Dangmerdu – Serangan phishing tidak jarang terjadi di WhatsApp tetapi selama musim perayaan, scammer menjadi lebih aktif. Salah satu tautan phishing tersebut adalah melakukan putaran, yang memikat pengguna dengan hadiah tetapi dapat merampok data pribadi dan keuangan seseorang jika Anda menautkannya.

Telah dilaporkan bahwa tautan dengan Rediroff.ru tidak hanya dapat menginfeksi smartphone iOS dan Android bersama dengan PC Windows. Penipuan ini dilaporkan telah mempengaruhi sejumlah besar pengguna di WhatsApp.

Sesuai laporan CNBC, penyerang dunia maya pertama-tama mengirim tautan dengan Rediroff.ru di URL ke pengguna WhatsApp bersama dengan pesannya. Pesan tersebut menjanjikan hadiah mahal, tetapi untuk mengklaim hadiah, pengguna harus melakukan survei yang mencurigakan.

Dilaporkan bahwa setelah pengguna selesai mengisi kuesioner, mereka dialihkan ke situs web yang berbeda. Pengguna diminta untuk mengisi informasi penting termasuk nama, umur, alamat, informasi bank dan data pribadi lainnya. Para scammer kemudian berhasil mencuri data dan menjualnya di dark web.

Penjahat dunia maya juga dapat menginstal aplikasi yang mungkin tidak diinginkan pada perangkat pengguna. Penyerang juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengirim email berisi spam ke kontak pengguna yang detailnya telah disusupi.

Serangan phishing tidak akan pernah berhenti, tetapi penting bagi pengguna untuk tetap membuka mata dan tidak mempercayai semua yang mereka baca secara online. Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan pengguna adalah memeriksa keaslian tautan. Jika tautan membawa Rediroff.ru di URL, mereka harus mengabaikan tautan dan menghapusnya.

Baca juga: Di Penghujung Tahun 2021 Walikota Pekanbaru Firdaus Ajak Lakukan Pembinaan Terhadap Atlet Muda

Tidak ada perusahaan resmi yang akan mengirimi Anda pesan yang mengklaim menawarkan hadiah. Bahkan jika ya, tautan dan konten pesan akan dibuat dengan benar. Namun, dalam pesan yang mencurigakan, Anda akan selalu menemukan bahwa pesan tersebut secara tata bahasa salah atau tautannya rusak.

Meskipun demikian, jika Anda mengklik tautan apa pun secara tidak sengaja, Anda harus memindai perangkat Anda untuk mencari malware yang tidak diinginkan atau aplikasi yang tidak diinginkan.

Jika Anda juga menemukan aplikasi apa pun yang tampaknya tidak baik bagi Anda, Anda harus segera mencopot (uninstal) pemasangan aplikasi tersebut. Musim perayaan dipandang sebagai kesempatan yang sempurna untuk menipu pengguna yang tidak bersalah, yang kemungkinan besar akan percaya untuk mendapatkan hadiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here