Cara Mencegah Rem Mobil Overheat Saat Dalam Perjalanan, Berikut Penyebab dan Pencegahannya
Cara Mencegah Rem Mobil Overheat Saat Dalam Perjalanan, Berikut Penyebab dan Pencegahannya

Dangmerdu – Melakukan perjalanan keluar kota bersama dengan keluarga atau pun dengan sahabat pastinya sangat menyenangkan. Terlebih pada saat menyusuri daerah pegunungan yang menyuguhkan pemandangan yang indah, akan tetapi jalanan dengan tanjakan serta turunan itu menyimpan potensi bahaya. Salah satunya adalah rem overheat.

Salah satunya ada pada bagian kampas rem, dikarenakan penggunaannya yang cukup berat menyebabkan koefisien dari gesekannya berkurang secara drastis sehingga tak dapat menahan putaran pada cakram ataupun tromol rem. Overheatnya pada kampas rem adalah salah satu penyebab blongnya rem pada mobil, sehingga kecepatan pada mobil tak dapat dikurangi yang mengakibatkan kecelakaan dikarenakan pengendara tak dapat lagi mengendalikan mobil tersebut.

Penyebab Rem Overheat

Panas yang terdapat pada sistem rem itu disebabkan oleh gesekan kampas rem dengan cakram ataupun tromol. Apabila panas tersebut melebihi batas maksimalnya dari brake fluid dan juga kampas rem, hal tersebutlah yang menyebabkan rem menjadi blong.

Baca Juga : Ubahan Apa Yang Dibawa Oleh All New Suzuki F150 Di Tahun 2022

Rem yang overheat bukalah kejadian yang mendadak terjadi, terjadinya hal tersebut dikarenakan prilaku dari pengendara yang hanya mengandalkan rem utama untuk mengurangi kecepatan mobil ketika dijalanan menurun, kampas rem mempunyai kurva koefisien gesek di semua bahannya, apabila puncak dari kurva koefisien gesek tersebut terlewati, rem akan otomatis menjadi blong karena kehilangan daya cengkeram kampas pada bidang kontak rem.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah efek engin brake yang diturunkan rasio gigi transmisinya. Walau begitu, masih terdapat bagian lain pada sistem rem yang bisa overhead seperti bagian minyak rem. Terdapatnya udara yang bersirkulasi di minyak rem dapat menyebabkan terjadinya oksidasi sehingga menghasilkan uap air yang akan menguap pada saat panas sehingga tekanan minyak rem jadi menurun kemudian rem akan gagal bekerja.

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan kualitas dari minyak rem yang kurang baik yang dapat dipengaruhi oleh suhu ataupun sudah kadaluwarsa, terdapat endapan lumpur atau bahkan adanya karat pada bagian perangkat rem yang berbahan besi yang dapat merusak senyawa kimia pada minyak rem, selang berbahan karet yang mulai getas juga bisa jadi pemicu sehingga tak lagi fleksibel dan pecah pada saat menerima tekanan yang cukup berat.

Kandungan air yang ada di bagian dalam brake fluid tersebut dapat disebabkan sifat dari higroskopis atau kemampuannya dalam menyerap air yang ada diudara, yang mana kelembaban udara di tanah air yang tinggi dan rata-rata 80%. Dirasa wajar saja apabila brake fluid diganti tiap 20.00 km atau dalam kurun waktu setahun sekali, sehingga titik didih dari brake fluid terjaga dan tak terlampaui.

Cara Mencegah Rem Overheat

Jangan panik, ada beberapa cara agar rem tak terlalu panas seperti jangan terlalu menginjakkan pedal rem apabila tak terlalu dibutuhkan, hindari pula pemaksaan yang hanya mengandalkan rem utama ketika melintasi jalan yang menurun dan disarankan pula untuk memanfaatkan engine brake dengan mengurangi gigi transmisi mobil.

Perlu diketahui pula jika rem tak akan mampu bekerja secara maksimal pada saat hujan turun atau pun jalanan basah. Apabila itu terjadi, alangkah baiknya untuk segera menurunkan kecepata mobil. Beri waktu untuk istirahat ketika melakukan perjalanan jauh, sekurangnya tiap 3 jam sekali agar sistem dari rem dapat melepaskan suhu panasnya.

Secara teknis kendaraan, pencegahan rem overhead dapat dicegah dengan melakukan servis berkala secara rutin. Lakukan service dibengkel resmi sehingga dilakukannya pemeriksaan dengan menyeluruh pada sistem pengereman, dimulai dari minyak rem hingga ke bagian komponen lainnya yang ada pada bagian kolong mobil dan jarang dipantau oleh pemiliknya.

Untuk informasi Berita Otomotif Terbaru lainnya silahkan untuk mengunjungi laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here