Akankah Yamaha R25 Mengikuti Jejak Adiknya R15 Untuk Hadir Tahun Ini
Akankah Yamaha R25 Mengikuti Jejak Adiknya R15 Untuk Hadir Tahun Ini

Dangmerdu  – Menjelang akhir tahun 2021 yang lalu, yamaha telah meluncurkan generasi terbarunya yaitu all new Yamaha R15. Motor sport entry level tersebut membawa ubahan yang menjadikannya produk tercanggih untuk kelasnya. Hingga pertanyaan pun terus bermunculan tentang si kakak R25 yang kapan akan mendapat giliran ubahan seperti R15.

Di Indonesia sendiri, Yamaha R25 yang dipasarkan hingga saat ini merupakan versi yang pembaruannya didapat pada tahun 2018 yang lalu. Bisa dikatakan tak terlalu signifikan perubahan yang dilakukan oleh YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing), revisi pun hanya diberikan pada bentuk depan, suspensi depan yang tak mengubah mesin serta fiturnya.

Sejak pertama kali dirilis di tahun 2014 hingga saat ini, sang kakak R25 masih mengusung mesin yang itu-itu saja berkubikasi 250 cc, DOHC dengan 2 silinder dengan tenaga 35,5 daya kuda pada 13 ribu dengan torsi puncaknya 23,6 Nm pada 10 ribu rpm. Yamaha R25 dapat dikatakan kalah 1 langkah jika dibandingkan dengan Kawasaki Ninja 250 Fi dan juga dengan Honda CBR 250RR. Dimana R25 belum dilengkapi dengan keyless, quick shifter atau juga riding mode.

Baca Juga : C+Pod, Mobil Listrik Mini Milik Toyota Yang Mulai Diniagakan

Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relations, YRA and Community PT YIMM sempat mengatakan jika R25 pada saat ini baik dari segi fitur, desai dan juga mesin yang dimilikinya masih bersaing. Untuk kapan akan dihadirkan versi terbarunya seperti yang dikatakan kalau hal tersebut akan dipertimbangkan.

Antonius juga mengatakan perihal peluncuran dari motor baru tentunya harus berdasarkan riset. Dari riset tersebut pula harus mencakup berdasarkan dari kebutuhan para konsumen, demand, development, penyematan berbagai fitur yang layak digunakan serta kondisi pasar.

Antonius pun tak mau memberikan harapan palsu kepada konsumennya untuk menunggu kehadiran R25 karena akan lebih merepotkan, ungkapnya.

Pembaruan Pada Yamaha R25

Sepeti yang dikutip dari MichSuperbike Yamaha R25 pada generasi terbaru yang sempat terdengar akan hadir pada tahun ini. Berdasarkan dari gambar yang diperlihatkan, jika dilihat sekilas terdapat kemiripan pada R7 dan R1.

Seperti pada bagian fascia, memiliki bentuk yang lebih sporty menggunakan proyektor yang tersemat sebagai pencahayaan utamanya yang dihimpit oleh DRL (daytime Running Light) di sisi kanan dan juga kirinya. Ada juga gambar rendering yang memperlihatkan desain R25 yang ada sekarang hanya saja disertai berdasarkan ubahan yang lebih fresh.

Untuk bagian mesinnya, sempat berhembus kabar jika motor dengan seperempat liter itu akan didukung dengan mesin yang baru, yang dikatkan lebih responsif dan bertenaga. Apabila kabar tersebut itu benar adanya, tak hanya power harapan lain seperti torsi dari R25 pun harus meningkat agar dapat menandingi Honda dan juga Kawasaki.

Informasi lain dari Yamaha R25 terbaru yang akan didukung menggunakan komponen Quick Shifter, pengereman Dual_ABS, Assist & Slipper Clutch dan juga teknologi konektivitas Yamaha Connect yang dikenal dengan Y-Connect.

Sempat beberapa kali tertangkap kamera di Indonesia terkait wujud yang sempat ddiduga adalah Yamaha R25 terbaru yang sedang melakukan pengujian jalan. Seperti pada awal bulan Juli 2021 yang lalu, tertangkap kamera motor yang sedang dikemudikan di wilayah Bekasi, Jawa Barat tersebut diperkirakan adalah R25 terbaru.

Jika dilihat berdasarkan umur dari Yamaha R25 yang sudah menginjak 4 tahun, yang mana dari waktu tersebut biasanya pihak produsen otomotif akan menghadirkan versi terbaru dari motor tersebut. Apabila hal tersebut di ikuti oleh YIMM yang mana tahun ini semestinya adalah waktu yang tepat untuk menghadirkan generasi terbarunya R25.

Menariknya, besar kemungkinan bahwa pasar domestiklah yang nantinya akan ditunjuk menjadi negara pertama yang akan diluncurkan versi terbaru dari motor tersebut. Seperti yang diketahui sejak 2014 dan 2018 bahwa Indonesia lah yang telah menghadirkan R25 dan juga dipercaya untuk mengekspornya hingga ke berbagai negara Asia dan juga Eropa.

Baca juga informasi Berita Otomotif Terbaru lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here