Siap-siap KTM 390 Adventure terbaru Akan Hadir Dengan Bebagai Penyegaran di Tahun 2022
Siap-siap KTM 390 Adventure terbaru Akan Hadir Dengan Bebagai Penyegaran di Tahun 2022

Walau absen pada EICMA ditahun 2021 bukan berarti KTM absen bula dalam melahirkan produk terbarunya, seperti baru-baru ini KTM telah menginformasikan bahwasanya mereka telah siap untuk merilis 390 Adventure model 2022nya. Terdapat pula beberapa penyegaran untuk versi terbaru, baik dari bagian desain , rangkaian elektronik hingga ke bagian roda. Tetapi untuk sejauh ini pihak pabrikan belum juga memberikan informasi terkait harganya dan kapan pula akan dirilis secara resmi ke pasaran.

Unduk debut pertama kalinya, KTM 390 Adventure hadir pada pasar global pada tahun 2020, dimana kehadirannya banyak menuai pujian. Dimana pujian tersebut di berikan terkait sebagai motor tualang dengan entry level yang paling off road. Sayangnya, hal tersebut tak berlaku pula untuk  karena ada 250 Adventure yang baru saja di rilis pada bulan lalu. Di tanah air 390 Adventure itu termasuk dalam kategori kelas menengah.

Untuk model terbarunya, mantan dari juara Baja Champ, Quinn Cody dan sang penjelajah dunia, Paolo Cattaneo turut berperan dalam mengembangkan spesifikasi pada 390 Adventure. Pada bagian suspensi, Cattaneo memberikan input terkait pegas dan juga berbagai pengaturan pada redaman. Tak hanya itu saja, masukan yang diberikan oleh kedua rider tersebut menjadikan motor adventure ringkas tersebut hadir membawakan tampilan yang lebih baru juga berbagai pembaruan yang telah dirancang sebagai peningkatan dari keserbagunaannya.

Baca juga : Jangan Sembarang Pilih, Berikut Cara Memilih Oli Yang Tepat Untuk Sepeda Motor

Tak jauh berbeda dengan motor yang akan dijadwalkan akan meluncur pada tahun 2022 mendatang, KTM 390 Adventure yang baru pun dibekali dengan mesin yang optimal yaitu Euro 5. Masih bertahan dengan mesin DOHC 373 CC, dengan empat katup dengan pendingin cairan, 1 silinder kemudian pula dapat menghasilkan 43 tenaga kuda di 9.000 rpm dengan torsinya 37 Nm di 7.500 rpm. Untuk translasi bukaan gasnya dilengkapi dengan sistem throttle by wire. Tersedia pula fitur quick shifter yang mana fungsinya dapat menaikkan dan juga menurunkan gigi. Assist dan slipper clutch juga termasuk ke dalam rangkaian girboks dengan enam percepatan.

Penyegaran pada rangkaian elektronik hadir untuk model yang akan hadir pada tahun depan, seperti penambahan pada fitur mode Street dan juga Offroad untuk Traction Control. Grip pada bagian ban belakan akan dapat terjaga, terlebih saat dilakukannya akselerasi.

Siap-siap KTM 390 Adventure terbaru Akan Hadir Dengan Bebagai Penyegaran di Tahun 2022
Siap-siap KTM 390 Adventure terbaru Akan Hadir Dengan Bebagai Penyegaran di Tahun 2022

Apabila pengendara menggunakan mode Offroad, yang artinya tingkat slip pada bagian roda belakang akan sensitiv, yang akan memungkinkan bagi pengendara untuk mengemudikannya pada medan yang basah atau pun licin. Tak hanya itu, jika mesin dalam keadaan mati, TC Offroad akan tetap aktif. Kemudian, ABS pada roda bagian belakang akan di matikan dengan cara otomatis ketika pindah pada mode off road.

KTM Adventure terbarunya juga memiliki desain velg yang baru. Yang mana kehadirannya menggunakan satu set velg dengan ukuran 19 inci pada bagian depan dan 17 inci pada bagian belakang tampil kokoh pula dibalut dengan ban Continental TKC 70 tubeless.

Pada bagian konstruksi komponen pada roda pendahulunya masih menggunakan lima palang, berbeda dengan model terbarunya yang sudah menggunakan 10 palang, yang memberikan peningkatan untuk soal ketahanan dan juga kekakuannya untuk pelek tersebut. Diklaim pula oleh pabrikan jika velg hasil revisi tersebut memberikan penanganan off road dan juga on road yang jauh lebih baik. Tetapi terkait keunggulan dari bobotnya sendiri belum diberikan informasinya oleh KTM dimana telah disematkan pula sepasang roda yang berbeda dari model sebelumnya.

Pada model terbaru, dari produk KTM yang mengikuti kejuaraan Rally Dakar yang menjadikan inspirasi dari identitas visual 390 Adventure. Yang menghadirkan dua pilihan warna yaitu, motif biru tua dan juga oranye, at tersebut pula pertama kali kita saksikan pada 1290 Super Duke R pada generasi ketiganya. Dan juga warna hitam abu- abu yang dibalut dengan aksen oranye, sengaja dihadirkan untuk yang memang mencari estetika yang lebih soft.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here