Bagian ulasan yang memaparkan suatu pandangan seseorang tentang hal atau karya yang diulas adalah …..

Bagian ulasan yang memaparkan suatu pandangan seseorang tentang hal atau karya yang diulas adalah …..

A. orientasi

B. tafsiran

C. evaluasi

D. rangkuman

Jawaban: B

Telah terdapat bagian ulasan yang di mana telah memaparkan mengenai sebuah pandangan dari seseorang mengenai sebuah karya ataupun hal yang telah diulas yaitu ialah tafsiran.

Pembahasan

Teks ulasan yaitu ialah sebuah teks yang telah berisi dengan ulasan mengenai suatu karya tertentu. Umumnya, suatu teks ulasan akan  mengulas suatu karya seperti sebuah drama ataupun film.

Ulasan yang telah disajikan di dalam teks ini telah disajikan dengan sangat lengkap di dalam struktur teks ulasan yang telah disusun secara berurutan pula.

Tujuan yang dimiliki oleh sebuah teks ulasan yaitu ialah menyampaikan kepada para pembaca mengenai sebuah ulasan karya seperti drama atau film tersebut untuk dapat menarik minat dari para pembaca agar mereka dapat menjadi tertarik untuk menonton karya tersebut.

Telah terdapat pula struktur dari teks ulasan yaitu ialah sebagai berikut:

  • Orientasi
  • Tafsiran
  • Evaluasi
  • Rangkuman
Baca juga  Perhatikan paragraf pada teks laporan hasil pengamatan berikut! Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi. Beberapa orang bahkan menganggap jika tidak mengkonsumsi nasi sama halnya belum makan. Hal ini karena sebagian masyarakat menganggap makanan selain nasi hanyalah camilan. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ….

Umumnya, sebuah teks ulasan ini dapat pula disebut sebagai sebuah resensi. Teks ulasan ini dapat pula diciptakan apabila telah terdapat sebuah peristiwa tertentu seperti olahraga ataupun kegiatan sosial yang lainnya.

Selain itu, teks ulasan telah memiliki fungsi yaitu untuk dapat mengajukan, menilai, dan juga menimbang sebuah kritik kepada suatu peristiwa ataupun karya yang telah diulas.