Dagmerdu – Spam email adalah gangguan waktu yang luar biasa, dan dapat menghabiskan waktu kerja yang berharga ketika Anda selalu berurusan dengannya. Sangat melelahkan untuk mengarungi kotak masuk yang berantakan, terutama ketika semuanya sampah. 

Tapi, jangan menerima ini sebagai masalah yang tak terhindarkan. Ada beberapa cara untuk mengurangi spam dan membersihkan kotak masuk Anda. Untuk menghemat kerumitan, lihat sepuluh tips ini untuk mengurangi spam!

1. Gunakan Junk Email Tool

Sebagian besar layanan email menawarkan filter email sampah, yang secara otomatis menyaring email masuk untuk kemungkinan spam. Jika ia yakin email itu sampah, itu akan memasukkannya ke folder sampah, dan tidak akan muncul di kotak email umum Anda.

Filter biasanya cukup akurat; tetapi, ada kalanya mungkin melewatkan sesuatu atau secara tidak sengaja memasukkan email non-sampah ke dalam sampah. 

Jika Anda tidak memiliki filter email sampah, jangan buka spam. Hapus saja. Banyak pengirim menggunakan piksel kecil untuk melacak email yang dibuka. Dengan membuka dan melihat spam, Anda dapat meningkatkan jumlah spam mendatang yang Anda terima.

2. Berhati-hatilah Dalam Memberikan Alamat E-mail 

Jangan berikan alamat email Anda kecuali benar-benar diperlukan. Berhati-hatilah saat memposting alamat email Anda di situs web publik, papan buletin, atau tempat lain di mana siapa pun dapat dengan mudah melihatnya. 

Perlakukan alamat email Anda sebagai informasi pribadi. Ingatlah bahwa setiap kali Anda memposting alamat email Anda, Anda meningkatkan kemungkinan menerima spam. 

3. Gunakan Email Sekali Pakai

Akan ada saat-saat di mana alamat email diperlukan untuk membeli sesuatu atau untuk berpartisipasi dalam suatu acara. Jika Anda tidak ingin menerima email di masa mendatang, gunakan email sekali pakai. 

Email sekali pakai adalah alamat yang tidak Anda gunakan secara aktif untuk penggunaan pribadi atau profesional. Ini menjadi email “sampah” Anda yang tidak perlu sering Anda periksa. Plus, Anda dapat membuat lebih dari satu jika Anda merasa kelebihan beban. 

4. Gunakan Filter Anti-Spam Pihak Ketiga 

Filter anti-spam sangat bagus karena dapat menghemat banyak waktu. Filter anti-spam pihak ketiga dapat menyaring email masuk sebelum Anda menerimanya dan hanya akan mengirim email kepada Anda yang lulus uji spam. 

Kabar baiknya adalah banyak suite keamanan sudah memiliki filter anti-spam bawaan.

Dan jika Anda tidak yakin berapa banyak spam yang Anda miliki di kotak masuk Anda, pastikan Anda memeriksa layanan pengujian spam kotak masuk ini.

5. Review Kebijakan Privasi di Situs Web 

Ini adalah cara penting untuk mencegah spam yang sering diabaikan. Sebelum memasukkan alamat email untuk situs web, Anda harus meninjau kebijakan privasi situs web.  

Anda harus memperhatikan bagian “syarat dan ketentuan”, “pernyataan privasi”, dan “syarat penggunaan”. Lihat apakah situs web tersebut membagikan alamat email dan bagaimana mereka menggunakan informasi pribadi. 

Baca juga: Jenis Situs Web Yang Paling Umum

6. Gunakan Filter Spam Anda 

Melatih folder spam Anda cukup mudah dilakukan; itu hanya membutuhkan konsistensi. Setiap kali Anda menemukan spam di kotak masuk Anda, beri tahu klien email Anda bahwa itu adalah spam sebelum Anda menghapusnya. 

Banyak layanan email yang menyediakan tombol “ laporkan spam” , atau yang serupa. Seiring waktu filter spam Anda akan mengenali pesan-pesan ini dan secara otomatis menyaringnya sebagai spam. 

Anda juga dapat melakukan ini dengan cara lain untuk mencegah positif palsu. Sesekali, buka folder sampah atau spam Anda dan laporkan email yang bukan spam. Ini akan membantu melatih filter Anda agar lebih akurat. 

7. Perhatikan Checked Box Berlanggan Buletin

Perhatikan kotak yang sudah dicentang setiap kali Anda membeli sesuatu secara online. Ini adalah cara licik yang berusaha memancing Anda untuk mendaftar ke buletin dan email di masa mendatang. 

Terkadang kotak ini juga menunjukkan bahwa Anda mengizinkan alamat email Anda untuk dibagikan atau dijual dengan pihak ketiga. Pastikan kotak-kotak itu selalu tidak dicentang.

8. Jangan Membeli Barang Dari Spammer 

Apa pun yang terjadi, jangan pernah membeli barang dari spammer. Ini mendorong mereka untuk mengirimi Anda lebih banyak spam, dan juga menempatkan Anda pada risiko malware. 

Karena membeli barang secara online memerlukan memasukkan informasi pribadi, Anda dapat membahayakan keamanan Anda dan menempatkan komputer Anda pada risiko infeksi virus. 

9. Jangan Balas Spam

Kecuali Anda mengenal dan mempercayai pengirimnya, Anda tidak boleh membalas spam. Itu tidak membantu, dan itu hanya akan mengkonfirmasi bahwa alamat email Anda aktif. Bahkan jika Anda membalas untuk berhenti berlangganan, kemungkinan besar Anda hanya akan menambah jumlah spam yang Anda terima dari pengirim tersebut. 

Anda juga tidak boleh mengklik tautan atau mengunduh file dari email yang Anda curigai sebagai spam. Ini menempatkan Anda pada risiko malware dan virus. 

10. Ubah Alamat Email Anda

Cara terakhir untuk mengurangi spam adalah dengan mengubah alamat email Anda. Anda harus mempertimbangkan ini hanya jika spam telah menjadi luar biasa dan tidak dapat dikelola. Jika Anda telah memberikan banyak alamat email Anda dan jika sebelumnya Anda telah membalas spam, ini mungkin pilihan terbaik Anda. 

Namun, ini bukan solusi yang mudah, jadi ini dianggap sebagai opsi terakhir setelah Anda mencoba yang lainnya. Ini adalah cara paling efektif untuk mengurangi spam Anda, tetapi Anda harus memberi tahu semua kontak Anda tentang perubahan baru. 

Sekarang Anda Tahu Cara Mengurangi Spam

Meskipun sulit untuk 100 persen mengurangi spam, sepuluh tips ini akan membantu Anda membatasi jumlahnya secara drastis. Mengontrol spam menghemat waktu dan membantu mengatur kotak masuk Anda untuk kontak dan email yang sah. 

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk memilah-milah spam benar-benar membuang waktu Anda, dan Anda tidak boleh menerimanya. Cobalah beberapa tips ini dan mulailah mengurangi spam Anda hari ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here