Mirip Dengan NMax, Motor Listrik Yamaha Dipastikan Hadir Tahun Ini
Mirip Dengan NMax, Motor Listrik Yamaha Dipastikan Hadir Tahun Ini

Langkah strategis untuk menghadirkan motor dengan teknologi listrik telah dikonfirmasikan oleh Yamaha akan segera hadir. Seperti yang dikatakan oleh Yoshiro Hikada selaku Chief Executive Officer & Representative Director Yamaha Co LTD.

Direncanakan jika motor tersebut akan dipasarkan di Eropa terlebih dahulu. Kemudian masuk ke pasar Jepang dan diikuti untuk pasar Asia lainnya seperti Thailand, Taiwan, Malaysia dan juga Indonesia. Apabila sesuai dengan rencana, kehadirannya akan dimulai pada tahun 2022.

Untuk motor listrik tersebut belum terlihat nama resmi yang diberikan, hanya saha desain tersebut terlihat mirip dengan motor Yamaha NMax. Secara visual saja terlihat bodinya yang tampak gambot, footrest dengan opsi yang diberikan lonjoran dengan setang yang tinggi, lebar yang ditutup seperti cover.

Baca Juga : Hanya tersedia 1 Unit Saja, Ducati Superleggera V4J Akan Menjadi Incaran Para Kolektor

Motor konsep Yamaha E01 dan 02 yang mendasari pengembangan dari motor listrik tersebut yang mana konsep tersebut diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019 yang lalu. Meski begitu, dari segi bentuknya saja motor listrik tersebut lebih terlihat mirip denan E01 dengan gaya skuter maxi.

Performa dari motor listrik tersebut pula dikatakan sebanding dengan motor matik di kelas 125 cc. Yang mana daya jangkauannya dengan baterai terisi penuh terus dimaksimalkan sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya kelak.

Ketika hampir terisi penuh pada panel instrumen terlihat jika jarak tersisa yang mampu ditempuhnya adalah 70 km. Hal tersebut bukanlah merupakan angka yang akurat karena bisa saja berubah tergantung dari gaya dalam berkendara dan juga kondisi pada lingkungan termasuk juga suhu. Kemungkinan pula dapat 2 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan Yamaha E-Vino.

Pihak Yamaha juga belum ada mempublikasikan spesifikasi resminya, begitupun pada bentuk eksterior yang terlihat disamarkan oleh stiker kamuflase. Hanya saja untuk pencahayaannya jelas terlihat sudah mengusung jenis LED dengan penggunaan bodi yang tampak kokoh. Untuk sistem pengeremannya pun sudah dibekali dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) yang terlihat dari indikator pada panel meter.

Motor Konsep Milik Yamaha E01

Pada bulan Februari 2021 yang lalau pabrikan telah mematenkan desain dari motor Konsep Yamaha E01 di EUIPO (European Union Intellectual Property Office). Tentunya untuk melindungi paten dari visual serta desain milik Yamaha E01 yang akan segera di produksi.

Mirip Dengan NMax, Motor Listrik Yamaha Dipastikan Hadir Tahun Ini
Mirip Dengan NMax, Motor Listrik Yamaha Dipastikan Hadir Tahun Ini

Seperti yang sudah dijelaskan jika Yamaha E01 mempunyai desain yang mirip dengan NMax. Yang mana karena masih motor konsep secara visual serta bentuknya cukup kental berdasarkan dengan desain futuristik. Seperti pada bagian muka hingga ke bagian buritan terlihat lancip yang dipadukan dengan lekukan bodinya yang tampak gambot. Untuk bagian kaki-kakinya pun tampil bongsor, terlebih pada bagian belakang yang sudah menggunakan swing arm dan suspensi monoshock.

Motor Listrik Milik Yamaha Indonesia

Untuk pasar domestik, PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) sebenarnya telah memiliki kendaraan listrik seperti E-Vino yang diperkenalkan perdananya pada tahun 2017 yang lalu. Hanya saja hingga saat ini tak kunjung diniagakan dengan alasan masih dilakukannya riset pasar.

Mirip Dengan NMax, Motor Listrik Yamaha Dipastikan Hadir Tahun Ini
Mirip Dengan NMax, Motor Listrik Yamaha Dipastikan Hadir Tahun Ini

Walaupun kendaraan listrik sudah terdapat payung hukum yang telah diundangkan pemerintah, Yamaha Indonesia masih menilai untuk mempelajari konsumen dan juga memahami ekosistemnya. Tak menutup kemungkinan jika perusahaan milik Yamaha saja sudah mulai memasarkan kendaraan listrik, artinya dalam waktu dekat kendaraan yang tak menyumbangkan polusi tersebut akan bertebaran di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here