Gandeng PT BLM, Piaggio Commercial Indonesia Hadirkan Bajaj Berteknologi Listrik
Gandeng PT BLM, Piaggio Commercial Indonesia Hadirkan Bajaj Berteknologi Listrik

Menggandeng pihak distributor resmi PT BLM (Bagaskoro Mega Langgeng), PCI (Piaggio Comercial Indonesia) telah resmi meluncurkan kendaraan beroda 3 dengan mengusung teknologi listrik di showroom flagship milik Piaggio Commercial,Carsworld Building Lt.1 Sunburst, BSD, Tangerang Selatan pada hari selasa 14 Desember lalu.

Hadir dengan 2 tipe Piaggio Ape Electric, yaitu E-City yang didesain untuk membawa penumpang dan juga E-Xtra dikhususkan untuk Cargo dan Box. Perbedaan antara keduanya ada pada dimensi, kapasitas baterai, desain dan juga tempat duduk.

Baca Juga : Lahirnya Motor Klasik BSA Gold Star 650, Mampukah Tandingi Royal Enfield

Kristianto Goenadi selaku Presiden dari PT BLM mengatakan, hadirnya 2 kendaraan berbasis elektrik tersebut menjadi bukti keikutsertaannya dalam mensukseskan program pemerintah soal EV dan juga memberikan produk produk terbaiknya.

Memiliki desain yang tak asing dengan bajaj terdahulunya, hanya saja kini hadir lebih modern dan juga fungsional.

Untuk tempat duduknya sendiri dapat diisi oleh 4 orang yang mana 1 pengemudi dan 3 lainnya adalah penumpang pada bangku bagian belakang. terdapat pula bagasi pada bagian belakang untuk tempat barang bawaan.

Berbekal baterai Lithium-Ion dengan kapasitas 48V 7,5 kWh, tenaga yang dapat dihasilkan hingga 5,4 kW pada 3.500 rpm dengan torsinya 29 Nm. Dimensinya, panjang kendaraan 2.700 mm dengan lebar 1.370 mm serta tingginya mencapai 1.725 mm. jarak sumbu antara rod 1.920 mm dengan ground clearance 200 mm. Dengan baterai berat secara keseluruhan mencapai 689 kg.

Kendaraan tersebut mampu berjalan hingga 90 km dengan baterai terisi penuh. Dari 20 % pengecasan hingga 100% memakan waktu 3,5 jam.

Lampu depan pada Piaggio Ape E-City mengusung halogen tipe Blue Vision yang dikatakan tahan lama dan lebih terang pula. Disematkan pula fitur Hill-Hold Assist, dermaga pengisian gawai, pengereman regeneratif dan perangkat konektifitas yang bernama I Connect.

Dibanderol dengan harga Rp. 115 jut OTR. Yang mana sudah termasuk juga BPKB, STNK serta plat nomor kendaraan.

Piaggio Ape E-Xtra

Untuk produk berikutnya adalah Piaggio Ape E-Xtra berfungsi untuk mengangkut barang. Memiliki ukuran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan E-City dikarenakan beban kerjanya yang lebih berat pula.

Gandeng PT BLM, Piaggio Commercial Indonesia Hadirkan Bajaj Berteknologi Listrik
Gandeng PT BLM, Piaggio Commercial Indonesia Hadirkan Bajaj Berteknologi Listrik

Didukung dengan baterai berkapasitas 51,2V 8kWh yang dapat menghasilkan tenaga hingga 9,55 kW pada 3.500 rpm dengan torsi 45 Nm. Panjang baknya 180 hingga 200 cm dengan lebar 135 cm (Box) dan 150×80 cm (Pickup)

Secara keseluruhan panjangnya adalah 3.315 mm dengan lebar 1.490 mm serta tingginya 1.170 mm. ground clearancenya 220 mm dan wheelbase di 2.100 mm. berat keseluruhannya 975 kg termasuk baterai.

Fiturnya sendiri tampak identik dengan Piaggio Ape E-City yaitu konktivitas I Connect, power outlet, Hill-Hold Assist, tombol emergency kelistrikan, pengereman regeneratif dan juga lampu Blue Vision untuk bagian depannya.

Untuk keduanya menggunakan penggerak otomatik, terdapat gigi mundur dan juga mode boost yang bisa memberikan tenaga ekstra saat melintasi tanjakan. Tersedia pula wiper untuk kaca depan.

Sangat disayangkan, kendaraan tersebut tak dilengkapi dengan sabuk pengaman dan pengereman ABS. Kecepatan puncak yang dimiliki kedua jenis kendaraan tersebut hanya mencapai 45 km/jam.

Untuk Piaggio Ape E-Xtra dibanderol dengan harga Rp. 125 juta untuk tipe Pick Up dan juga Rp.131 juta untuk pilihan Box. Dan surat Izin Mengemudi untuk jenis kendaraan tersebut hanya cukup menggunakan SIM C.

Unit tersebut sudah dapat dipesan dan perkiraan rencana pengiriman akan dilaksanakan pada bulan Januari 2022 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here