Dangmerdu – Bahkan dengan hype monumentalnya dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada yang tahu siapa pencipta Bitcoin. Satu-satunya hal yang identik dengan judul adalah nama Satoshi Nakamoto. Sama seperti kita akan menebak siapa karakter misterius ini, Elon Musk telah melakukan hal yang sama dan muncul dengan nama Nick Szabo sebagai jawabannya.

Nick Szabo atau Nicholas Szabo adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal karena karyanya dengan mata uang digital dan kontrak pintar. Pada tahun 1998, Szabo datang dengan konsep Bit gold, mata uang digital terdesentralisasi yang sangat diperlakukan sebagai pendahulu Bitcoin. Karena itu, Szabo sering dianggap sebagai pencipta Bitcoin dalam banyak teori yang beredar online.

Elon Musk sekarang tampaknya setuju dengan gagasan ini. Dalam podcast baru-baru ini dengan peneliti kecerdasan buatan Lex Fridman, CEO Tesla berbagi bahwa cara untuk menemukan identitas Satoshi Nakamoto adalah dengan “melihat evolusi ide” sebelum peluncuran bitcoin. Musk menyarankan agar kita dapat melihat “siapa yang menulis tentang ide-ide itu” dan menebak dengan cerdas.

Dia menjelaskan bahwa dia jelas tidak tahu siapa pencipta bitcoin yang sebenarnya. Namun, dia juga mencatat bahwa teori Nick Szabo sebagian besar bertanggung jawab atas evolusi konsep Bitcoin. Musk mengatakan bahwa dia tidak yakin apakah Szabo adalah Nakamoto atau bukan, tetapi pria itu pasti “tampaknya orang yang lebih bertanggung jawab atas ide di balik bitcoin daripada orang lain.”

Baca juga: Pemerintah Kota Pekanbaru Akan Terus Menggesa Penataan Pasar

Perhatikan bahwa Szabo telah secara terbuka, dan berulang kali menolak tautan apa pun untuk menjadi pencipta misterius dari penggunaan teknologi blockchain paling populer di dunia saat ini. Namun, itu tidak menghentikan para ahli teori untuk menghubungkan namanya dengan mata uang digital. Tentu saja ada alasan substansial untuk itu.

Proyek Bit Gold Szabo adalah salah satunya. Alasan lainnya adalah kesamaan yang ditemukan antara whitepaper bitcoin oleh Satoshi Nakamoto dan tulisan Szabo. Dari 10 kandidat lain yang mungkin, sebuah penelitian tahun 2014 menemukan kecocokan yang hampir sempurna antara tulisan Nakamoto dan Szabo, sementara tidak ada satu pun yang ditemukan mendekati.

Tentu saja, bahkan jika Szabo adalah wajah dari nama Satoshi Nakamoto, kita mungkin tidak akan mengetahui kebenarannya sampai dia mengungkapkannya. Musk tidak mau repot untuk tetap berada dalam kegelapan. Setelah membuat spekulasi tentang kemungkinan pencipta Bitcoin, dia berkata di podcast – “Apa sih nama itu? Itu adalah nama yang melekat pada sebuah ide. Apa artinya sebenarnya?”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here