Lahirnya Motor Klasik BSA Gold Star 650, Mampukah Tandingi Royal Enfield
Lahirnya Motor Klasik BSA Gold Star 650, Mampukah Tandingi Royal Enfield

Kabar dari bangkitnya kembali BSA (Birmingham Small Arms) Motorcycles bukan lah isapan jempol, merek legendaris yang berasal dari Inggris tersebut tak lagi ada di tangan Classic Legends Private Ltd, anak dari perusahaan Mahindra Group. Dengan adanya peluncuran ulang Gold Star 650 menjadi pertanda dari kembalinya Birmingham Small Arms atau yang di singkat dengan BSA ke dunia roda dua. Yang mana motor tersebut dipamerkan di Motorcycle Live Show di Birmingham, Inggris pada tanggal 4 sampai dengan 12 Desember 2021 yang lalu.

Ashish Singh Joshi selaku Direktur BSA Company Ltd mengatakan jika menurutnya BSA Gold Star yang baru tak hanya sebuah sepeda motor, melainkan sebuah perjalanan yang mana telah membawa BSA untuk kembali dengan rasa penuh semangat. Supaya Gold Star 650 baru tetap otentik, perancangan dan juga perekayasaannya dilakukan di Inggris. Sepeda motor tersebut merupakan penggabungan dari DNA BSA namun tetap menjadi Gold Star yang memang sesuai berdasarkan garis keturunannya.

Baca Juga : Kerjasama White Motorcycle Concepts Dengan Kepolisian, Ciptakan Yamaha Tricity Berjantung Hibrida

Mesin yang dikemas untuk Gold Star baru mengusung mesin dengan kapasitas silinder tunggal 652 cc, 4 valves, DOHC, Liquid cooled. Untuk dapur pacunya itu sendiri dikembangkan oleh BSA yang dibantu oleh Austrian Technical University of Graz. Pada jantung mekanisnya dapat menghasilkan output tenaga hingga 45 Hp di 6.000 rpm dan juga 55 Nm pada 4.000 rpm. Didukung oleh gearbox dengan 5 Speed dan juga assist dan slipper clutch.

Upaya dari BSA agar daya tarik klasiknya tetap terjaga dan utuh, sehingga membuat Gold Star baru sebuah kapsul waktu. Yang memadu padankan antara intervensi dari teknologi kontenporer dengan tampilan tradisional. Model terdahulunya yang menjadi inspirasi untuk diterapkan sebagai wujud dari model terbarunya kini, yang telah diproduksi sejak tahun 1939 sampai dengan 1963. Hadir dengan mengusung bingkai double-cradle, roda soked dan desain yang dibawakannya pun langsung dituangkan dari aslinya. Dan jika dari keduanya disandingkan, maka akan terasa sulit untuk membedakan antara kedua Gold Star tersebut, hal terebut lah merupakan suatu pencapaian yang sangat mengesankan.

Lahirnya Motor Klasik BSA Gold Star 650, Mampukah Tandingi Royal Enfield
Lahirnya Motor Klasik BSA Gold Star 650, Mampukah Tandingi Royal Enfield

Untuk menghadirkan tampilan gemuknya, BSA Gold Star 2022 menghadirkan velg 18 inci pada bagian depan dan 17 inci pada bagian belakangnya. Kemudian dibalut dengan ban Pirelli Phantom Sportcomp. Mewarisi lencana klasik dan juga ukiran cross-gun yang masih dipertahankan. Dengan bagian kursi yang datar vintage yang terlihat empuk dan nyaman mengingatkan kita pada BSA di masa yang lalu.

Urusan pengereman dihandle oleh Brembo yang mengusung cakram tunggal pada bagian depan berukuran 320 mm kemudian diapit dengan kaliper dua piston pada bagian depan. Disk pada bagian belakang berukuran 255 mm dengan kaliper tunggal yang masih menggunakan Brembo pula. Kemudian sudah disematkan ABS dengan dua saluran. Pada suspensi bagian depan memakai model konvensional dengan diameter 41 mm, sedangkan pada bagian belakangnya didukung oleh twin shock absorbers menggunakan 5 step adjustable preload.

Tak banyak disuguhkan untuk urusan teknologinnya memang, dikarenakan pabrikan masih menginginkan Gold Star baru masih tampil sesuai dengan model awalnya. Hanya saja sistem immobilizer dan juga soket USB, kemudian speedometer yang digunakan juga analog individual dengan unit tachometer yang menggunakan layar LCD multi fungsi.

Hadir dengan 4 varian warna untuk Gold Star 650 yaitu, Midnight Black, Insignia Red, Dawn Silver dan juga Highland Green. Tetapi belum diketahui unit tersebut akan dibanderol dengan harga berapa. Walau begitu, tak sedikit yang berharap jika produk tersebut dapat dijual dengan hara £5000 – £6000  atau setara dengan Rp 94 juta – Rp 113 juta. Yang mana artinya 650 twin dari Royal Enfield merupakan saingan dari Gold Star 650.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here