Jangan Sembarang Pilih, Berikut Cara Memilih Oli Yang Tepat Untuk Sepeda Motor
Jangan Sembarang Pilih, Berikut Cara Memilih Oli Yang Tepat Untuk Sepeda Motor

Bagi sepeda motor oli merupakan hal yang penting, dimana perannya sangat membanntu kinerja dari mesin agar tetap maksimal sehingga gesekan secara langsung tidak terjadi. Dalam memilih pelumas pastinya tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, harus sesuai dengan jenis kendaraan anda, ibaratnya oli itu adalah asupan utama untuk mesin jadi jika oli berkurang pelumasan pada mesin akan menjadi tak optimal sehingga komponen yang ada di dalam mesin akan mengalami gesekan sehingga cepat aus. Lalu bagaimana pemilihan oli yang tepat ?

Ada beberapa hal yang harus diketahui belum membeli oli untuk kendaraan, dimulai dari tingkat kekentalan oli hingga kode mutu dan jangan lupa pula jenis oli tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memili oli motor yang tepat.

Baca Buku Manual Kendaraan

Cara pertama yang kamu dapat lakukan adalah dengan membaca buku manual kendaraan. Pada buku manual akan tertulis dengan jelas oli yang berkualitas sesuai dengan mesin kendaraan.

Kekentalan Oli

Memang kalau semua oli memiliki fungsi yang sama tetapi yang perlu diketahui, jika kandungan pada oli tak sesuai dengan karakter mesin maka pelumas tidak akan dapat bekerja dengan maksimal. Pada umumnya perbedaan tersebut dapat dilihat berdasarkan dari tingkat kekentalan dari cairan oli atau biasa disebut dengan viscosity-grade dimana dapat ditunjukkan berdasarkan nomer SAE (Socirty of Automotif Enginer).

Baca juga : Triumph Rilis Tiger 900 Rally Pro Dengan Edisi Khusus Pada Peringatan Hutnya Yang Ke-120

Dapat diperhatikan pada kemasan oli, dimana terdapat kode SAE 20W-40, SAE 10W-30 dan lainnya dimana SAE itu merupakan badan internasional yang indeks dari kekentalnnya di pakai oleh berbagai belahan dunia.

Dimana angka setelah huruf SAE tersebut merupakan tingkat kekentalan pada oli apabila suhu berubah menjadi dingin. Dimana angka setelh W merupakan tingkat kekentalan pada oli saat mein dalam keadaan bekerja atau dalam keadaan panas, apabila angka tersebut semakin besar maka oli pun akan semakin kental pada kondisi tersebut. Begitupun sebaliknya, oli akan semakin encer apabila angka tersebut semakin kecil.

Tak hanya SAE saja, tapi juga aga API sebagai kode dari kemasan oli motor. Dimana kepanjangan dari API adalah American Petrolium Institute atau dikenal pula sebagai lembaga pemeriksaan kualitas oli yang biasanya dipakai oleh mancanegara.  Kode tersebut pula biasanya diikuti juga dengan hurup lain contohnya API SL, API SP, PI SN dan lainnya. Dimana jika semakin tinggi huruf yang ada dibelakang S maka semakin bagus pula kualitas dari oli tersebut.

Bahan Oli

Oli kendaraan itu dapat dibedakan menjadi dua jenis bahan yaitu oli mineral dan juga oli sintetis. Dimana oli mineral yang proses pembentukannya berdasarkan ekstraksi dari minyak bumi sedangkan oli sintetis itu terbuat dari berbagai macam bahan kimia yang sifatnya adiktif.

Memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, hal termudah dalam pemilihan dapat dilihat dari usia motor. Apabila motor masih dikategorikan muda lebih baik untuk menggunakan oli sintetik. Oli mineral dikatakan cukup baik, dimana oli tersebut lebih alami dibanding dengan oli sintetis yang sudah dicampur dengan berbagi bahan kimia.

Hindari Oli Palsu

Tak sedikit oli palsu kini beredar dipasaran, dimana pedagang akan mematok harga yang lebih murah untuk oli palsu tersebut. Tak sulit untuk membedakan oli palsu dan oli asli. Terlihat dari harga, warna yang lebih pekat, serta bau yang lebih menyengat seperti bau logam. Dimana pada oli yang asli memiliki cairan yang lebih jernih serta bau yang dihasilkan tidak seaneh oli palsu Penggunaan oli palsu dapat merusak komponen yang ada pada mesin motor apabila digunakan dalam jangka panjang. Dimana biasanya oli palsu terbuat dari oli bekas yang telah disuling sehingga bau logam dari sisa pembakaran mesin akan tercium aromanya.

Itulah beberapa tips dalam pemilihan oli yang tepat untuk sepeda motor, dikarenakan peran oli sangat penting untuk meningkatkan performa dari motor anda agar tidak sembarangan dalam memilih oli dan menggunakan oli sesuai dengan kebutuhan motor anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here