Khusus Skuter dan Sepeda Motor Piaggio Bekerja Sama Dengan Autolive Untuk Merancang Airbag
Khusus Skuter dan Sepeda Motor Piaggio Bekerja Sama Dengan Autolive Untuk Merancang Airbag

Baru-baru ini terdengar kabar jika Piaggio Group telah menggandeng sebuah perusahaan teknologi keselamatan yaitu Autolive. Dengan tujuan dapat mengembangkan sebuah fitur keselamatan Airbag yang dikhususkan untuk sepeda motor dan juga skuter, sehingga dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara yang mana belum banyak produsen khusus roda dua yang menerapkan sistem keselamatan tersebut.

Dan sudah ditanda tangani pula oleh kedua belah pihak terkait perjanjian untuk pengembangan tersebut dan diharapkan pula agar dapat segera terealisasi. Yang mana fitur Airbag tersebut akan disematkan tak jauh dari komponen rangka kemudian dapat mengembang hanya dalam hitungan milidetik saja pada saat terdeteksi adanya benturan yang keras.

Baca Juga : Incaran Para Kolektor, Yamaha R15M Livery World Grand Prix 60th Di Jual Terbatas

Seperti yang di ungkapkan oleh Mikael Bratt selaku CEO dan juga Presiden Autoliv, komitmen dari perusahaan tersebut dengan visi untuk dapat menyelamatkan banyak jiwa kemudian memberikan solusi terhadap mobilitas dan juga terhadap masyarakat luas.

Itu sebabnya mengapa Autolive terus berupaya untuk mengembangkan suatu produk yang dikhususkan untuk dapat melindungi para pengguna jalan yang memang rawan. Dari pengembangan produk tersebut merupakan bagian dari integral berdasarkan agenda keberlanjutan kemudian sebagai langkah penting pencapaian suatu tujuan dari Autolive dalam upaya menyelamatkan 100.000 jiwa setiap tahunnya di tahun 2030.

Seperti yang dijelaskan pula oleh Autolive yang mana telah mengembangkan sebuah konsep awal menggunakan alat simulasi yang canggih tentunya kemudian melakukan uji tabrakan dengan sekala penuh. Dalam kerja sama yang dilakukan bersama Piaggio Group yang menjadi fokus utama adalah dalam pengembangan line up kendaraan dengan lebih jauh lagi dan potensi sebagai mengkomersilkan dari konsep tersebut.

Sistem Kerja Airbags

Untuk sistem kerja dari sistem keselamatan Airbag tersebut belum dijelaskan secara menyeluruh pada produk Piaggio nantinya. Tetapi jika dikutip dari Airbagforbike, komponen keselamatan tersebut akan berfungsi pada saat mendapatkan perintah dari sensor. Yang akan mulai bekerja jika mendeteksi adanya benturan ataupun pada saat sepeda motor mulai kehilangan keseimbangannya.

Khusus Skuter dan Sepeda Motor Piaggio Bekerja Sama Dengan Autolive Untuk Merancang Airbag
Khusus Skuter dan Sepeda Motor Piaggio Bekerja Sama Dengan Autolive Untuk Merancang Airbag

Pada umumnya, Airbag pada sepeda motor tak hanya melindungi bagian depan pengendara saja melainkan pada seluruh bagian tubuh dari pengendara tersebut. Sebagai ilustrasi, pengendara sepeda motor akan terbungkus secara keseluruhan seperti saat menggunakan sleeping bag atau pun terbungkus layaknya sebuah kepompong.

Tak hanya produsen roda dua saja yang turut menerapkan hal tersebut, beberapa dari perusahaan apparel yang khusus menyediakan jaket pengguna sepeda motor turut menyematkan fitur tersebut dan tak hanya sedikit yang telah menghadirkan fitur airbang pada produk miliknya. Dengan tujuan untuk dapat memberikan jaminan keselamatan yang lebih lagi untuk para konsumen, yang mana kendaraan roda dua pastinya sangat berbeda dengan kendaraan beroda empat. Untuk motor sendiri mempunyai resiko kecelakaan yang lebih besar dampaknya terhadap pengendara dikarenakan tak tersedianya perlindungan tambahan terhadap pengendara.

Fitur Keselamatan Lengkap yang diberikan Piaggio

Minat atas kendaraan roda dua kian meningkat, yang mana hal tersebut didorong berdasarkan urbanisasi yang terus meluas juga kepadatan pada wilayah perkotaan. Dimana yang ditawarkan dari kendaraan terebut adalah sisi praktisnya yang mampu mendukung mobilitas sehari-hari.

Jika kedepannya sistem yang diusung oleh teknologi Airbag tersebut sudah selesai pada produk Piaggio, dapat dikatakan pula jika merek motor tersebut telah menjadi perusahaan yang terfokus terhadap keselamatan konsumennya. Yang mana beberapa dari produk yang telah dirilis mendapatkan sebuah teknologi ABS atau yang disebut dengan Anti lock Braking System serta fitur kontrol traksi yang dikenal dengan ASR (Anti Slip Regulation).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here