Apakah Honda ST125 Dax Akan Hadir Tahun Ini?
Apakah Honda ST125 Dax Akan Hadir Tahun Ini?

Dangmerdu – Sejak tahun 2021 yang lalu, rumor terkait kehadiran dari Honda ST125 Dax sudah terdengar. Dikarenakan situasi pandemi Covid-19, yang mana semestinya peluncurannya tersebut dilakukan lebih awal menjadi tertunda. Tetapi, informasi tersebut kembali hadir di tahun ini sempat terdengar kesiapannya utuk segera dirilis.

Berdasarkan gambar Honda ST125 Dax yang dirilis oleh situs autoby.jp menjadikan kabar tersebut yang semakin beredar luas atas kemunculannya. Bisa jadi perilisannya akan dilakukan bersamaan dengan CT125, Super Cub dan Monkey terbaru. Motor berukuran mini tersebut akan dipasarkan oleh Club House seperti yang diinformasikan oleh Greatbiker.

Baca Juga : 7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Hendak Membeli Mobil

Awal mula tersebarnya kabar atas kemunculan Honda ST125 Dax itu bermula dari Pabrikan Jepang yang sempat melakukan perilisan Gorilla pada bulan September 2020 yang lalu. Beberapa bulan berikutnya hadir pula MSX Grom di Thailand. Lalu di bulan Desember 2020 sempat diketahui jika pihaknya tengah mengajukan merek dagang atas ST125. Pada saat itu lah muncul analisis yang mengindikasikan jika pabrikan tengah sibuk melahirkan kembali motor klasik berukuran mini itu. Di bulan Maret majalah Young Machine menampilkan gambar motor tersebut di sampul majalah tersebut. Sejak saat itu pula seluruh media internasional menanggapi dengan serius lahirnya motor tersebut.

Seperti yang kita ketahui jika Young Machine sering kali menjadi barometer terhadap peluncuran dari berbagai produk baru. Seperti Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder yang paling fenomenal itu. Dengan rentang waktu 5 tahun lamanya sebelum dilakukan perilisan resminya secara global pun sempat diberitakan oleh nya. Sedangkan keluarga dari Honda adalah CT125 Hunter Club. Wajar saja jika ST125 Dax yang mungkin akan dirilis, ditambah lagi adanya kabar tentang pendaftaran merek dagang tersebut.

Untuk urusan tampilannya masih menggunakan model lawasnya. Wujud yang masih digunakan seperti pada rangka baja dengan model tulang punggung horizontal yang terlihat dari bagian depan hingga kebagian belakangnya. Tampil dengan menggunakan mesin tidur dengan pendingin udara yang menjadi ciri khasnya. Di era 60an hingga 70an sepeda motor tersebut sangat populer.

Apakah Honda ST125 Dax Akan Hadir Tahun Ini?
Apakah Honda ST125 Dax Akan Hadir Tahun Ini?

Penggunaan setang yang tinggi dengan jok yang tebal memberikan tampilan yang menarik adalah ciri khas lain dari motor tersebut. Kemudian knalpot yang dipasangkan pada sisi kanannya, begitupun dengan suspensi yang terlihat sangat ringkas seperti Monkey disertakan dengan roda berukuran kecil dengan ban yang tebal menjadi pelengkap dari Dax atau pun ST.

Adapun kabar dari Honda yang melahirkan kembali Dax yang mengambil basis dari mesin Ct125 atau MSX 125 Grom. Yang artinya jika menggunakan mesin injeksi (PGM-FI) dengan kapasitas 124,89 cc menggunakan standar Euro 5. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 9,6 Hp pada 7.000 rpm dengan torsi sebesar 11 Nm di 5.250 rpm. Dari keseluruhannya output yang tersalur melalui transmisi manual dengan 4 percepatan. Dari keseluruan itu sangat mirip dengan yang dimiliki oleh Honda Monkey, begitupun pada sistem pendingin udara yang digunakan.

Untuk urusan fiturnya sendiri hingga kini belum dapat dipastikan, hanya saja untuk bagian pencahayaan yang diduga sudah menggunakan teknologi LED. Agar kesan klasik masih melekat, pada bagian atas lampu utama dibenamkan panel meter digital dengan bentuk bulat. Isinya pun diperkirakan bakal sama dengan yang dimiliki oleh CT125 ataupun Monkey. Adapun odometer dengan duatrip meter, indikator perpindahan gigi dan indikator BBM.

Dikarenakan dimensinya yang mini, bisa jadi kalau sistem ABS 1 chanel dan didukung dengan IMU akan tersemat. Seperti pada Monkey yang sistem kerjanya untuk mencegah ban bagian belakan yang terangkat saat melakukan pengereman secara tiba-tiba sehingga motor tak terpental ke depan walaupun bagian ekor terangkat sekalipun motor masih dapat kembali dengan cepat dikarenakan teknologi IMU.

Hingga saat ini belum terdapat kepastian kapan hingga tanggal peluncuran dari motor tersebut. Seperti yang diharapkan jika Honda ST125 Dax diharap akan hadir pada bulan Maret.

Untuk informasi Berita Otomotif Terbaru lainnya silahkan kunjungi laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here