi tempat-tempat impianmu dengan orang terdekat kamu.
Mau kemana awal tahun ini? selamat tahun baru 2022 ya, semoga liburan kamu menyenangkan.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here