Superbike Listrik Voxan Wattman Yang Dikendarai MaxBiaggi Berhasil Cetak Rekor Kecepatan Baru
Superbike Listrik Voxan Wattman Yang Dikendarai MaxBiaggi Berhasil Cetak Rekor Kecepatan Baru

Max Biaggi mantan pembalap Grand Prix dan WorldSBK membuat rekor kecepatan baru bersama superbike listrik Voxan Wattman yang dilakukan pada landasan pacu Shuttle Landing Facility. Dengan panjang 4.600 meter (15.000 kaki) di NASA Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat. Dari sekian banyaknya rekor kecepatan yang berhasil diraih, yang paling prestisius berada di kelas “partially streamlined electric motorcycle under 300 kg” berhasil meraih kecepatan paling tinggi dengan angka 455.737 km/jam.

Dengan total kecepatan yang berhasil diraih oleh mantan pembalap GP500 dan juga MotoGP itu ada 19 rekor kecepatan, termasuk dalam juara WorldSBK di tahun 2010 dan juga 2012. Tak disangka oleh nya akan seperti astronot, yang mana pada dua tahun lalu saat proyek tersebut dimulai. Biaggi berserta tim Voxan berada di Fasilitas Peluncuran dan Pendaratan Space Florida yang berada di Kenndy Space Center pada bulan November 2021 untuk dapat memecahkan rekor kecepatan 253,5 mph (408 kpj) yang berhasil diraihnya sendiri hampir 1 tahun yang lalu.

Baca Juga : Yamaha Hadirkan New Crosser 150 Sebagai Jawaban Dari Tantangan Honda CB150X

Rider yang berasal dari Italia tersebut mengatakan, sangat emosional untuk memasuki struktur peluncuran pesawat ruang angkasa NASA. Yang mana tempat tersebut merupakan tempat yang ikonik dan Max Biaggi mengaku merinding jika berfikir apabila berhasil meraih kecepatan yang baru pada trek tersebut. Apalagi yang dikendarai oleh mantan pembalap tersebut adalah sepeda motor listrik.

Perusahaan juga telah mendesain dengan tiga set bodywork pada Voxan Wattman, termasuk juga pada full fairing yang tampil dengan body yang ramping, fairing tersebut tampil dengan ekor terbuka dan versi telanjangnya. Terdapat pula swingarm yang baru pada bagian bawah fairing dengan ukuran yang lebih panjang pula, jarak sumbu antara roda yang hadir lebih panjang yang mana ukuran 107 mm kini menjadi 1.957 mm. pada bagian jok yang telah dinaikkan menjadi 65 mm, sehingga memberikan posisi berkendara Biaggi jadi lebih membungkuk. Hal tersebut pula untuk membatu aerodinamis.

Superbike Listrik Voxan Wattman Yang Dikendarai MaxBiaggi Berhasil Cetak Rekor Kecepatan Baru
Superbike Listrik Voxan Wattman Yang Dikendarai MaxBiaggi Berhasil Cetak Rekor Kecepatan Baru

Terdapat pula peningkatan pada tenaganya untuk motor rancangan terbaru dari Voxan Wattman, dengan kekuatan maksimum yang dapat dihasilkan mencapai 429 Hp dengan torsi puncaknya hingga 1.360 Nm.

Dari kecepatan rata-rata yang dapat dihasilkan oleh Voxan Wattman adalah 455.737 km/jam (283.182 mph). Berbeda pula jika dilihat berdasarkan GPS onboar, yang mana berhasil tercatat dengan kecepatan tertinggi yang dihasilkan adalah 466 km/jam (290 mph). Yang artinya dari angka tersebut pula telah menggantikan rekor yang dihasilkan sebelumnya pada angka 407 km/jam (253mph) yang pernah dibuat pada tahun lalu. Dengan periode enam hari lamanya, Biaggi berhasil menetapkan rekor kecepatan yang cukup mengesankan, termasuk pula kecepatan maksimum pada keas non-ramping pada 367 km/jam (228mph).

Biaggi pula menceritakan pada saat melihat instrumen memberikan sinyal pada 470 km/jam, ia pun merasa tidak yakin akan hal tersebut. Apalagi untuk seorang pembalap kelas MotoGP yang biasa memacu kendaraannya dengan kecepatan 300 km/jam, hal tersebut menurutnya adalah hal yang terbilang extrem. Dengan kecepatan tersebut pula dikatakan jika racing suit bergetar dengan hebatnya yang seolah membakar kulit kemudian mata tak mampu memandang dengan baik. Terdapat begitu banyak turbolensi yang difikiran orang lain mampu menahannya, dan ternyata tidak. Ketika melesat dengan begitu cepat, apa yang ada didepan tak akan dapat terlihat.

Powertrain EV yang lebih tenang berhasil memberikan pengalaman baru yang tentunya berbeda pada Biaggi dengan tak adanya ICE dengan tenaga bahan bakar. Kemudian arah angin pun dapat menjadi penentu dari semua itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here