Dangmerdu – Di bawah ini adalah tujuh 7 tips pemasaran Instagram yang telah dicoba dan diuji yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan skala bisnis kecil Anda.

1. Fokus pada Gaya Hidup dan Perjalanan Pelanggan

Sebagian besar pengguna Instagram lebih tertarik pada posting berbasis gaya hidup yang berseni. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda harus ikut serta jika ingin menarik perhatian ke produk atau layanan Anda. Posting Anda harus ditangkap dengan cara yang mentah dan kreatif yang melibatkan pemirsa Anda.

Cerita Anda harus menampilkan momen di balik layar seperti testimoni pelanggan, foto candid gedung kantor Anda, dan bahkan proyek berbasis advokasi.

Untuk membuat pembaruan Instagram Anda lebih menarik, Anda harus mengandalkan fotografi gaya hidup untuk mempromosikan produk dan layanan Anda. Ini berarti Anda harus menunjukkan kepada pelanggan Anda bagaimana produk atau layanan Anda bekerja di lingkungan yang mereka inginkan. Ini membantu memberi mereka petunjuk tentang apa yang diharapkan setelah mencari layanan Anda atau membeli produk Anda.

Terlebih lagi, ini membantu membangun ikatan emosional dengan calon pelanggan, meningkatkan peluang mereka untuk terlibat dengan bisnis Anda.

2. Gunakan Hashtag dengan Bijak

Ingin posting Instagram Anda memiliki lebih banyak keterlibatan?

Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan tagar yang relevan. Postingan dengan hashtag cenderung memiliki lebih banyak interaksi dari pengguna Instagram daripada postingan yang tidak menyertakannya. Tagar akan membantu Anda meningkatkan optimasi posting Anda, meningkatkan tingkat penemuan oleh pengguna.

Saat Anda menggunakan tagar di Instagram, Anda harus memastikan Anda melihat kinerjanya sebelum melakukannya. Anda dapat mencari tagar spesifik Anda, memantau kinerjanya saat Anda memasukkannya ke dalam posting Anda. Untuk memastikan hastag Anda berkinerja baik, tagar harus mudah dibaca dan berisi setidaknya delapan hingga sepuluh karakter.

3. Pasang Teaser Produk

Instagram adalah tempat yang tepat untuk mengiklankan layanan dan produk Anda. Tetapi jika Anda terlalu memaksa dengan iklan pemasaran media sosial Anda, pengikut Anda akan merasa kewalahan dan jatuh seperti lalat. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memainkan kartu Anda dengan benar dan menggunakan postingan penggoda produk untuk meningkatkan kegembiraan pelanggan, tanpa terlihat seperti Anda berusaha terlalu keras.

Anda dapat menggoda pengguna dengan citra menawan dari layanan dan produk Anda, dan bahkan diskon.

Saat Anda menggoda calon pelanggan Anda tentang produk dengan cara ini, sementara tidak mendorong mereka untuk membeli apa pun, mereka cenderung mengambil inisiatif dan benar-benar melakukan pembelian. Jika mereka tidak ingin melakukan pembelian, mereka setidaknya dapat terlibat dengan postingan Anda dengan mengomentarinya, menyukainya, atau membagikannya dengan orang yang dicintai.

Baca juga: Pengembangan Danau Bandar Kayangan, Anggaran Diperkirakan Sekitar Rp 10 Miliar

4. Bermitra dengan Influencer untuk Jangkauan yang Lebih Luas

Apakah Anda ingin menjangkau calon pelanggan Anda di Instagram dengan cepat? Pertimbangkan untuk menambahkan pemasaran influencer ke strategi pemasaran Instagram Anda. Kebanyakan orang mempercayai orang berpengaruh yang mereka ikuti, dan lebih suka membeli layanan dan produk yang mereka lihat di feed mereka.

Karena influencer sudah memiliki banyak pengikut, Anda dapat menangkap klien potensial dengan membiarkan mereka mengiklankan produk dan layanan Anda. Jika Anda mengiklankan bisnis Anda di halaman Instagram influencer dengan sekitar 400 ribu pengikut, itu berarti merek Anda baru saja mengekspos dirinya ke ribuan pelanggan potensial.

Untuk memulai kampanye pemasaran digital ini, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan layanan dan produk Anda. Terlepas dari keuntungan jangka pendek dan penjualan langsung, Anda dapat membangun kesadaran merek yang langgeng dengan audiens baru jika Anda membangun hubungan dengan influencer Anda.

5. Gunakan Instagram Live dan Cerita

Jika Anda ingin menghasilkan prospek, Instagram Live dan Stories dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. Sementara cerita Instagram datang dalam format “slideshow” yang muncul di bagian atas umpan berita hanya selama 24 jam, Instagram Live memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara real-time dengan pengikut Anda.

Anda dapat menggunakan cerita untuk menangkap postingan di balik layar tentang bisnis kecil Anda. Konten yang Anda posting di sini tidak harus selaras dengan estetika merek Anda. Ini memudahkan Anda bereksperimen dengan berbagai jenis konten, termasuk foto, video pendek, bumerang, dan banyak lagi.

Jika Anda berkolaborasi dengan influencer atau merek lain, Anda dapat menandai akun mereka di cerita Anda.

Adapun Instagram Live, Anda dapat memiliki komunikasi dan umpan balik instan dengan audiens Anda jika Anda mengubah komentar itu sendiri. Anda dapat menggunakannya untuk pergi ke belakang layar dan memamerkan proses kreatif Anda, menjalankan tanya jawab, atau melakukan wawancara.

6. Gunakan Link di Bio

Ingin memandu pengikut Anda ke situs web Anda? Karena Instagram tidak mengizinkan tautan yang dapat diklik dalam teks postingan, mungkin sulit untuk  memasarkan situs web Anda .

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Instagram memungkinkan Anda untuk menambahkan hyperlink ke bagian bio di dalam profil Anda. Anda dapat menempatkan tautan ke beranda situs web Anda atau tautan tentang promosi, pendaftaran, dan acara terkini.

7. Lacak Metrik Instagram Anda

Anda tidak dapat meningkatkan strategi pemasaran Instagram Anda kecuali Anda tahu bagaimana kinerja halaman dan postingan Anda. Memiliki hasil yang terukur membantu Anda mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak. Anda dapat mulai dengan melacak tingkat pertumbuhan pengikut Anda.

Ini membantu Anda melihat bagaimana postingan Anda memengaruhi banyak hal.

Juga, pastikan Anda mengukur tingkat keterlibatan Anda, termasuk suka dan komentar Anda. Anda perlu mengetahui tingkat keterlibatan rata-rata setiap posting dan persentase keterlibatan rata-rata dari total pengikut Anda. Jika Anda memiliki sedikit pengikut, tingkat keterlibatan Anda harus lebih tinggi.

Selain itu, pastikan Anda melacak rasio klik-tayang URL Anda. Ini mengharuskan Anda memiliki tautan di bio Anda. Ini membantu Anda mengetahui berapa banyak orang yang kembali ke situs web Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here