Dangmerdu – Dinas Perhubungan (Dishub) Wilayah Kota Pekanbaru saat ini sudah menerima 7 dari sejumlah total aset  jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berasal dari pihak pengelola swasta. Adapun dari 4 aset JPO lainnya ini masih dalam proses hibah.

Sesuai dengan Permendagri Nomor 19, Tahun 2016, yakni tentang pedoman dalam pengelolaan barang milik daerah, Bab XI, pemanfaatan barang milik daerah sesuai dengan pasal 114 dan 155, menjelaskan bahwa dalam jangka waktu pemanfaatan barang milik daerah ini paling lama lima tahun, yakni sejak ditandatanganinya perjanjian dan perjanjian ini dapat diperpanjang.

“Jadi saat itu totalnya ada 11 JPO yang sudah dibangun oleh pihak ketiga, dan juga ada perjanjian dengan pemko pekanbaru, bahwa setelah habisnya masa perjanjian itu, JPO ini akan diserahkan ke Pemko Pekanbaru sejumlah dari 11 JPO tersebut, dan 7 JPO sudah dihibahkan ke Pemko Pekanbaru, berarti saat ini ada 4 JPO yang belum dihibahkan,” ujar Kabid Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru Bapak Adi Lesmana, pada Jumat (10/12).

Adi juga menjelaskan, bahwa proses dari penyerahan terhadap aset ini yaitu dari pihak ketiga senantiasa harus memberikan surat hibah dulu kepada Pemko Pekanbaru, lalu kemudian ke Walikota, dan setelah menerima hibah tersebut, maka akan terbit SK dan ini di serahkan ke Dishub guna menjadi aset pemerintah kota.

Baca juga: Data Dari Dinas Pendidikan Pekanbaru Ada 30.000 Pelajar Yang Sudah Divaksin

“Tujuh JPO yang sudah diserahkan itu sekarang sudah menjadi milik aset Pemko Pekanbaru. Kalau yang empat itu, kendalanya adalah mereka yang saat ini sudah melakukan perjanjian dengan pemko pekanbaru belum memberikan surat hibahnya ke Pemko, dan kita juga sudah menyurati beberapa kali, namun saat ini belum ada balasannya” jelasnya.

Dari empat titik yang saat ini belum diserahkan ke Pemko, yaitu di antaranya ialah di Jalan Tuanku Tambusai di depan Hawai dan di Simpang Jalan Kuau. Satu aset lagi ada di Jalan Sudirman dekat Modelux. Sementara yang satu aset lagi, Adi menyebutkan tidak ingat.

“Untuk titiknya saya kurang tau pasti, tapi antaranya itu berada di Jalan Nangka dekat simpang Pepaya di depan Hawai, kemudian lagi di Jalan Sudirman berada di Depan Modelux,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here