Hanya tersedia 1 Unit Saja, Ducati Superleggera V4J Akan Menjadi Incaran Para Kolektor
Hanya tersedia 1 Unit Saja, Ducati Superleggera V4J Akan Menjadi Incaran Para Kolektor

Hanya tersedia satu unit saja, superbike Ducati Superleggera V4 yang berbusana Lamborghini Aventador dibalut dengan kelir berwarna biru. Produk satu-satunya itu tentunya akan menjadi buruan untuk para kolektor.

Seperti dikutip dari Moto Station, Superleggera V4 yang di hadirkan oleh Ducati Newport Beach yang mana supercar Lamborghini Aventador SVJ yang menjadi inspirasi dari livery tersebut. Para loyalis supercar di Italia memang mengincar mobil tersebut. Dibalut dengan warna biri yang menjadi khas dari Lamborghini, memberikan tampilan yang berbeda pada Ducati, seperti yang kita ketahui yang mana pabrikan yang berasal dari Bologna tersebut lebih dikenal dengan balutan warna merah.

Untuk kesekian kalinya, hal tersebut merupakan kemitraan dengan Lamborghini bukanlah untuk yang pertama kalinya. Di tahun 2020 yang lalu pernah juga diluncurkan oleh Ducati yaitu Diavel 1260 dengan balutan livery inti milik Lamborghini Sian FKP 37. Masih melakukan penjualan yang sama dengan unit terbatas, hanya saja jumlahnya yang jauh lebih banyak yaitu 630 unit.

Baca Juga : Akan Hadir Dalam Waktu Dekat, Apa Saja Yang Akan Ditawarkan Oleh Toyota Fortuner Dengan Mesin 2.800cc

Untuk tampilan visual dari Ducati Superleggera V4 x Lamborghini, dari bodi tak terlihat perbedaannya dengan versi reguler. Yang membedakan hanya pada bagian warna yang diberi sedikit detail yang tampak menjadikannya sebagai pemanis. Seperti pada bagian bibir velg yang dilengkapi dengan decal kuning. Lalu adanya motif garis dengan bentuk huruf Y di kursi pengendara serta kalier rem bagian belakang dan juga depan yang berlaburkan warna kuning.

Kemudian pada bagian kaki-kakinya pun tak berubah. Begitu dengan komponen winglet floating pada bagian fairing kanan dan kirinya. Kombinasi warna kuning dan biru, terdapat pada bagian bawah fairing, tangki tengah bahan bakar, spakbor dan velg yang dibalut dengan warna hitam.

Hanya tersedia 1 Unit Saja, Ducati Superleggera V4J Akan Menjadi Incaran Para Kolektor
Hanya tersedia 1 Unit Saja, Ducati Superleggera V4J Akan Menjadi Incaran Para Kolektor

Sedangkan pada versi reguler Ducati Superleggera V4 yang jumlah produksinya hanya 400 unit saja untuk seluruh dunia. Dengan adanya Superleggera berkode V4J tersebut yang menjadikan motor tersebut lebih istimewa lagi untuk para kalangan menengah keatas. Huruf “J” pada Superleggera V4J yang mengacu pada Aventadoe SVJ merupakan singkatan dari kata Jolta yang artinya adalah performa mesin buas untuk balapan.

Spesifikasi

Ducati Superleggera V4 merupakan motor dengan spesifikasi yang tinggi tetapi legal untuk digunakan di jalan raya. Motor tersebut yang disematkan oleh mesin Desmosedici Stradale 900 V4, 998 cc, 4 Desmodromic timing, counter rotating cranckshaft, 4 katup per silinder serta berpendingin cairan.

Mengacu di atas kertas, Superleggera V4 dapat menghasilkan tenaga hingga 234 daya kuda di putaran mesin 13.250 rpm dengan torsi yang dihasilkan mencapai 119 Nm pada 11.750 rpm. Outputnya yang disalurkan melalui roda belakang berteknologi Quick Shifter.

Tak hanya mesin, penggunaan velg dan juga sasinya terbilang istimewa. Bagian roda dan juga rangkanya yang terbuat dari karbon yang ringan sehingga bobot kering motor tersebut hanya 152 kg yang setara dengan motor 250 cc di tanah air.

Untuk bagian kaki-kakinya disematkan dengan suspensi upside down 43 mm bagian depan dengan Ohlins NPX25/30 dan juga bagian belakang yang dapat diatur secara elektrik.

Agar dapat mengimbangi performa mesinnya, Ducati Superleggera dibekali dengan sistem pengereman cakram ganda semi floating berkaliper Brembo Monoblock ABS EVO. Sedangkan pada bagian belakangnya diapit menggunakan 1 kaliper 2 piston keluaran Brembo pula.

Akan tetapi pihak dari diler Ducati di Newport Beach tak menginformasikan harga dari Superleggera V4J. kemungkinan saja jika harga yang akan ditawarkan jauh lebih mahal dari versi regulernya. Untuk gambaran jika varian homologasi yang dijual sebanyak 500 unit tersebut dibanderol dengan harga mencapai 100.00 dolar Amerika Serikat yang setara dengan Rp. 1,425 miliar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here