Akan Hadir Dalam Waktu Dekat, Apa Saja Yang Akan Ditawarkan Oleh Toyota Fortuner Dengan Mesin 2.800cc
Akan Hadir Dalam Waktu Dekat, Apa Saja Yang Akan Ditawarkan Oleh Toyota Fortuner Dengan Mesin 2.800cc

Sempat menjadi perbincangan terkait mobil apa sajakah yang akan hadir di tahun ini. Baru-baru ini beredar informasi tentang hadirnya varian teranyar Toyota Fortuner Legender yang mengusung mesin 2.800 cc kembali merebak. Hal tersebut dikarenakan telah kesekian kalinya mobil tersebut yang telah diproduksi ke pasar ekspor itu, seperti Thailand dan juga Filipina yang pernah tertangkap kamera sedang dilakukan pengirimannya dengan menggunakan truk.

Terbarunya yang tampak dalam peresmian handover Terminal pada Pelabuhan Patimban dimana Ekspor untuk kendaraan yang sedang tayang di kanal Youtube milik Kementerian Perhubungan, mobil Fortuner yang menggunakan mesin besar itu yang tampak tengah bersiap-siap untuk diekspor. Hal ini lah yang menjadikan spekulasi pada masyarakat terkait kemunculan dari mobil Fortuner bermesin besar yang hadir kembali.

Dalam dokumen Permendagri No 40 Tahun 2021  yang mencatat Fortuner 2.8 VRZ berpenggerak 4X4 dan juga 4X2 yang terdaftar dengan kode GUN156R-SDTHXD dan GUN166R-SDTHXD. Dari kedua kendaraan tersebut yang memiliki harga dasar Rp. 581.700.000 dan Rp. 452.550.000.

Adapun terdapat bocoran informasi lain terkait tentang kehadiran dari model tersebut yang tercatat pula pada situs Kemenkumham di daftar terbaru desain industri pada pertengahan bulan Agustus yang lalu. Adanya dokumen yang menyertakan desain emlem 2.8.

Baca Juga : V850X Motor Baru Yang Sedang Dipersiapkan Oleh Moto Guzzi

Beberapa waktu yang lalu pihak dari Toyota pula mengungkapkan keengganannya untuk memberikan komentar terkait mobil Fortuner yang dikabarkan akan segera hadir pada tahun ini.

Spesifikasi Fortuner 2,8L

Berdasarkan pada model yang dihadirkan di Filipina dan juga Thailand, dari mobil Fortuner tersebut yang lebih mengedepankan pada mesin dengan kapasitas 2.800 cc tentunya ini lebih besar jika dibandingkan dengan yang ditawarkan untuk tanah air yaitu 2.4L dan juga 2.7L. Berdasarkan informasi diatas kertas, mesin 2.755 cc dengan 4 silinder inline DOHC VNT tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 204 ps pada putaran 3.400 rpm dengan torsi puncaknya 500 Nm pada 1.600 hingga 2.800 rpm. Mesin tersebut dikawinan dengan transmisi 6AT menggunakan fitur sequential shift dan juga paddle shift yang dapat memudahkan pengendaranya.

Untuk mesin 2.8L tersebut di Indonesia sebenarnya sudah ada pada kendaraan yang di jual oleh HiAce Premio. Hanya saja tenaga yang mampu dihasilkannya lebih kecil jika dibandingkan yaitu berkisar 156,4 ps pada 3.600 rpm dengan torsinya 419 Nm.

Terkait dengan produk yang dihadirkan di Filipina dan juga Thailand, mobil Fortuner tersebut yang diberi nama GR Sport dan juga LTD itu yang disematkan dengan Toyota Safety Sense. Terdapat beberapa fitur yang diantaranya adalah collision system, dynamic radar cruise control dan lane departure alert. Tersemat juga fitur rear crss traffic alert, kamera 3600 , blinde spot monitor serta sensor parkir.

Terkait soal harganya, mobil Fortuner di Indonesia pada saat ini memiliki harga mulai dari Rp. 493 jutaan hingga Rp. 630 jutaan. Jika menggunakan fitur yang lengkap diikut sertakan dengan perubahan yang tercantum tersebut. Bisa jadi kalau mobil Fortuner 2.8L tersebut akan dibanderol dengan harga berkisar Rp. 700 jutaan.

Dari berbagai kemungkinan yang akan terjadi itu tetap harus menunggu diberikannya informasi secara resmi yang akan hadir beberapa waktu lagi. Berdasarkan beberapa pengakuan dari tenaga yang meniagakan Toyota sudah mengatakan kebenaran akan kemungkinan hadirnya dari kendaraan Toyota tersebut dalam waktu dekat hanya saja kepastiannya kapan belum dapat diketahui.

Fortuner merupakan jagoan SUV milik Toyota. Pada bulan November yang lalu, berdasarkan catatan wholesalenya mampu mencapai 3.389 unit. Dari angka tersebut membuatnya unggul dari rivalnya yang sudah kita ketahui yaitu Pajero Sport yang hanya terjual di angka 1.189 unit saja. Dengan hadirnya Fortuner baru tersebut nantinya juga diharapkan akan mampu memenuhi permintaan untuk model SUV yang kian meningat beberapa tahun belakangan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here