Bersatunya Toyota dan Suzuki Ciptakan Mobil Sport Murah
Bersatunya Toyota dan Suzuki Ciptakan Mobil Sport Murah

Merupakan kabar yang dinanti-nanti kehadirannya, dimana dua rival pabrikan asal Jepan yaitu Toyota dan juga Suzuki bekerja sama untuk menciptakan mobil sport dengan harga yang murah untuk para konsumen.

Dikutip dari Gaadiwaadi dan juga berdasarkan laporan yang didapat dari Jepang mengenai mobil sport yang mengusung mesin tengah itu yang rencananya akan di tampilkan perdananya pada tahun 2025 yang akan datang. Terkait hal tersebut tak ada rincian yang lebih spesifik tentang model tersebut yang mana Suzuki dan juga Toyota sendiri masih menutup rapat-rapat terkait informasi tersebut.

Sehingga berbagai macam dugaan pun terus bermunculan, seperti yang telah diprediksi jika mobil sport dengan harga yang terjangkau tersebut yang dikatakan merupakan penerus dari mobil yang ikonik yaitu Toyota MR2 yang pernah dijual pada tahun 1984 hingga 2007 yang lalu. Berdasarkan laporan lain juga mengatakan kalau Toyota dan juga Suzuki akan melahirkan mobil sport dengan mesin berkubikasi 1.0 liter atau dengan pilihan 1,4 liter.

Baca Juga : Jelang 50th Anniversary, Kawasaki Hadirkan Micro Site Khusus Untuk Seri Z

Dengan pasar yang dituju juga pilihan kapasitas mesin yang tepat pula yang berarti yang menjadi fokus dari kedua pabrikan tersebut ialah menghasilkan mobil dengan perawakan sport tetapi juga hemat penggunaan bahan bakar dan tak mengurangi dari performa dari kendaraan tersebut.

Berdasarkan laporan lain yang mengatakan jika Toyota turut melibatkan Daihatsu untuk bekerjasama. Yang mana di kutip dari Paultan, jika perusahaan tersebut pula akan membuat mobil yang menggunakan mesin 1.0L, yang mana mesin tersebut akan dikembangkan oleh pihak dari Suzuki. Dan untuk pemasarannya mobil itu kelak dapat dijual oleh ketiga merek yang turut terlibat pada beberapa ubahan yang menjadi pembedanya.

Toyota merupakan perusahaan induk dari Daihatsu, keduanya pun sudah lama berbagi model dengan menghadirkan produk kembar. Tak hanya itu, Toyota juga sudah mengumumkan sebuah kesepakatan aliansi pada tahun 2019 dengan Suzuki. Dari kemitraan tersebut sudah menghasilkan berbagai macam model rebadged termasuk juga dengan Toyota Rumion dari Suzuki Ertiga.

Bersatunya Toyota dan Suzuki Ciptakan Mobil Sport Murah
Bersatunya Toyota dan Suzuki Ciptakan Mobil Sport Murah

Apabila dilihat berdasarkan pernyataan dari Akio Toyoda selaku Presiden Toyota mungkin saja akan terealisasi. Seperti yang pernah diungkapkan dari keinginannya untuk kembali menghadirkan (Tiga Bersaudara) ialah tiga merek mobil sport 90an pada era modern.

Hal tersebut yang mengacu terhadap Supra, MR2 dan Celica. Seperti Celica dan juga Supra yang terus dikembangkan melalui produk terbaru seperti GR 86 dan juga GR Supra. Dengan kata lain hanya MR2 yang merupakan satu-satunya model yang tak ada generasi penerusnya.

Bekerja Sama Pada Tahun 2019

Kerja sama yang dilakukan antara Toyota dan juga Suzuki sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 2019 yang lalu. Kesepakatan dari kedua merek itu adalah memperluas line up yang dimiliki pada pasar yang berbeda. Yang mana Maruti Suzuki memasok Toyota dengan membawa Vitara Brezza dan juga Baleno yang pada akhirnya dipasarkan masing-masing sebagai Urban Cruiser dan Glaza di negara India.

Tak hanya Toyota, Suzuki pun melakukan kerja sama untuk beberapa model terbarunya diantaranya dua SUV dan MPV yang dengan khusus pengembangannya pada pasar India.  Sedangkan di Eropa, Suzuki melakukan penjualan terhadap beberapa mobil Toyota rebadged yaitu A-Cross (rebadged Toyota RAV4) dan juga Swace (rebadged Toyota Corolla Hybrid)

Dikabarkan pula jika pabrikan Suzuki hingga kini belum punya portfolio mobil real sport untuk pasar global. Berbeda dengan Toyota Supra yang menggunakan platform milik Subaru BRZ atau BMW Z4 yang mirip dengan Toyota 86.

Apabila mengingat masa tahun 1990an, Suzuki pula pernah mengunggulkan “Capucino” sebagai roadster convertible untuk kelas Kei Car yang menggunakan mesin berbahan bakar bensin turbo dengan 650 cc. tak menutup kemungkinan di tahun 2025 nanti mobil tersebut yang dijadikan sebagai platform kerjasama antara Toyota dan juga Suzuki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here