Incaran Para Kolektor, Yamaha R15M Livery World Grand Prix 60th Di Jual Terbatas
Incaran Para Kolektor, Yamaha R15M Livery World Grand Prix 60th Di Jual Terbatas

PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)telah resmi merilis R15M Connected ABS di awal bulan Desember yang lalu dengan balutan grafis yang spesial yaitu World Grand Prix 60th Anniversary. Berpotensi akan menjadi barang incaran dikemudian hari karena khusus livery tersebut yang dijual terbatas.

Antonius Widiantoro selaku Manager Publik Relation YIMM mengatakan, untuk berapa unit yang akan di hadirkan ke pasar Antonius tak memberikan penjelasan tetapi, unit tersebut diproduksi pada periode perayaan 60 tahun World Grand Prix, yang memiliki kemungkinan hanya dibuat pada tahun ini dan juga awal tahun depan.

Baca Juga : Kembalinya Ford Ke Indonesia Membawa Produk Baru

Apabila kedepannya YIMM tak lagi memproduksi R15M Connected ABS World Grand Prix 60th  dengan begitu, varian tertingginya hanya ada untuk pilihan livery Icon Performance. Dan warna tersebut merupakan kombinasi dari warna hitam, biru dan juga silver yang kental dengan kelir dari superbike Yamaha R1M.

Keunggulan Livery WGP 60th Anniversary

Apa keunggulan dari livery tersebut? Sebenarnya motor tersebut merupakan bentuk dari selebrasi dari garpu tala perjalanan selama 60 tahun sudah bergerak dibidang balapan Grand Prix dunia di tahun ini yaitu 2021.

Konsep yang dibawakan oleh Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary Livery adalah “Racing Blood of Yamaha” dengan menampilkan racing passion untuk para konsumen. Inspirasi dari livery tersebut berdasarkan dari desain warna YZR500 (0W48) yang memiliki warna merah putih yang mana digunakan oleh sang juara Kenny Roberts pada Grand Prix 1980 di kelas 500cc nya. Dihitung dari tahun 1963 yang mana kala itu merupakan kemenangan pertama yang di raih oleh Yamaha pada Grand Prix dunia, hingga pada musim 2020 yang pada akhirnya telah mengoleksi kemenangan dengan total 511 kemenangan yang sudah diraih.

Incaran Para Kolektor, Yamaha R15M Livery World Grand Prix 60th Di Jual Terbatas
Incaran Para Kolektor, Yamaha R15M Livery World Grand Prix 60th Di Jual Terbatas

Tak hanya R15 saja, ada juga Yamaha Aerox dan juga Yamaha MX-King yang juga mendapatkan livery tersebut pada pasar domestik. Dan pastinya akan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan warna reguler. Untuk R15M saja dibanderol dengan harga yang memiliki selisih Rp. 600 ribu jika dibandingkan dengan R15M Icon Performance yaitu dengan harga Rp. 44,1 juta.

Sedangkan fiturnya sendiri tak terlihat berbeda dengan R15M Connected ABS yang biasa, baik dari mesin hingga ke bagian kaki-kakinya. Yang menjadikan fokus pembedanya hanya pada bagian tampilan liverynya saja. Yang artinya jika R15M WGP 60th Anniversary masih menggunakan mesin yang sama yaitu 155 cc, SOHC dengan 4 katub dan 1 silinder berpendingin cairan serta berpengabut injeksi.

Berdasarkan dari data yang telah dilampirkan pada webside remi Yamaha, tenaga maksimal yang dimiliki oleh motor tersebut adalah 14,2 kW yang setara dengan 19 daya kuda pada putaran 10 ribu rpm dengan torsinya 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Dengan output yang dikawinkan melalui transmisi manual 6 percepatan dibantu pula oleh Slipper Clutch & Assist.

Untuk urusan fiturnya sendiri, motor tersebut telah mengusung teknologi Quick Shifter gigi atas, Traction Control System, Konektivitas gawai Y-Connect, Dual rem ABS, lampu depan proyektor LED, lampu belakang LED, DRL dan juga terdapat beberapa fitur lainnya yang membedakan R15M. Yang dimulai dari bagian bangku dengan visual karbon serta emblem khusus juga panel meter desain R1 dan masih banyak lainnya.

Dengan membeli kendaraan tersebut, pastinya akan berpeluang besar nantinya motor tersebut akan menjadi kendaraan incaran kedepannya terhitung dari beberapa tahun dari searang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here