Royal Enfield Continental GT dan Interceptor 650
Royal Enfield Continental GT dan Interceptor 650

Pabrikan sepeda motor yang masih beroperasi setelah 100 tahun lebih tak banyak terlihat. Royal Enfield menjadi salah satu diantaranya sebagai merek ikonik dari perusahaan roda dua yang usianya tak lagi muda. Baru-baru ini pihaknya telah merayakan hari jadi yang sudah mencapai usia 120 tahun.

Pada bulan November 1901 Royal Enfield untuk pertama kalinya hadir di Stanley Cycle Show, London, Inggris. Dan kini pihak tersebut telah merilis versi eksklusif Continental GT dan juga Interceptor 650th Anniversary Edition untuk mengenang sejarah yang telah di laluinya. Kedua motor dengan edisi spesial tersebut pula diperkenalkan pada pameran otomotif EICMA 2021 yang berada di Milan, Italia. Dengan jumlah yang terbatas, kedua motor tersebut hanya tersedia dalam 480 unit saja.

Baca juga : Dibanderol Dengan Harga Rp 780 Juta, New Jeep Compass Pun Resmi Meluncur

Dari kedua unit motor dengan edisi terbatas itu menampilkan wujud yang serba hitam. Tak hanya mesin, suspensi serta elemen yang lainnya diluar dengan warna yang serba gelap. Seperti yang tampak begitu kontras pada bagian tangkinya yang berlapis krom berwarna hitam. Yang juga dikembangkan langsung menggunakan teknologi krom Enfield yang berlokasi di Chennai, India. Dengan garis-garis klasik yang berkelir emas model tersebut tampak disempurnakan, beserta motifnya yang dilukis secara langsung menggunakan tangan.

Ulang Tahun Royal Enfield Hadirkan Dua Motor Edisi Khusus
Ulang Tahun Royal Enfield Hadirkan Dua Motor Edisi Khusus

Untuk bagian tangki motornya pula berhiaskan dengan lencana menggunakan nomor khusus berbahan kuningan  die-cast. Yang menjadikannya lebih istimewa lagi pada bagian logo 3D yang mana dikerjakan oleh keluara Sirpi Sentil, merupakan pengerajin multigenerasi dari Kumbakonam, Tamil Nandu, di India. Dimana keluarga tersebut merupakan seniman atau yang dikenal sebagai pemahat lintas generasi yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Tak sedikit dari generasinya yang telah bekerja untuk membuat kuningan seperti yang ada pda kuil-kuil di India dan kini diajak pula untuk berkolaborasi bersama Royal Enfield. Walau demikian, secara mekanis tak ada perubahan dari model dasarnya.

Ulang Tahun Royal Enfield Hadirkan Dua Motor Edisi Khusus
Ulang Tahun Royal Enfield Hadirkan Dua Motor Edisi Khusus

Untuk kedua sepeda motor edisi terbatas dari Royal Enfield tersebut juga menampilkan komponen yang memang benar-benar terlihat cukup gelap. Dimana hal tersebut merupakan pilihan yang cukup cerdas sehingga memberikan sikap yang klasik sederhana Enfield. Untuk menciptakan setiap model dari kedua motor agar terlihat lebih eksklusif lagi, dari setiap unit motor tersebut diberikan stiker panel samping yang menampilkan 120 tahun Royal Enfield. Pada bagian jok yang dibuat dengan desain yang mewah serta pada bagian atas dari lampu depan yang diberikan visor atau windshield berukuran kecil. Sedangkan untuk Continental GTnya disematkan spion dengan model bar-end.  Mud guard juga disematkan untuk kedua motor tersebut.

Untuk urusan teknis atau pada bagian mesinnya, tak terlihat adanya perbedaan dengan versi standar. Dari semua fitur masih sama, begitupun dengan suspensi serta pengereman.

Untuk berbagai aksesori resminya pula telah disediakan oleh pihak pabrikan seperti windscree, pelindung tumit dan mesin, bar end serta kaca spion. Secara keseluruhan pula di cat dengan warna hitam sehingga sesuai dengan tema yang ada.

Ulang Tahun Royal Enfield Hadirkan Dua Motor Edisi Khusus
Ulang Tahun Royal Enfield Hadirkan Dua Motor Edisi Khusus

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika sepeda motor tersebut diproduksi secara terbatas yang hanya disediakan 480 unit saja untuk seluruh dunia. Yang berarti ada 120 unit yang akan ada di empat bagian wilayan yang sudah ditentukan oleh Enfield. Yang mana akan dibagi merata, 60 unit Interceptor 650 dan juga 60 unit untuk Continental GT.

Untuk wilayah India, twin 650 peringatan 120 tahun yang ditawarkan melalui penjualan secara online. Dan waktu pemesanannya juga diberikan batas hingga 6 Desember 2021 saja. Untuk harganya sendiri, belum dapat diketahui kedua sepeda motor tersebut dibanderol dengan kisaran berapa. Tetapi seperti yang di ketahui jika RE akan membagikan detail untuk proses penjualannya akan dibagikan melalui emai yang sudah terdaftar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here