Huawei Telah Menghadirnya SUV Hybrid Aito M5 di China
Huawei Telah Menghadirnya SUV Hybrid Aito M5 di China

Dangmerdu – Sebuah produsen ponsel pintar yang berasal dari negeri tirai bambu yaitu Huawei telah membuktikan atas keseriusannya untuk terjun ke dalam dunia industri kendaraan listrik dunia dengan menciptakan sebuah produknya Huawei Aito M5. Merupakan mobil kedua yang dihadirkan oleh Huawei yang mana sebelumnya telah dirilis pula SF5. Untuk Huawei Aito M5 adalah jenis power train plug-in hybrid. Seperti yang dilansir melalui laman tempo.com di China Huawei Aito M5 saat peluncurannya mendapat sambutan yang sangat baik oleh para konsumen. Dimana dalam lima hari pertama saat peluncurannya, SUV listrik tersebut sudah memperoleh pesanan yang hingga mencapai angka lebih dari 6.000 unit. Aito M5 tersebut adalah SUV listrik yang turut dikembangkan oleh Huawei bersamaan dengan merk China lainnya seperti Seres, mobil tersebut pula adalah bagian dari Chongqin Sokon. Sebagai informasi, Chongqi Sokon adalah sebuah perusahaan yang juga bernaung untuk merek mobil DFSK.

Ukuran wheelbase yang dibawa oleh Huawei Aito M5 berkisar 2,88 meter dengan panjang mencapai 4,77 meter. Sedangkan Porsche macan menjadi inspirasi dari desain yang dipakai oleh SUV listrik tersebut yang mana terlihat dari beberapa kesamaan pada bagian tampilannya.

Baca Juga : Cara Mencegah Rem Mobil Overheat Saat Dalam Perjalanan, Berikut Penyebab dan Pencegahannya

Pada bagian eksteriornya, tampak lampu utama dengan ukuran yang besar pada mobil tersebut dan lengkungan roda tampak besar pula untuk velgnya. Bagian cluster lampu belakang juga tersemat pada seluruh tailgate. Sedangkan pada bagian interiornya, kabin yang dimiliki oleh mobil Aito M5 tampil dengan sangat luas dan juga sudah dilengkapi dengan sistem infotaiment layar sentuh dengan ukuran sebesar 15,6 inci. Pada sistem tersebut juga disematkan dengan sistem yang dimiliki oleh Huawei yaitu Harmony OS dengan pilihan pengenalan wajah 3D, split screen, membuka kunci mobil yang dapat dilakukan dengan NFC pada jam tangan milik Huawei atau pun dengan login ID Huawei otomatis. Untuk bagian cluster intstrumennya yang sudah menggunakan layar digital dengan ukuran 10,4 inci. Terdapat penambahan kamera pula pada bagian pilar kiri paa kaca bagian depan mobil tersebut yang tujuannya agar dapat memantau bagian yang terluput dari penglihatan para pengendaranya, yang juga termasuk dalam bagian fitur keselamatan dari mobil Aito M5.

Sedangkan untuk bagian mesinnya, Aito M5 sendiri mempunyai opsi satu dan juga dua motor listrik, yang dipadukan dengan mesin bensin dengan empat silinder turbocharged dengan kapasitas 1.500 cc. Dari mesin bensin tersebut yang mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 125 HP, walaupun fungsi utama sebagai pengisian ulang pada baterai 40 kWh saja. Ada pula versi sistem penggerak roda belakang yang mampu menghasilkan tenaga hingga 204 Hp dan juga versi sistem penggerak empat roda dengan keluaran tenaga yang dihasilkan berkisar 224 HP. Untuk versi empat roda tersebut kemampuan yang dimiliki dalam menghasilkan tenaga secara keseluruhannya hingga mencapai 428 Hp.

Diklaim pula oleh Huawei jika  SUV tersebut dapat menempuh jarak hingga 1.195 kilometer hanya dalam satu kali pengisian bahan bakarnya. Sedangkan pada akselerasinya, Aito M5 bisa mencapai kecepatan dari 0 hingga ke 100 kilometer/jam hanya dalam rentang waktu 4,4 detik saja. Huawei Aito M5 tersebut dihadirkan dalam enam pilihan warna, yaitu Pine Frost Green, Ceramic White, Ice Chystal Gray, Azure Blue dan Gilt Black. Terkait untuk harganya sendiri, sayangnya belum terdapat informasi yang didapat berapa mobil listrik tersebut dibanderol. Showroom di China kabarnya pula akan menyediakan mobil tersebut di tahun 2022 ini.

Untuk informasi Berita Otomotif Terbaru lainnya silahkan mengunjungi laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here