Dangmerdu – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru langsung menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini bisa diperoleh dikarenakan dalam tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang baik, yakni bersifat transparan dan akuntabel dalam periode lima tahun terakhir.

“Saya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua jajaran atas diraihnya prestasi WTP sebanyak lima kali berturut-turut. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kesemua instansi-instansi yang sudah bersinergi baik dalam membina setiap jajaran Pemko Pekanbaru, termasuk dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) dan juga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Riau yakni sebagai auditor yang langsung menilai,” ujar dari Walikota Pekanbaru Firdaus bertempat di Aula Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, pada Senin (6/12).

Bila kita ragu dalam mengambil sebuah kebijakan, Pemko Pekanbaru akan berkonsultasi langsung ke BPK Riau. Artinya, ada bimbingan non formal juga setelah memberikan penguatan yang baik dalam tata cara mengelola keuangan daerah, baik itu dana APBN yang akan disalurkan ke Pemko Pekanbaru dan juga dari pengelolaan APBD yang langsung berasal dari pendapatan asli daerah (PAD).

Intinya, dalam tata kelola dan pengelolaan keuangan ini harus selalu transparan dan akuntabel. Pemko Pekanbaru juga sangat berharap bisa membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya agar ekonomi kita tumbuh.

Baca juga: Pegawai Bapenda Ikuti Pelatihan Secara Virtual

“Dengan prestasi WTP ini, jajaran dari seluruh Pemko Pekanbaru jangan merasa cepat puas. Dikarenakan, kita ini hidup di dalam revolusi Industri yang selalu dinamis,” dikatakan Firdaus.

Makanya, Pemko Pekanbaru harus selalu bergerak cepat dan dapat menyesuaikan kebutuhan dari semua pelayanan masyarakat yang baik semakin berubah. Apalagi saat-saat di masa pandemi Covid-19 ini, dalam melayani masyarakat juga akan berubah.

Kesempatan yang sama juga, yakni Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJPb Riau Bapak Ismad Saputra menyampaikan, kepada semua pemerintah daerah yang saat ini memperoleh WTP belum tentu mendapatkan nilai yang sempurna. Tapi, dari nilai laporan keuangan Pemko Pekanbaru sudah sangat bagus.

“Meski begitu, saat ini ada beberapa area yang sangat perlu ditingkatkan oleh Pemko Pekanbaru terutama dalam masalah pengelolaan aset. Dari keseluruhan, dalam tata kelola keuangan daerah kita sudah mengikuti regulasi yang baik,” ungkapnya.

Namun, ada juga beberapa penyajian laporan keuangan yang saat ini juga perlu diperbaiki sedikit. Hal ini dinilai sangat wajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here