Kesendirian Yang Dinikmati Oleh Ninja ZX-25R Tanpa Rival
Kesendirian Yang Dinikmati Oleh Ninja ZX-25R Tanpa Rival

PT KMI (Kawasaki Motor Indonesia) melakukan pembukaan pasar baru pada segmen motor sport dengn seperempat liter pada Ninja ZX-25R yang telah diluncurkan pada tanggal 10 Juni 2020 lalu. Hingga pada saat ini masih dinikmati kesendiriannya untuk pasar motor tersebut, dari beberapa rivalnya tak kunjung memberikan tanda-tanda akan menghadirkan lawan.

Fokus yang diberikan oleh Kawasaki tersebut salah satunya adalah pada motor sport. Yang kita ketahui pula pada tahun 2010 yang lalu mereka telah menghadirkan motor sport fairing 250 cc melalui produknya yaitu Ninja 250R Karburator, pada saat itu pula penjualan terhadap produk tersebut dapat dikatakan bagus walau pun harga yang dibanderol cukup tinggi. Sehingga pada tahun 2014 Yamaha terjun pada segmen ini dengan menghadirkan YZ-R25  yang kemudian Honda pun mengikuti dengan menghadirkan CBR250RR pada tahun 2016.

Michael Chandra Tanadahi selaku  Deputy Head & Sales Promotion KMI mengatakan jika pada saat itu Ninja 250 Karburator memiliki volume yang cukup lumayan kemudian secara nominal dari motor tersebut cukup mahal meski tinggi pula permintaannya. Kini untuk Ninja ZX-25R dengan 4 Silinder belum besar dikarenakan pandemi, rivalnya sepertinya masih menganalisa dan melihat penjualan dari produk milik Kawasaki.

Baca Juga : Hasil Dari Kolaborasi Antara Vespa dan Dior Menghadirkan Produk Eksklusif, Sayangnya Hanya Ada 946 Unit Saja

Wajar saja jika Yamaha, Hinda atau bahkan Suzuki hingga kini belum tertarik untuk menghadirkan lawan untuk Kawasaki Ninja ZX-25R. dari ketiga merek besar asal Jepang tersebut secara penjualannya, lebih mendapatkan keuntungan pada segmen motor matik. Sehingga mereka belum berkeinginan untuk melakukan investasi atau mempertaruhkan diri dengan menghadirkan produk 250 cc dengan 4 silinder yang belum besar permintaannya.

Mungkin saja 3 atau bahkan 4 tahun lagi rival dari Ninja ZX-25R akan hadir, seperti yang dikatakan oleh Michael. Belakangan sempat terdapat rumor terkait Honda dan juga Yamaha yang sedang melakukan persiapan untuk produk 250 cc 4 silinder, seperti garpu tala yang akan hadirkan YZF-R25M.

Motosaigon merupakan media otomotif di Vietnam juga menebak layout mesin milik YZF-R25M. meski begitu tak ada konfirmasi resmi yang diberikan oleh pihak pabrikan baik di Indonesia maupun di Jepang. Sedangkan dari pihak Honda juga merumorkan akan menghadirkan CB250RR dengan jantung pacu 4 silinder.

Keunggulan Ninja ZX-25R

Modal yang dimiliki oleh motor tersebut belum terdapat pada para kompetitor, baik itu Suzuki, Yamaha atau pun Honda. Yang mana menjadikan Kawasaki benchmark untuk kelas motor sport di tanah air.

Mesin yang disematkan pada ZX-225R dengan kubikasi murni 249 cc, DOHC, 1 16 katup, 4 tak dengan pendingin cairan serta berpengabut injeksi kemudian konfigurasinya 4 silinder. Pada racikan mesin tersebutlah yang menjadi nilai jual pada motor tersebut, hadir dengan suara yang garang serta fun to ride melalui fitur-fitur yang disediakan lainnya.

Pabrikan mengklaim jika Kawasaki Ninja ZX-25R dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 49,2 daya kuda di 15.500 rpm dengan torsi puncaknya yang mencapai 22,9 Nm pada putaran mesin 14.500 rpm. Dengan bangga Kawasaki mengatakan jika motor tersebut dapat dipacu hingga ke putaran mesin 18.000 rpm.

Dari segi fitur serta teknologi yang dibawakan masih membawakan peranti yang serupa dengan model big bike miliknya seperti pada Ninja ZX-10 R dan ZX-6R. diantaranya ada Kawasaki Quick Shifter (model ABS-SE), Kawasaki Traction Control (KTRC), Horizontal Back-link Rear Suspension, Assist & Slipper Clutch, Radial Caliper Brake, Ram Air System, Electronic Throttle Valves, Immobilizer Key System, Suspensi Upside Down SFF-BP, Electronic Throttle Valves, Panel instrumen analog dan digital dan Adjustable Clutch & Brake.

Untuk bagian kaki-kakinya pun menggunakan suspensi depan dengan jenis upside down dengan tipe SFF-BP milik Showa. Sedangkan untuk bagian belakang disokong oleh monosock bersistem pengaturan preload dengan kombinasi lengan ayun dengan jenis banana arm aluminium.

Masuk ke soal harganya sendiri, per Desember 2021 ninja ZX-25R dibanderol dengan harga Rp. 98.950.000 pada tipe standardnya sedangkan untuk varian ABS-SE berkisar Rp. 116.000.000. untuk kedua varian tersebut dengan status OTR Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here