Masih Berupa Prototipe, Norton V4CR Hadir Dengan Wujud Café Racer
Masih Berupa Prototipe, Norton V4CR Hadir Dengan Wujud Café Racer

Northon Motorcycles yang berada dibawah kepemilikan TVS Motors India yang ingin membuktikan keseriusannya untuk mengembangkan sepeda motor kelas atas.setelah superbike V4SV rilis, pabrik yang berasal di Inggris tersebut kembali meluncurkan unit barunya. Tetapi untuk unit tersebut masih berupa prototipe, dengan jenis yang digunakan adalah café racer yang disebut pula V4CR.

V4CR merupakan produk pertama yang mana pembuatannya berada di kantor pusat global terbaru di Solihull, Inggris. DNA yang di ambil dari unit purwarupa tersebut adalah sprotbike Northon V4SV. Dengan fondasi yang tak berbeda hanya saja tanpa full fairing. Walaupun disebut sebagai café racer oleh Norton, tetapi formula yang dimilikinya tak jauh berbeda dengan streetfighter, dan tenaga juga handling superbike, gayanya pun sedikit eksentrik.

Baca juga : Mampukah Suzuki untuk Menghadirkan Mobil Listrik dengan Harga yang Terjangkau

Dikarenakan masih berupa prototipe, sehingga spesifikasi lengkapnya belum dapat diputuskan. Jika diambil dari spesifikasi pada V4SV, yang mana kendaraan tersebut akan di dukung dengan mesin 1.200 cc, V4 dan 72 derajat yang dapat menghasilkan tenaga hingga 185 hp pada 12.500 rpm dengan torsi yang dimiliki mencapai 125 Nm pada 10.000 rpm. Meski tak segagah para kompetitor lainnya seperti Ducati Streetfighter V4 (208 hp), baik spesifikasi maupun tata letak motor tersebut mampu mengalahkan Triumph Speed Triple RS yang mana mampu menghasilkan 177,5 hp dengan mesin triple 1.160cc yang dimilikinya.

Tak hanya itu saja, perubahan yang dimiliki lebih dari sekedar melepas fairing dari V4SV. Untuk mewujudkan tampilan café racer, lampu bagian depan yang sudah didukung LED dibalut dengan cover yang bundar yang memiliki penutup kecil pada bagian atasnya. Terdapat paket instrumen TFT pula dibaliknya. Unsur klasik masih terlihat dimana hal tersebut diadopsi warisan model sebelumnya, tetapi tak tampak ketinggalan zaman dengan disematkannya fitur terbaru.

Masih Berupa Prototipe, Norton V4CR Hadir Dengan Wujud Café Racer
Masih Berupa Prototipe, Norton V4CR Hadir Dengan Wujud Café Racer

Pada bagian ekor V4CR telah diukir ulang oleh Norton, yang menjadikannya tampil lebih keras jika dibandingkan dengan superbike. Dibuat intake udara baru oleh pabrikan dan juga penutup radiator sebagai pengganti panel samping, serta pada bagian perut bawah dibuat untuk menyembunyikan knalpot dan juga bagian tepi radiator. Disematkan pula garpu Ohlins dengan warna hitam yang berbeda dari V4SV yang berwarna emas.

Dari prototipe motor tersebut pula dilengkapi dengan panel bodi berbahan serat karbon pada bagian keseluruhannya. Masih sama pada bagian tangki bahan bakarnya denga V4SV dimana menggunakan bahan ringan namun kuat. Begitu pun pada bagian sasisnya. Menggunakan desai aluminium dengan tubular yang dilas TIG. Pada bagian belakangnya, kursinya lebih terlihat mirip dengan model terdahulu hanya saja tampil lebih pendek. Terlihat sekali jika pabrikan tak memberikan ruang untuk penumpang pada motor tersebut. Pada lengan ayunnya juga rangka aluminium billet yang juga dipoles, semua itu didesain agar dapat memberikan sikap agresif ketika berada di jalanan. Penggunaan rem Brembo dan juga Velg tempa Oz Racing pun diusung dari pendahulunya.

Berbeda pula dengan pesaingnya yang mengusung gaya streetfighter konvensional, contohnya Triuph Speed Triple, Ducati Streetfighter, KTM 1290 Super Duke R dan juga Kawasaki ZH2. Norton sendiri tak mengganti clip on superbike dengan palang yang lebih tinggi juga lebar. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan tampilan café racer yang memang diinginkan sehingga tangan pengendara tetap di posisi yang rendah.

Gambar yang ditampilkan sendiri sejauh ini tak terlihat full system yang ramah beserta batas emisi serta kebisingannya, hanya sebatas pipa knalpot track only. Untuk komponen laik jalan pun tak terlihat, seperti bracker pada plat nomor.

Belum pula diketahui seberapa cepat V4CR akan keluar dari status prototipe yang kemudian pindah ke tahap produksi. Jika di lihat dari banyaknya komponen yang diturunkan dari V4SV, dapat dipastikan jika proses tersebut tak akan memakan waktu yang lama. Tercium kabar pula jika V4CR akan debut pada acara Motorcycle Live yang akan hadir pada pekan ini di NEC di Birmingham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here