Dangmerdu – Jika Anda memiliki BlackBerry, inilah saatnya bagi Anda untuk memberikan pengiriman yang sempurna ke ponsel Anda karena BlackBerry secara resmi akan berhenti bekerja mulai hari ini.

Ponsel yang membuat Keypad Qwerty populer tidak akan berfungsi lagi. Anda dapat memperlakukan ponsel sebagai barang antik mulai hari ini dan seterusnya, tetapi jangan berharap untuk membuat panggilan atau mengirim SMS dari ponsel BlackBerry Anda ke teman Anda.

Blackberry mencatat dalam posting blog bahwa layanan warisan untuk ponsel BlackBerry akan berhenti bekerja mulai Januari yaitu hari ini. Perusahaan mengatakan bahwa layanan warisan untuk BlackBerry 7.1 OS dan sebelumnya, perangkat lunak BlackBerry 10, BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya, tidak akan lagi tersedia setelah 4 Januari 2022.

Perangkat yang menjalankan layanan dan perangkat lunak warisan ini melalui operator atau Wi-Fi tidak akan berfungsi lagi, termasuk untuk data, panggilan telepon, SMS, dan nomor darurat.

Namun, ponsel BlackBerry yang menjalankan OS Android akan terus berfungsi. “Perangkat Android BlackBerry tidak akan terpengaruh oleh EOL dari layanan infrastruktur kecuali mereka menerima email yang dialihkan yang dikirim ke alamat email yang dihosting BlackBerry, atau diberi Enhanced Sim Based License (ESBL) atau Identity Based License (IBL). Sebelum tanggal EOL, pengguna alamat email yang dihosting BlackBerry atau yang menggunakan pengalihan email untuk alamat ini, perlu pindah ke alamat email baru.

Baca juga: Dinas Kesehatan Sudah Pastikan Tidak Ada Vaksin Yang Kedaluwarsa

Jika ada perangkat iOS atau Android, termasuk perangkat BlackBerry Android, memiliki lisensi ESBL atau IBL yang ditetapkan, pelanggan harus mendapatkan lisensi standar untuk mencakup penggunaan layanan BlackBerry Enterprise dengan perangkat itu,” tulis blog tersebut.

Dalam sebuah blog yang diterbitkan pada September 2020, Ketua Eksekutif dan CEO BlackBerry John Chen mengumumkan bahwa perusahaan telah beralih ke perusahaan perangkat lunak. Blog tersebut menyebutkan bahwa penghentian layanan juga akan berdampak pada alamat email yang dihosting BlackBerry termasuk BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, BlackBerry Protect.

Jika Anda mengkhawatirkan data yang tersimpan di ponsel BlackBerry Anda, perusahaan telah mengatakan bahwa mereka hanya menyimpan informasi pribadi selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang diidentifikasi BlackBerry. Ketika informasi tersebut tidak lagi diperlukan atau relevan, BlackBerry akan menghapus, menghancurkan, atau menganonimkan data pengguna. Anda juga dapat mengirim permintaan langsung kepada perusahaan untuk menghapus data di privacyoffice@blackberry.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here