Upaya Honda Untuk Dapat Mengurangi Resiko Kecelakaan Dimasa Depan
Upaya Honda Untuk Dapat Mengurangi Resiko Kecelakaan Dimasa Depan

Honda telah memperkenalkan kembali sebuah konsep dengan teknologi keselamatan baik untuk produk roda dua maupun roda empat, yang mana untuk dapat mencapai target Zero Traffic Collisions Fatalities pada tahun 2050. Dengan adanya teknologi tersebut sangat diharapkan untuk para pengguna kendaraan Honda bisa terbebas dari kekhawatiran akan risiko kecelakaan saat berada di jalan raya sehingga dapat merasa aman saat melakukan aktifitas berkendara di jalanan.

Ada dua teknologi utama yang di perkenalkan oleh Honda Motor Corp., Ltd yaitu “Intelligent Drive Assistive Technology” yang dibantu dengan AI (Artificial Intelligence) dan juga “Safe and Sound Network Technology”. Dari kedua teknologi tersebut merupakan pengembangan dari sistem yang sudah kita kenal dengan Honda Sensing dan juga Honda Sensing 360 yang akan segera di pakai untuk produk-produk Honda pada tahun 2030 yang akan datang. Khusus untuk roda dua saja, rencana Honda untuk menggunakan fitur yang bernama ADAS (Advance Driver Assistance System) sebagai fitur keselamatan saat berkendara.

Baca juga : Toyota All New Veloz, MPV Premium Berfitur Canggih

Teknologi terbaru Honda yang di beri nama Intelligent Driver-Assistive Technology tersebut membutuhkan bantuan dari AI yang berfungsi untuk dapat memberikan bantuan sehingga pengendara dapat mengurangi kesalahan sehingga merasa aman saat berkendara.  Dengan menggunakan sensor ADAS (Advanced Driver-Assistance System) yang berfokus pada pengemudi, kemudian tugas dari kamera untuk mengenali potensi ataupun resiko yang ada di sekitar kendaraan, kemudian AI mendeteksi kemungkinan resiko apa saja yang akan terjadi terhadap pengendara. Disaat yang bersamaan pula AI akan menentukan perilaku terhadap pengendara dengan optimal dan real time yang kemudian memberikan bantuan yang sangat sesuai dengan keadaan kognitif  dan juga situasi pada lalu lintas yang ada dari setiap individu pengendara.

Upaya Honda Untuk Dapat Mengurangi Resiko Kecelakaan Dimasa Depan
Upaya Honda Untuk Dapat Mengurangi Resiko Kecelakaan Dimasa Depan

Dari beberapa penilaian yang telah dilakukan oleh teknologi ini diantaranya, operational assist; penilaian yang dilakukan oleh sistem AI untuk mengurangi terjadinya gejala selip dan juga mengurangi delay saat melakukan pengoperasian kendaraan yang kemudian dapat menciptakan nir keselamatan pada saat pengoperasian. Berikutnya ialah cognitive assist; yang mana komunikasi dari kendaraan secara visual, baik itu melalui sensor ataupun suara. Yang ketiga ialah attentiveness assist; dimana pertolongan pada kendaraan untuk dapat mengurangi kelelahan terhadap pengendaranya.

Berikutnya ada Safe and Sound Network Technology, yang mana akan menghubungkan kesemua pengguna jalan, baik itu individu maupun kendaraan yang dilakukan melalui telekomunikasi, yang memungkinkan untuk dapat memprediksi potensi adanya resiko dan juga dapat membantu orang untuk dapat menghindari resiko tersebut sebelum terjadinya tabrakan.

Dari teknologi tersebut pula akan dikumpulkannya informasi terkait potensi risiko yang ada pada lingkungan lalu lintas yang telah terdeteksi dari berbagai informasi yang didapat dari kamera yang tersedia di jalan, kendaraan dan juga smartphone secara virtual akan dikumpulkan pada satu server. Kemudian sistem akan memprediksi dan mensimulasikan pula prilaku para pengguna jalan yang memiliki resiko terjadinya tabrakan kemudian diberikan informasi yang tepat agar tidak terjadinya resiko tabrakan.

Upaya Honda Untuk Dapat Mengurangi Resiko Kecelakaan Dimasa Depan
Upaya Honda Untuk Dapat Mengurangi Resiko Kecelakaan Dimasa Depan

Honda pula telah berusaha dengan sepenuhnya untuk menghilangkan risiko mobilitas untuk semua orang yang ada di jalan dengan dihadirkannya sebuat teknologi keselamatan baik untuk sepeda motor ataupun mobil Honda secara menyeluruh di tahun 2050 mendatang. Demi untuk mewujudkan tujuan tersebut, Honda akan semakin mempercepat seluruh industrinya agar dapat menghilangkan kecelakaan lalu lintas pada sepeda motor maupun mobil Honda secara menyeluruh.

Tujuan dari teknologi tersebut sebagai penerapan sebuah teknologi di dunia yang nyata setelah tahun 2030, Honda pula akan membangun sistem kemudian menyelesaikan verifikasi efektivitas paruh pertama yang pada tahun 2020an, kemudian kolaborasi industri dan juga publik swasta akan dipercepat yang tujuannya untuk dapat menstandarisasi dari teknologi paruh keduanya pada tahun 2020an pula.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here