Dalam Waktu Dekat Indonesia Akan Kehadiran Motor Listrik ION Mobius Yang Berasal Dari Singapura
Dalam Waktu Dekat Indonesia Akan Kehadiran Motor Listrik ION Mobius Yang Berasal Dari Singapura

Di Indonesia untuk segmen motor listrik tampak semakin berwarna, seperti perusahaan startup yang berasal dari Singapura yang bernama ION Mobility mulai melirik untuk memasarkan ION Mobius di tanah air pada tahun 2022 yang akan datang.

Dikutip dari Vulcan Post, ION Mobility memiliki strategi bisnis di Indonesia tak hanya memfokuskan penjualan saja, melainkan juga untuk proses perakitan yang mana akan dilakukan di wilayah Jabodetabek. Untuk informasi mendirikan pabrik atau harus bermitra dengan perusahaan yang sudah ada belum dapat dipastikan.

Untuk Singapura sendiri produk tersebut sudah diluncurkan pada tanggal 2 Desember 2021 yang lalu. Dan untuk Indonesia motor tersebut sedang masuk dalam proses homologasi yang siap untuk dipesan oleh konsumen.

Baca Juga : Superbike Listrik Voxan Wattman Yang Dikendarai MaxBiaggi Berhasil Cetak Rekor Kecepatan Baru

James Chen selaku CEO sekaligus pendiri dari ION Mobility mengatakan jika pihaknya berkeinginan masuk pada bisnis motor yang bebas akan polusi, terlebih untuk pasar Asia Tenggara yang terlihat belum ramai tersedia untuk konsumen. Dengan keyakinan untuk mempercepat transisi ditahun mendatang menuju sepeda motor listrik.

Pada persentasinya tersebut, untuk Asia Tenggara terasuk pasar terbesar untuk roda dua. Tetapi sangat disayangkan jika efek dari penjualan motor konvensional yang meningkat justru memberikan permasalahan baru terhadap kualitas udara yang dihasilkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, data yang didapat jika motor 3 kali lebih tinggi hidrokarbon dari jumlah polutan udara yang lainnya. Dan lebih besar di mobil penumpang yang menjadi fokus tujuan dari ION Mobility untuk dapat mengurangi dampak tersebut.

Keunggulan

Tenaga puncak yang dimiliki ION Mobius mencapai 12,5 kW yang setara dengan 16,7 daya kuda dengan torsi mencapai 50 Nm. Kecepatan puncak yang dimiliki hingga 110 km/jam. Untuk menuju 50 km/jam nya dari posisi diam motor tersebut hanya membutuhkan waktu 4 detik saja.

Menggunakan teknologi terbaru motor listrik tersebut menggunakan baterai hingga powertrain. Hadir pula dengan 3 mode berkendara yang berbeda pada ION Mobius, dalam sekali pengisian daya saja pengendara akan mampu menempuh jarak antara 120 km hingga lebih dari 200 km, yang mana gaya pengendara juga mempengaruhi.

Dalam Waktu Dekat Indonesia Akan Kehadiran Motor Listrik ION Mobius Yang Berasal Dari Singapura
Dalam Waktu Dekat Indonesia Akan Kehadiran Motor Listrik ION Mobius Yang Berasal Dari Singapura

Tak hanya paket baterai dan motor listrik saja, komputer kendaraan pula hadir sebagai pelengkap motor tersebut yang disematkan pada layar TFT berukuran 7 inci dengan tampilan interface yang menarik pula.

Wu Xianyi selaku Chief Produc & Design Officer ION Mobility menjelaskan jika unit kendali pada kendaraan tersebut ialah “otak” dari sepeda motor. Yang mana akan memungkinkan motor tersebut langsung terhubung pada Internet melalui LTE, dan terhubung pada smartphone via Bluetooth.

Yang artinya jika motor tersebut dapat terkoneksi yang kemudian dapat dipantau terkait berbagai informasi menggunakan smartphone.

Desain

Untuk urusan desainnya, secara tampilan ION Mobius terlihat seperti pada motor lainnya yang sedang tren pada pasar Indonesia yaitu skuter Maxi. Yang mana dek kaki tampil besar dan bodynya yang tampak gambot.

Seperti PCX dan juga NMax, motor tersebut juga dilengkapi dengan windscreen, rancangan pada kaki-kaki yang tampak kokoh dan dilengkapi pula dengan double headlamp LED. Pada bagian depan pula menggunakan suspensi teleskopik dan velg racing dan disematkan juga disck brake.

Untuk bagian belakangnya, menggunakan suspensi model ganda. Untuk roda juga dilengkapi dengan pengereman cakram. Sedangkan pada bagian bagasinya dengan ukuran yang cukup besar kemudian terdapat slot penyimpanan pada bagian dek depannya.

Untuk harga dari unit ION Mobius belum dapat diketahui, yang mana harga tersebut baru akan diumumkan pada tahun depan.

Sepertinya motor listrik tersebut akan bersaing dengan Viar dan juga GESITS. Atau bahkan akan menjadi kompetitor baru untuk Yamaha dan juga Honda yang mana desain yang dimiliki mirip dengan skuter maxi yang banyak diminati di tanah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here