Pesaing dari Suzuki XL7 Telah Hadir, Seperti Apa Sosok SUV Kia Carens 2022
Pesaing dari Suzuki XL7 Telah Hadir, Seperti Apa Sosok SUV Kia Carens 2022

Setelah generasi terbarunya resmi hadir, kini nama Kia Carens kembali bangkit. Ekpektasi terlihat sesuai dengan sketsanya yang diperlihatkan beberapa waktu yang lalu. Dan kini telah bertransformasi menjadi sebuah SUV dengan menghadirkan format 7 seater dan juga 6 seater pilihan. Negara India merupakan tempat pertama yang akan menjadi lokasi penjualan pertama pada tahun depan yang mana hal tersebut memang sudah direncanakan. Mobil dengan 3 baris yang akan menjadi pesaing disana seperti Hyundai Alcazar, Maruti Suzuki XL6, Mahindra Marazzo dan juga Toyota Innova Crysta.

Memiliki tampilan terbuka lebar, menjadi jawaban dimana foto dari mata-mata belakangan ini yang sudah beredar. Tak jauh berbeda pula dengan seketsa teaser yang pernah ditampilkan sebelumnya. Dengan postur tegap yang menggambarkan sebuah SUV. Carens 2022 menggunakan Kia Seltos sama seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, yang mana hal tersebut juga memiliki kaitan yang erat dengan Hyundai Alcazar yang juga merupakan versi besar dari Hyundai Creta. Dan bila dilihat pada Carens, memang tak menampilkan versi 7 seater Seltos.

Baca Juga : Khusus Skuter dan Sepeda Motor Piaggio Bekerja Sama Dengan Autolive Untuk Merancang Airbag

 

Pesaing dari Suzuki XL7 Telah Hadir, Seperti Apa Sosok SUV Kia Carens 2022
Pesaing dari Suzuki XL7 Telah Hadir, Seperti Apa Sosok SUV Kia Carens 2022

Terasa cukup mengejutkan jika muka asli dilihat tanpa samaran. Yang menampilkan desain terbaru dari Kia menggunakan bahasa anyar “Opposite United”  memiliki bentuk headlamp yang terbilang unik serta kesan yang rumit seperti pada Kia Sportage terbarunya meski terlihat berbeda. Pada lampu bagian belakang terlihat tak berbeda dengan lampu utama jika dilihat dari polanya yang mana terhubung dengan garnish tipis. Tampak ada yang janggal ketika melihat dari samping. Garis atap yang tampak rata sehingga windshield sampai kaca pilar B terlihat besar yang menjadikannya tampil kurang proposional untuk sebuah SUV.

Untuk secara keseluruhannya belum diketahui data soal dimensi yang dimilikinya. Berdasarkan pengelihatan, masih tergolong kompak yang memiliki ukuran seperti Suzuki XL7. Untuk lingkar roda dan juga bannya pun tak terlalu besar. walau terlihat tinggi dan pada area fender diisi cladding berwarna hitam yang menjadi khasnya SUV.

Pada bagian interiornya menampilkan sisi modernitas pada Kia saat ini. Yang terlihat familiar dikarenakan menggunakan setir dan juga tuas transmisi yang sama dengan Seltos. Dengan panel yang serba digital dan monitor berukuran 10,25 inci menempati bagian tengah dasbor. Kemudian sudah mendukung koneksi Android Auto dan juga Aple CarPlay sebagai pilihan. Suara dentuman yang dihasilkan terjamin kualitasnya berkat audio Bose. Disediakan pula wireless charging, ambient light dengan 64 warna, koneksi UVO dan ventilated seat pada trim bagian atas. Untuk varian 6 seater pastinya mencuri hati para konsumen yang menginginkan privasi layaknya bos pada bagian jok tengahnya.

Pesaing dari Suzuki XL7 Telah Hadir, Seperti Apa Sosok SUV Kia Carens 2022
Pesaing dari Suzuki XL7 Telah Hadir, Seperti Apa Sosok SUV Kia Carens 2022

Untuk konsumen di India disediakan 2 pilihan mesin, bensin 1,4 liter GDi turbo dengan penghasil dya 140 PS dengan torsi 242 Nm dan mesin diesel 1,5 liter CRDi dengan tenaga 115 PS dengan torsi yang sama yaitu 242 Nm. Transmisi tetap sama seperti Seltos tersedia manual 6 percepatan. Sedangkan transisi otomatik pada bensin menggunakan DCT dengan 7 percepatan dan diesel dengan jenis konvensional 6 percepatan. Yang termasuk dalam mode berkendara Normal, Eco dan juga Sport.

Untuk fitur keselamatannya belum bisa dibandingkan dengan sistem yang ada pada Toyota Safety Sense dan juga Honda Sensing. Penumpang akan dibekali denga sistem pelindung 6 airbag, Electronic Stability Control, AS+EBD. Hill Start Assist, Downhill Brake Control dan juga kamera 360o.

Dan harganya sendiri baru akan diumumkan saat menjelang masa penjualannya pada tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here