Menjalin Ikatan Dengan KTM, Brabus 1300 R Akan Meluncur
Menjalin Ikatan Dengan KTM, Brabus 1300 R Akan Meluncur

Apa yang anda ingat ketika melakukan pembahasan seputar tuning otomotif, akan terasa tidak lengkap jika Brabus tak ikut disebut. Sebagai spesialis dengan performa yang berbasis di Bottrop, Dusseldorf, Jerman yang turut memodifikasi kendaraan Smart, Mercedes dan Maybach sejak tahun 1977. Dapat dipastikan akan menghasilkan performa yang lebih baik lagi apabila sebuah mobil sudah masuk ke dalam garasinya, dari visual yang sangat menakjubkan hingga memiliki tampilan serat karbon yang tak sedikit.

Itulah Brabus, nama yang akrab di telinga para penggemar mobil. Secara intrinsik Brabus selalu saja dikaitkan dengan Mercedes sejak tahun 1980an. Siapa yang menyangka, jika perusahaan tersebut kini mulai beralih ke segmen roda dua. Dimana telah menjalin ikatan dengan KTM dalam menciptakan Brabus 1300 R, yang menggunakan 1290 Super Duke R untuk dasarnya.

Baca juga : Mobil Listrik Murni Hasil Dari Kerjasama Toyota Dengan BYD

Berdasarkan informasi yang diketahui, Inggris, Brabus GmbH sudah mengajukan permohonan untuk merek dagang ke kantor EUIPO (Kekayaan Intelektual Uni Eropa) dengan membawa nama “Brabus 1300 R”. Secara khusus identitas tersebut akan dipakai untuk “Motociclette (Sepeda motor) termasuk bagian struktural pada sepeda motor, suku cadang juga perlengkapan untuk kendaran darat, bagian dari kendaraan bermotor beroda dua”. Hal tersebut yang mempertegas jika Brabus sudah mantap untuk terjun ke dunia roda dua.

Timbul pertanyaan, kira-kira sepeda motor seperti apa yang akan dituning? Berdasarkan pada dokumen persetujuan yang diketahui, menyatakan jika KTM 1290 Super Duke R yang akan menjadi basis dasar. Walau pun motor tersebut tersedia untuk saat ini, pihak dari BikeSocial telah sukses dalam menggali dokumen resmi yang telah mengkonfirmasi spesifikasi dari motor tersebut. Lalu, apa sajakah dari unit Brabus 1300 R yang akan lebih terlihat menonjol dari KTM.

https://dangmerdu.com/2021/12/06/mobil-listrik-murni-hasil-dari-kerjasama-toyota-dengan-byd/
https://dangmerdu.com/2021/12/06/mobil-listrik-murni-hasil-dari-kerjasama-toyota-dengan-byd/

Jika dilihat dari dimensinya, tinggi yang dimiliki yaitu 1.119 mm. perubahan yang ada tak begitu meluas hingga ke full fairing, namun masih terlihat adanya penyesuaian untuk styling. Terdapat pengurangan 46 mm untuk panjang kendaraan tersebut, yang menjadikan Brabus 1300 R mendekati ke arah Super Duke RR dengan edisi terbatas. Menjadikannya mirip dengan model RR KTM, untuk braket plat nomornya dibuat lebih pendek. Untuk lebar dari Brabus 1300 R mendekati 30 mm masih dibawah dari unit 1290 Super Duke R ataupun RR. Dengan stang baru, dengan potensi clip-on yang menawarkan posisi pengendaranya cafe-racer yang lebih banyak.

Untuk jarak sumbu dari roda Brabus 1300 R terlihat lebih pendek sekitar 5 mm jika dibandingkan dengan KTM standar. Hal tersebut pun diduga telah memberikan perubahan pada bagian persneling final drive dengan sprocket yang memiliki ukuran berbeda sehingga menjadikan panjang standarnya berbeda pula ketika penyetelan rantai dilakukan dengan benar.

Berdasarkan dari informasi yang didapat, jika Brabus 300 R akan memiliki bobot 5 kg lebih ringan jika dibandingkan dengan 1290 Super Duke R, tetapi lebih berat pula 5 kg jika dibandingkan dengan Super Duke RR.  Tentunya dari sejumlah suku cadang dibalut dengan serat karbon dan juga velg forged yang memiliki bobot lebih ringan, untuk suspensinya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari pada versi stoknya.

Dimana 500 unit dari Super Duke RR telah habis terjual dalam kurun waktu 48 menit saja setelah dibukanya buku pemesanan, untuk Brabus 1300 R tak menutup kemungkinan akan menawarkan pembeli menggunakan cara yang lain. Tetapi, hingga saat ini belum dapat diketahui kapan Brabus 1300 R akan resmi diluncurkan.

Untuk urusan harga, masih belum terungkap berapa biaya yang harus dikelurakan untuk dapat meminang Brabus 130 R tersebut, dimana hal tersebut tergantung pula pada pemilihan terakhir untuk komponennya. Sedangkan Super Duke RR yang dijual secara terbatas itu dibanderol dengan harga £21.499 atau setara dengan Rp 411 jutaan, untuk Super Duke R 1290 standar  dibanderol dengan harga £15.749  yang setara dengan Rp 301 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here