Dirilisnya Teaser GS400RR Oleh QJMotor Yang Siap Meluncur Tahun Ini
Dirilisnya Teaser GS400RR Oleh QJMotor Yang Siap Meluncur Tahun Ini

Keterikatan QJ Motor atau singkatan dari Qianjiang Motorcycle dengan MV Agusta dan juga Benelli. Jika dilihat dari sisi teknologinya bahwa perusahaan tersebut memiliki sumber daya yang tak sedikit yang membuatnya berkeinginan untuk menciptakan berbagai model terbaru. Ada banyak unit yang dikabarkan akan segera melenggang di tahun 2022, seperti salah satu produk yang membanggakannya yaitu GS400RR.

Kemitraan antara MV Agusta dengan perusahaan raksasa Cina dikatakan sangat bermanfaat yang kini tengah dinikmati, seperti memuncaknya kolaborasi terbaru mereka di Lucky Explorer 5.5, merupakan sebuah motor berjenis tualang terbaru dengan mengusung mesin paralel-twin 550 cc yang mana QJ sebagai pengembangnya. Yang mana pula Qianjiang sudah memiliki keterikatan terhadap Benelli sejak tahun 2005 yang lalu. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir dari semua model Benelli kini telah dibuat oleh Qianjiang Motor, walaupun pada masing-masing perusahaan masih menggunakan bodywork miliknya sendiri.

Keinginan dari Qianjiang Motor yang bermitra dengan dua perusahaan bersar tersebut untuk segera menghadirkan motor miliknya sendiri untuk pasar yang berada di Asia Tenggara. Dari pabrikannya sendiri pun sudah menunjukkan gambar teasernya, sekilas menampilkan pandangan dari unit barunya yang sudah siap akan diluncurkan pada tahun ini. Memiliki nama GS400RR yang secara internal dikenal pul sebagai QJ400GS-J. CycleWorld sempat mengatakan jika pihak tersebut telah mengemasnya dengan mesin silinder kembar dengan kapasitas 400 cc sehingga dapat menghasilkan berkisar 44 hp. Berdasarkan dari ilustrasi yang dilihat dari gambar tersebut yang menampilkan tatanan mesin yang mirip dengan Kawasaki Ninja 400.

Baca Juga : Mirip Dengan NMax, Motor Listrik Yamaha Dipastikan Hadir Tahun Ini

Diwaktu yang bersamaan pula, dokumen paten untuk mesin yang lain pula telah diajukan oleh Qianjiang, yang disebut QJ270MQ. Dari model tersebut yang serupa dengan mesin kembar yang disematkan pada Kawasaki Ninja Z400 dan 400. Terdapat lubang 70 mm dan mampu menghasilkan tenaga yang tak jauh berbeda dengan mesin terbaru yang didesain oleh QJ. Kemungkinan mesin tersebut lah yang akan disematkan pada model terbaru.

Dengan adanya gambar tersebut, tak sedikit yang berspekulasi jika GS400RR dapat menjadi produk yang ideal untuk model Benelli ataupun MV Agusta di masa depan nanti. Seperti yang terlihat dari penyematan komponennya yang premium dengan bahasa desain motor Italia. Seperti salah satunya dengan penyematan swingarm satu sisi, menjadikan tampilah mewah kemudian sesuai dengan gaya motor Eropa. Di sisi lain, hal tersebut justru menjadikannya tampak sedikit unik terutama pada segmen motor sport 400 cc.

QJMotor memang belum memberikan informasi terkait rincian dari motor sport 400 cc lebih lanjut, akan tetapi dengan adanya beberapa informasi yang diberikan itu sudah merupakan kabar yang cukup menggembirakan. Apalagi untuk merek asal Cina agar dapat masuk ke pasar Asia Tenggara rasanya tak akan sulit bagi mereka. Terlebih lagi modal yang dimiliki sperti desain dan juga teknologi yang mendapat dukungan dari Eropa.

Perlu diketahui bahwasanya jalinan yang terjadi pada Qianjiang dengan perusahaan luar lainnya tak hanya sebatas pada Benelli dan juga MV Agusta saja, melainkan dengan Harley-Davidson juga untuk menciptakan model dengan kapasitas kecil dengan mengaplikasikan platform yang sudah tersedia. Sperti HD338R yang sempat diusulkan hadir pada tahun 2019 yang lalu. Terlihat disematkannya turunan mesin twin paralel QJ yang sudah ada serta sasi Benelli 302S.

Akan tetapi prototipe tersebut justru tertunda dikarenakan Harley-Davidson yang tengah fokus pada rencana lima tahun “hardwire”. Hanya saja, berdasarkan laporan perusahaan terbaru yang mengatakan jika kesepakatan denan QJMotor masih tetap berlangsung. Dan perusahaan yang berasal dari Milwaukee masih terus melakukan pengembangan dan juga mempertahankan hubungan yang produktif terhadap Zhejiang Qianjiang Motorcycle Co.Ltd., sehingga siap untuk menghadirkan produk tersebut sesuai dengan jadwalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here