C+Pod, Mobil Listrik Mini Milik Toyota Yang Mulai Diniagakan
C+Pod, Mobil Listrik Mini Milik Toyota Yang Mulai Diniagakan

Sempat dijadikan sebagai kendaraan yang hanya untuk pameran yang kemudian hadir untuk wilayah khusus saja, akhirnya Toyota C+Pod dapat dimiliki untuk semua kalangan. Seperti yang diumumkan oleh Toyota Motor Corporation pada konsumennya di negara Jepang.

Merupakan kendaraan ultra kompak, Toyota C+Pod adalah kendaraan yang ditengai oleh baterai atau BEV (Battery Electric Vehicle). Untuk pertama kalinya kendaraan tersebut yang diperkenalkan untuk konsumen yang ada di wilayah Jepang pada dua tahun yang lalu.

Untuk calon konsumen yang berminat untuk menggunakan C+Pod, nantinya harus melalui proses peminjaman. Hal tersebut yang dilakukan melalui diler Toyota dan juga Toyota Rental & Lease yang berada diseluruh Jepang.

Baca Juga : Siap Tantang Honda Forza, Berikut Tampilan Dari All New Yamaha XMax

Di Indonesia sendiri mobil tersebut telah hadir beberapa waktu yang lalu yang sempat digunakan di area wisata yang berada di Bali, yang mana kendaraan tersebut merupakan kendaraan yang ramah lingkungan bertenaga baterai yang dilengkapi dengan dua tempat duduk. Desain yang dihadirkan oleh Toyota untuk C+Pod menjadi pilihan mobilitas untuk masyarakat yang selalu melakukan aktifitas ke berbagai tempat dengan jarak yang tak begitu jauh dan hanya beberapa penumpang saja. Pada awalnya, kendaraan tersebut hanya diperuntukkan untuk kawula muda, single atau bahkan orang tua yang masih merasakan gugup saat berkendara di jalan raya.

C+Pod, Mobil Listrik Mini Milik Toyota Yang Mulai Diniagakan
C+Pod, Mobil Listrik Mini Milik Toyota Yang Mulai Diniagakan

Berdasarkan konsumen yang sudah menggunakan C+Pod sendiri mengaku jika kendaraan tersebut bekerja dengan baik. Yang menjadi catatan khusus seperti menawarkan kemudahan saat berkendara, ramah dengan lingkungan serta faktor keselamatan dan juga keamanan walaupun memiliki ukuran yang mini. Hal tersebut pula yang meyakini pihak Toyota untuk menghadirkan C+Pod untuk masyarakat yang lebih luas lagi di Jepang.

Untuk skema pinjaman C+Pod itu termasuk pula upaya untuk reuse, reduce dan juga recycle baterai dari kendaraan yang digunakan. Hal tersebut pula menjadi tujuan dari Toyota untuk dapat mencapai masyarakat yang mampu menghasilkan netralitas dari karbon yang dihasilkan di setiap kegiatannya.

Mempersiapkan Model Lain

Untuk kedepannya, Toyota akan berupaya untuk memberikan berbagai lini dari kendaraan yang ramah terhadap lingkungan yang termasuk C+Pod dan juga C+Walk T3 didalamnya dalam menghadirkan mobilitas yang aman dan juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat baik pemula maupun manula bahkan yang menggunakan kursi roda sekalipun.

Ukuran dimensi yang dimiliki C+Pod berkisar 2.490 mm panjangnya dengan lebar 1.290 mm dan tingginya mencapai 1.550 mm. Sedangkan radius putarannya 3,9 m yang mampu bermanuver di jalan yang sempit dan memudahkannya pada saat diparkir.

Mobil yang berukuran mini tersebut berbekal motor listrik 1RM atau dengan magner permanen berdaya maksimum 9,2 kW yang setara pula dengan 12,3 hp serta torsi yang dihasilkan 5,6 Nm. Kecepatan yang dimiliki oleh C+Pod berkisar 60 km/jam yang didukung oleh baterai Lithium Ion 51 Ah/177,6 Volt/9,06 kWh. Dari daya jelajah yang mampu dihasilkan oleh baterai tersebut adalah 150 km untuk sekali pengisian dayanya (WTLC mode).

C+Pod, Mobil Listrik Mini Milik Toyota Yang Mulai Diniagakan
C+Pod, Mobil Listrik Mini Milik Toyota Yang Mulai Diniagakan

Dalam pengisian standarnya baterai tersebut dapat diisi ulang dalam waktu 5 jam pengisian yang mana 200V/16A dan 116 jam waktu pengisian dayanya 100V/6A. Untuk kabel pengisian dayanya 100/200 VAC yang bisa dihubungkan langsung pada stopkontak.

Yang menarik lagi dari mobil C+Pod adalah, ketika terjadi pemadaman listrik mobil tersebut dapat dimanfaatkan sebagai genset darurat. Pasokan listrik yang didapat sendiri mampu mencapai hingga 10 jam jika terhitung dari konsumsi daya harian 10 kWh. Fitur yang dihadirkan untuk C+Pod diantaranya Dual Airbags, VSC, ABS+EBD, TRC, Pre-Collision Safety System dan juga Inteligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes.

Harga yang ditetapkan oleh Toyota saat ini untuk Toyota C+Pod dengan tipe X adalah 1,650 juta Yen yang setara dengan Rp. 224,7 juta dan untuk Toyota C+Pod dengan tipe G adalah 1,716 juta Yen yang setara pula dengan Rp. 233,7 juta.

Di bulan Maret 2021, Toyota memberikan kesempatan untuk masyarakat dalam mencoba C+Pod di daerah The Nusa Dua, Bali. Dilakukannya hal tersebut untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang berkeinginan untuk merasakan bagaimana berkendara menggunakan mobil listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here