Dangmerdu – Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan yang sebelumnya dianggap mustahil. Digitalisasi dan penggunaan teknologi dalam pendidikan adalah salah satu perubahan yang sudah berjalan dan dibawa ke garis depan oleh pandemi. Pentingnya teknologi merupakan salah satu aspek abad kedua puluh yang tidak dapat ditinggalkan dalam aspek apapun dan begitu juga dengan pendidikan.

Masih tidak yakin? Berikut 6 alasan untuk meyakinkan Anda mengapa teknologi penting dalam pendidikan!

1. Memberikan pengalaman praktis untuk masa depan

  • Alasan mengapa teknologi penting dalam pendidikan adalah bahwa sebagian besar pekerjaan sekarang telah saling terkait dengan teknologi dalam beberapa cara.
  • Belajar dengan memasukkan teknologi ke dalam pendidikan menjadi penting karena mengajarkan siswa untuk mempelajari keterampilan teknologi dasar, mempersiapkan mereka untuk ruang profesional masa depan.

2. Memberikan pengalaman audio-visual

  • Menggunakan teknologi dalam pendidikan menyediakan berbagai alat untuk meningkatkan pengalaman pendidikan siswa; salah satu alat tersebut adalah penggunaan gambar, video, dan suara.
  • Menggunakan media pengajaran audio-visual memungkinkan siswa untuk tidak hanya belajar tetapi juga memahami apa yang diajarkan kepada mereka dengan lebih baik.

3. Membuat belajar tidak membosankan

  • Anak-anak memiliki sedikit rentang perhatian dan, dengan demikian, mempertahankan perhatian mereka untuk belajar menjadi sulit dengan cara tradisional karena bisa berulang-ulang dan membosankan.
  • Menggunakan sesuatu seperti teknologi yang sering diasosiasikan anak-anak dengan kesenangan dapat membantu mempertahankan perhatian mereka untuk waktu yang lama dan membantu mereka belajar lebih baik.

Baca juga: Pemerintah Kota Pekanbaru Akan Pindahkan Murid SDN 1, Demi Kenyamanan Belajar

4. Harta karun berupa informasi tak terbatas

  • Menggunakan teknologi untuk pendidikan memberikan akses ke informasi tak terbatas yang ada di internet.
  • Melalui internet, siswa dapat memuaskan rasa ingin tahunya karena ada informasi yang tidak terbatas melalui berbagai sumber yang dapat menjawab hampir semua pertanyaan.

5. Memberikan alat tambahan kepada guru

  • Teknologi memberikan alat tambahan kepada guru untuk menjelaskan suatu konsep atau teori dengan lebih baik melalui audiovisual dan melalui contoh-contoh praktis dan langsung.
  • Menggunakan teknologi dalam pendidikan juga memberi guru akses ke lebih banyak informasi yang kemudian mereka gunakan untuk meningkatkan pengetahuan mereka sendiri.

6. Lebih interaktif dan menanamkan semangat kolaboratif

  • Penggunaan teknologi menanamkan semangat kolaboratif dalam hal memungkinkan siswa untuk mengerjakan proyek yang sama di lokasi yang berbeda dan bahkan mendunia dalam semangat kolaborasi ini.
  • Teknologi juga menawarkan siswa kesempatan untuk berinteraksi dengan apa yang mereka pelajari dengan menggunakan berbagai teknologi pintar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here