5 Manfaat Bermain Game yang Teruji Secara Ilmiah
5 Manfaat Bermain Game yang Teruji Secara Ilmiah

Berita Pekanbaru – Bagi sebagian besar orang, bermain game sudah menjadi baian yang tidak dapat dipisahkan. Meskipun selalu di pandang buruk ternyata bermain game memiliki beberapa manfaat yang telah terbukti secara ilmiah.

Ayo simak artikel ini biar kamu bisa punya alasan untuk bermain game.. ^^

1. Bermain video game sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit

Literatur 2012 yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine menemukan fakta dalam 38 penelitian bahwa video game meningkatkan kesehatan 195 pasien yang menjalani terapi fisik dan psikologis.

Selain itu, pada konferensi American Pain Society pada tahun 2010, para ilmuwan mempresentasikan penelitian yang memberikan bukti bahwa bermain video game, terutama game virtual reality (VR), sangat efektif dalam menghilangkan kecemasan atau rasa sakit yang disebabkan oleh rasa sakit kronis atau rasa sakit yang disebabkan oleh prosedur medis.

Jeffrey Gold dari University of Southern California mengatakan fokus mereka adalah pada permainan, bukan rasa sakit atau prosedur medis yang mereka jalani, dan realitas virtual menyempurnakan kerja penglihatan dan indera lainnya.

2. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa video game dapat membuat Anda lebih pintar

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan di PLoS ONE menemukan bahwa kesadaran Anda dapat meningkat setelah Anda mulai bermain di Xbox atau PlayStation. Para peneliti mengambil 5 kelompok non-gamer dan meminta mereka bermain di ponsel mereka selama satu jam sehari selama 4 minggu. Mereka menemukan bahwa semua video game, aksi atau lainnya, meningkatkan fungsi kognitif peserta, yang dinilai menggunakan metode alokasi memori jangka pendek.

3. Video game 3D dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan

Dalam sebuah studi tahun 2015 di Journal of Neuroscience, para peneliti dari University of California merekrut 69 peserta dan meminta sepertiga dari mereka untuk bermain Super Mario 3D selama 2 minggu, sepertiga lainnya untuk bermain Angry Birds dan sisanya untuk tidak memainkan siapa pun. Para peneliti menemukan bahwa stimulasi 3D memiliki dampak besar pada seseorang.

Baca juga: Gak Punya Kuota? 6 Game Offline Android Paling Seru Saat Waktu Istirahat

Mereka yang memainkan Mario tampil lebih baik dalam tugas memori, sementara yang lain tidak menunjukkan kemajuan sebelum bermain. Para peneliti menyimpulkan bahwa gamer secara khusus memilih video game dengan grafik 3D yang kompleks untuk kinerja terbaik.

4. Ada bukti kuat bahwa video game membantu anak disleksia untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka

Video game yang awalnya ditujukan untuk anak kecil bisa sangat membantu anak kecil. Penelitian yang diterbitkan di Cell pada tahun 2013 melihat efek dari berbagai permainan aksi, seperti Rayman Raving Rabbids, dapat membantu anak-anak disleksia usia 7 hingga 13 tahun membaca lebih cepat tanpa mengorbankan akurasi.

Hasilnya sama dan bahkan lebih baik daripada terapi membaca tradisional, yang memakan waktu lebih lama dan kurang menyenangkan. Para peneliti percaya bahwa kecepatan reaksi yang diperlukan dalam permainan aksi dapat membantu anak-anak meningkatkan konsentrasi, meskipun hipotesis ini belum terbukti.

5. Game dikaitkan dengan konten yang lebih bermanfaat dan lebih banyak kekuatan otak

Pada tahun 2014, sebuah penelitian yang diterbitkan di Molecular Psychiatry oleh para peneliti di Max Planck Institute menemukan bahwa bermain Super Mario 64 dapat menyebabkan daerah otak yang berbeda tumbuh lebih besar. Perkembangan ini terutama terjadi di bagian otak yang bertanggung jawab untuk orientasi spasial, pembentukan memori, perencanaan strategis, dan keterampilan motorik halus.

Ketika para peneliti mengamati 24 peserta bermain 30 menit sehari di mesin MRI selama 2 bulan, mereka menemukan bahwa para peserta telah mengembangkan bagian-bagian dari hippocampus kanan, korteks prefrontal kanan dan otak kecil. Area ini jauh lebih berkembang daripada area di mana tidak ada video game yang dimainkan. Simone Küh, sebagai salah satu peneliti, mengatakan hal ini menunjukkan bahwa bagian otak dapat dilatih melalui video game.

Jadi itulah 5 manfaat bermain game yang terbukti secara ilmiah, bagi kamu yang suka bermain game tetap perhatikan waktu bermain ya, sebaik apapun suatu hal, kalau kebanyakan akn menjadi tidak baik. Baca juga info menarik tentang game lainnya di DangMerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here