Mampukan Nissan Terra Dan Navara Melawan Pajero Dan Fortuner Dengan Wajah Barunya
Mampukan Nissan Terra Dan Navara Melawan Pajero Dan Fortuner Dengan Wajah Barunya

Navara dan Terra, dua nama Pick Up dan SUV kepunyaan Nissan belakangan jarang terdengar lagi di Indonesia. Dikarenakan Nissan sekarang lebih berfokus dalam pengembangan mobil listrik miliknya, tak semata-mata langsung meninggalkan kendaraan yang mengusung mesin konvensionl. Belakangan ini masih tampak wajah dari beberapa mobil konvensional miliknya seperti Navara dan Terra dengan ubahan facelift pada bulan Agustus 2021 yang lalu dimana memiliki tampilan wajah yang berbeda.

Memiliki tampilan fascia pada bagian depan yang dibilang menarik jika diperhatikan dengan seksama untuk kedua jenis mobil tersebut dan terbilang unik dikarenakan desain pada grillennya tampil lebih besar apabila dibandingkan dengan model mobil Nissan seri terdahulunya. Bahsa desain yang digunakan oleh Nissan adalah V-Motion untuk style pada grillenya, ditambah lagi dengan aksen krom yang dipoles pada seluruh bagiannya.

Baca juga : Upaya Honda Untuk Dapat Mengurangi Resiko Kecelakaan Dimasa Depan

Dengan polesan tersebut yang menjadikan kesan elegan serta mewah pun tamak pada bagian depannya. Tak hanya itu saja, aksen krom pun terdapat pada selutuh bagian yang terbentang horizontal pada bagian kisi-kisinya. Yang mana grille itu yang diapit oleh dua headlamp berteknologi LED yang lengkap dengan lampu Daytime Running Light yang sudah mengusung teknologi LED juga.

Nissan Terra adalah SUV (Sport Utility Vehicle) berkapasitas 7 penumpang yang didukung oleh mesin diesel dengan 4 silinder 2.300 cc dengan tenaga yang dihasilkan 188 hp dengan torsinya yang mampu mencapai 450 Nm. Yang mana mesin tersebut pula dikawinkan dengan 2 pilihan transmisi yaitu otomatis dengan 7 percepatan dan juga manual 6 percepatan. Untuk di tanah air sebenarnya Nissan Terra sudah tak lagi dijual, tetapi untuk beberapa negara yang masih memasarkan mobil tersebut, Mitsubishi Pajero Sport dan juga Toyota Fortuner merupakan pesaing terberat yang berada pada segmen yang serupa.

Mampukan Nissan Terra Dan Navara Melawan Pajero Dan Fortuner Dengan Wajah Barunya
Mampukan Nissan Terra Dan Navara Melawan Pajero Dan Fortuner Dengan Wajah Barunya

Sedangkan Nissan Navara sendiri adalah kendaraan double cabin yang memang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih berat jika dibandingkan dengan Nissan Terra. Untuk ubahan terakhir yang pernah dilakukan pada tahun 2020 yang lalu dimana diberikan sentuhan pada bagian grille degan bahasa yang sama yaitu V-Motion. Sebagai pembeda, yang disematkan oleh Nissan Navara adalah motif honeycomb pada bagian kisi-kisi tanpa mengaplikasikan aksen krom yang dikatakan terlalu masif atau terlihat begitu minim. Walau begitu, dari kedua tipe mobil tersebut menggunakan desain grille V-Motion dengan ukuran yang cukup besar sehingga kesan unik pun tak lepas pada bagian depannya.

Memiliki mesin yang tak berbeda dengan Terra, tetapi mesin tersebut merupakan generasi terbarunya yang disematkan oleh Navara yang telah mengganti mesin lama berkapasitas 2.500 cc. Walau begitu, hadir pula tuningan yang berbeda pula pada mesin Navara sehingga performanya pun meningkat. Mesin bertransmisi otomatisnya dapat memberikan tenaga hingga 190 hp dengan torsi 450 Nm. Berbeda dengan varian manual yang dapat menghasilkan tenaga 163 hp dan torsinya 403 Nm.

Untuk negara Amerika Selatan dan juga Thailand, masih tersedia model tersebut dengan 14 varian yang beragam. Bahkan beberapa diantaranya telah disediakan pula paket khusus yang menjadikannya tampil lebih sangar jika pada bagian eksterior. Seperti paa Nissan Navara facelift with Posh PRO-4X Version yang ada pada pasar Amerika Selatan. Tak lagi menggunakan aksen krom pada versi tersebut tetapi kelir hitam pekat yang disematkan dengan logo Nissan dengan warna merah pada bagian tengahnya. Dan apakah mobil tersebut akan masuk ke Indonesia?  Kita nantikan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here