Dangmerdu – Bukan rahasia lagi bahwa Elon Musk ingin umat manusia mencapai Mars. Miliarder teknologi itu telah mengejar mimpinya selama sekitar beberapa dekade sekarang dan tampaknya perusahaan kedirgantaraannya SpaceX pada akhirnya akan mewujudkannya. Kapan? Musk mengatakan dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Musk ditanyai pertanyaan lagi – “Kapan menurut Anda SpaceX akan mendaratkan manusia di Mars?” Untuk ini, Tesla dan CEO SpaceX menjawab bahwa dalam skenario terbaik, SpaceX dapat menempatkan manusia di Mars dalam lima tahun ke depan. Skenario terburuk dapat memperpanjang ini hingga 10 tahun ke depan.

Mengingat diskusinya adalah tentang mengirim manusia hidup yang bernapas ke permukaan planet lain, sebuah prospek yang mungkin sangat diejek seandainya kita hidup hanya setengah abad sebelum hari ini. Sekarang, kami memiliki roket besar yang menjulang tinggi seperti SpaceX’s Starship, yang mungkin akan segera mewujudkan impian Musk dan banyak lainnya.

Bukannya Musk terlalu optimis. Ketika podcaster Lex Fridman menanyakan pertanyaan itu selama wawancara, Musk merenungkannya selama sepuluh detik. Dia kemudian berkata: “kasus terbaik adalah sekitar lima tahun, kasus terburuk 10 tahun,” kata-kata yang cukup untuk memicu kegembiraan di hati semua penggemar ruang angkasa.

Baca juga: Pekanbaru Menerima Penghargaan Dalam Kategori Daerah Sangat Inovatif di IGA 2021 

Ini bukan pertama kalinya Musk mengisyaratkan garis waktu seperti itu bagi manusia yang mendarat di Mars. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Time awal bulan ini, Musk berkata, “Saya akan terkejut jika kita tidak mendarat di Mars dalam lima tahun.” Garis waktu telah dibuat sedikit lebih realistis sejak saat itu, tampaknya.

Meskipun perlu dicatat bahwa Musk terkenal karena melewatkan tenggat waktu untuk targetnya. Memang benar, karena ambisinya sering dianggap gila, setidaknya sampai dunia melihatnya mencapainya. Mendarat seorang pria di Mars adalah salah satu aspirasi tersebut. Membuat roket yang cukup besar untuk melakukannya adalah hal lain.

Musk tampaknya mengendalikan paruh kedua. Dalam wawancara baru-baru ini, dia menyoroti bagaimana faktor penentu untuk tugas monumental itu termasuk “rekayasa roket.” Dia mengambil kesempatan untuk menyebutkan kemegahan Starship, menyebutnya “roket paling kompleks dan canggih yang pernah dibuat.” “Ini benar-benar level selanjutnya,” katanya.

Musk menjelaskan bahwa tingkat optimasi pada Starship adalah hal yang krusial untuk misi ini. Roket ini mampu meminimalkan biaya per ton per orbit “dan pada akhirnya biaya per ton ke permukaan Mars,” jelas Musk.

Sementara ini akan sangat penting untuk misi. Ini, tentu saja, tidak akan menjadi satu-satunya faktor yang akan membentuk perjalanan berawak ke Mars. Meskipun sepertinya Musk, serta agensi lain yang terkait dengan upaya tersebut, masih punya waktu untuk memikirkan semua itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here