Dangmerdu – Pemicu stres ada di mana-mana. Kebanyakan orang di Dunia  berjuang untuk menemukan tempat yang tenang untuk meredakan ketegangan mereka selama hiruk pikuk setiap harinya.

Kekuatan musik adalah dapat meredam kecemasan yang tidak diinginkan. Banyak teknik terapi musik dapat diterapkan pada rutinitas harian Anda untuk membantu Anda menemukan keseimbangan.

Berikut adalah 7 manfaat mendengarkan lagu dan instrumental sepanjang hari Anda.

7. Dapat Membantu Penderita Alzheimer

Penyakit terkait usia seperti Alzheimer membaik ketika pasien mencoba terapi musik. Musik bekerja sangat baik dalam menenangkan pikiran dan memicu kenangan lama.

Laporan pasien yang tiba-tiba mengingat informasi yang hilang sering terjadi setelah terapi musik. Pengasuh pasien terapi musik dengan Alzheimer didorong untuk membuat daftar musik untuk putar.

Daftar musik ini harus mencakup lagu-lagu yang bermakna bagi pasien untuk membantu mendapatkan respons emosional.

6. Mengurangi Depresi pada Lansia

Sayangnya, depresi pada orang tua sering terjadi. Saat menderita suatu penyakit, lansia bisa mengalami depresi yang membuat mereka semakin sulit untuk sembuh. 

Musik sangat kuat karena membawa kenangan tentang kehidupan yang dijalani dengan baik. Orang tua lebih mungkin untuk mengingat semua kenangan dengan kasih sayang saat mengalami depresi karena mengalihkan pikiran mereka dari penyakit. 

Kenangan ini dibawa oleh lagu dan instrumental membantu mengurangi depresi pada manula . Setelah musik seumur hidup, mereka cenderung memiliki soundtrack masa lalu mereka yang membuat mereka merasa hidup kembali. 

5. Mengurangi Gejala Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental serius yang mempengaruhi kurang dari satu persen populasi. Ini menyebabkan gejala kronis seperti halusinasi, pemikiran yang tidak teratur, dan perilaku yang tidak memungkinkan fungsi normal sehari-hari. 

Terapi musik telah terbukti mengurangi gejala skizofrenia. Dokter menggunakan musik sebagai cara untuk mengkomunikasikan konsep dan perasaan dengan pasien.

Studi menunjukkan bahwa pasien menunjukkan peningkatan interaksi sosial setelah sesi dengan musik. Kekuatan musik adalah memungkinkan mereka mengalami konsep yang tidak dapat mereka pahami melalui kata-kata saja. 

Baca juga: Walikota Selalu Ingatkan Agar Lakukan Prokes Walaupun Permasalahan Covid-19 Melandai

4. Terapi Saat Melahirkan

Kontraksi saat melahirkan dapat dikurangi dengan bantuan lagu dan instrumental. Wanita hamil harus berusaha membuat daftar putar dengan lagu-lagu yang memiliki riwayat mengurangi stres mereka.

Musik yang tepat membantu menenangkan pikiran dan mengatur pernapasan. Ini menciptakan persalinan yang lebih sehat bagi ibu dan bayi.

Musik yang lembut dan lebih tenang adalah pilihan terbaik di ruang bersalin asalkan cukup keras untuk meredam suara dari tempat lain di gedung. Headphone kedap suara juga merupakan pilihan saat mencari cara untuk meredam kebisingan dan hanya fokus pada pernapasan melalui kontraksi. 

3. Mengendurkan Otot Yang Tegang

Saat lagu favorit Anda diputar, kewaspadaan Anda turun. Ini karena musik membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.

Ini adalah salah satu bentuk penghilang stres terbaik karena menggantikan apa pun yang Anda pikirkan dengan lirik sebuah lagu. Pilih musik dengan pesan positif untuk merangsang Anda ketika Anda merasa stres.

Lirik yang menempatkan Anda dalam suasana hati yang buruk dapat memiliki efek sebaliknya pada akhir hari yang berat. Hal yang sama berlaku untuk lagu yang membawa kenangan buruk.

Siapkan daftar putar favorit Anda saat Anda pulang kerja setiap hari agar Anda siap untuk istirahat malam yang nyenyak. Biarkan daftar putar Anda melambat dalam tempo saat daftar putar berlangsung untuk mulai memperlambat pernapasan Anda agar sesuai dengan ritme lagu. 

2. Meningkatkan Fungsi Motorik

Pasien dengan Penyakit Parkinson menggunakan musik untuk meningkatkan keterampilan motorik. Studi menunjukkan pasien bergerak lebih cepat dan lebih bahagia dengan terapi musik.

Ahli saraf mengasosiasikan peningkatan motivasi untuk bergerak dengan memori otot. Orang dengan Parkinson harus berusaha keras untuk bergerak selama terapi fisik hanya untuk berpindah dari satu sisi ruangan ke sisi lainnya.

Musik yang dimainkan selama sesi terapi mengalihkan pikiran mereka dari detail berjalan dan malah memungkinkan mereka untuk fokus pada kesenangan. Otot-otot mereka sudah memiliki memori mekanisme berjalan sehingga tidak sulit untuk kembali ke ritme yang sudah dikenal.

Tren ini mirip dengan kemampuan orang tua untuk sembuh lebih baik saat mereka bahagia daripada saat mereka depresi. Perasaan yang baik mendorong tubuh untuk berbuat lebih baik.

1. Mendorong Untuk Menari

Manfaat utama mendengarkan musik adalah mendorong tarian. Menari adalah salah satu bentuk terbaik untuk menghilangkan stres, membangun ikatan dengan orang lain dan tetap aktif. 

Anda mungkin tidak dapat berlari sejauh 10 menit, tetapi kebanyakan orang dapat bergerak di lantai dansa selama berjam-jam jika diberi lagu yang tepat. Musik membawa Anda melampaui keterbatasan fisik normal Anda memberi Anda dorongan dopamin tidak seperti yang lain.

Tren kebugaran populer sekarang mencakup hal-hal seperti Zumba dan Buti Yoga yang mengajarkan Anda rutinitas menari yang menyenangkan.

Menari dengan musik menyatukan teman, keluarga, dan orang asing. Saat Anda keluar di bar menikmati spesial happy hour, musik yang Anda dengar di latar belakang dapat menginspirasi Anda untuk membuat hubungan cinta dengan orang di sebelah Anda atau memulai saluran conga. 

Kekuatan Musik

Kebanyakan orang menganggap musik hanya sebagai hiburan. Ini adalah cara yang menarik untuk menghilangkan stres dengan orang-orang di sekitar Anda dengan apakah Anda mengenal mereka atau tidak.

Tetapi kekuatan musik adalah bahwa ia tidak mengklaim sebagai satu hal. Ini menyembuhkan, menyenangkan dan melampaui bahasa. 

Gunakan musik untuk tujuan sebanyak yang Anda inginkan. Ini dapat meningkatkan kehidupan Anda pada tingkat yang lebih tinggi daripada kebanyakan perawatan lain yang dapat dibeli dengan uang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here