16 Konsep EV Yang Diperlihatkan Oleh Toyota, Bukti Keseriusannya Capai Target Nol Persen
16 Konsep EV Yang Diperlihatkan Oleh Toyota, Bukti Keseriusannya Capai Target Nol Persen

Keraguan dari beberapa pihak telah dijawab oleh Toyota terkait langkahnya dalam menyambut era baru dalam teknologi kendaraan listrik. Tak hanya satu kendaraan saja yang ditampilkan oleh Toyota pada hari selasa 14 Desember 2021 lalu, melainkan ada 16 kendaraan yang mengusung konsep masa depan berteknologi EV.

Akio Toyoda selaku Presiden Toyota Motor Corp. mengatakan jika dimasa depan showroom Toyota akan menampilkan line up yang seperti ini. Tak hanya satu tapi seluruhnya baik itu kendaraan kecil, sedan maupun SUV mengusung teknologi elektrik.

Diungkapkan pula jika strateginya yang digunakan agar mencapai netralitas karbon, khusus kendaraan yang mengusung baterai elektrik. Dengan hadirnya beragam model kendaraan berteknologi elektrik tersebut menjadi titik terang dari Toyota untuk dapat memenuhi kebutuhan dari para konsumen yang membutuhkan beragam jenis kendaraan.

Kemudian terdapat 2 kategori kendaraan listrik yang berpegang kepada energi yang digunakannya seperti carbon reducing vehicle. Yang berarti kendaraan tersebut mengusung energi sebagai penggerak namun masih menghasilkan CO2, walaupun berteknologi listrik tetapi tak tergolong kendaraan zero emission.

Yang berikutnya ialah Carbon neutral vehicle. Yang mana kerja kendaraan tersebut dengan energi bersih sehingga seluruh prosesnya mendapatkan nol emisi.

Baca Juga : Dimulainya Produksi All New Honda BR-V Di Karawang

Produk Toyota dengan model bZ (beyond Zero) merupakan produk yang mengusung baterai EV. Masih memberikan kebebasan dalam bergerak serta fun to drive pada setiap modelnya. Dengan tujuan tak hanya untuk mengurangi emisi CO2 dengan dampak buruk lain menjadi nol, melainkan tujuan lainnya lebih dari itu, seperti yang dikatakan Akio.

Toyota pula mengungkapkan bZ4X, dari konsep tersebut dikerjakan bersamaan dengan Subaru yang hadir pada pasar SUV yang memberikan kebebasan saat bermanuver pada semua kondisi jalan. Model tersebut dirakit di pabrik Motomachi dan akan diluncurkan pada tahun depan.

Terdapat dua model konsep dengan gaya SUV serta SUV kompak sebagai jawaban dari kebutuhan untuk pasar SUV yang kian berkembang. Toyota pula mengedepankan ukuran seperti yang diterima dari berbagai pasar yang ada di seluruh dunia kemudian untuk menciptakan produk yang terjangkau.

Ukuran baterai juga mengecil tentunya sesuai dengan ukuran kendaraan yang kecil pula. Konsentrasi Toyota ada pada tenaga yang efisien sebagai penggerak kendaraan listrik dan mampu menempuh jarak yang panjang. Konsumsi 125 watt-hour/km menjadi incaran oleh Toyota yang akan diterapkan pada model SUVnya.

Model konsep SUV yang besar dengan penempatan 3 baris tempat duduk dan juga sedan sporty juga diperlihatkan, dengan harapan para konsumen yang ada di seluruh dunia mendapatkan pilihan yang diberikan oleh Toyota. Pastinya dengan desain yang indah serta unik dan juga memberikan fun to drive.

Ada lebih dari 100 model kendaraan konvensional yang Toyota tawarkan pada saat ini, seperti plug in hybrid, hybrid dan juga fuel cell electric vehicle paa 170 negara bahkan lebih. Bahkan lexus telah memperkenalkan 30 model kendaraan konvensionalnya yaitu plug in hybrid dan hybrid electric vhicle di lebih dari 90 negara sera kawasan. Rencana Toyota pula untuk memperkenalkan 30 baterai EV di tahun 2030 secara menyeluruh baik untuk kendaraan niaga maupun penumpang.

Dari berbagai mobil konsep tersebut beberapa diantaranya ada yang terlihat menarik perhatian seperti pada konsep Lexus RZ yang hadir dengan bentuk sporty dan jarak yang mampu ditempuh mencapai 700 km yang mengusung Sport Battery EV. Kemudian dikembangkannya BEV sport yang memberikan kesenangan berkendara dengan performa yang maksimal seperti pada produk LFA sang legendaris.

Harapan dari Toyota pula untuk dapat menjualnya secara global di tahun 2030 dengan angka 3,5 juta kendaraan. Target dari Lexus sendiri ditahun yang sama bisa memberika kendaraan listrik 100% untuk pasar Eropa, Amerika Utara dan juga China dengan angka penjualan 1 juta unit.

Investasi yang sudah dikeluarkan oleh Toyota hampir mencapai 1 triliun yen dan memakan waktu lebih dari 26 tahun lamanya kemudian sudah memproduksi 19 juta baterai. Toyota juga percaya pengalaman yang didapat pada bidang kendaraan listrik merupakan modal penting pada pasar yang semakin terlihat kompetitif pada masa yang akan datang. Toyota pula akan meningkatkan 2 triliun yen baterai untuk kendaraan listrik sehingga mampu tampil lebih canggih, lebih terjangkau dan pastinya berkualitas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here