Dangmerdu – Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.T menyampaikan, bahwa saat ini sebaran dari wabah Covid-19 yang ada di Ibukota Provinsi Riau masih sangat terkendali dengan baik.

“Alhamdulillah untuk hari yang kemarin, selain dari kasus klaster sekolah, di Riau saat ini hanya ada 3 kasus (positif), 1 kasus yang lainnya ada di Pekanbaru. Artinya saat ini yang di luar klaster, Alhamdulillah sebaran dari wabah covid-19 masih bisa terkendali dengan baik,” ujar Walikota, pada saat peninjauan pemeriksaan swab PCR lanjutan yang dilakukan terhadap 17 orang di Yayasan Abdurrab Islamic School, pada Selasa (30/11).

Khusus dalam memutus mata rantai dari sebaran wabah covid-19 yang terjadi dari klaster Yayasan Abdurrab Islamic School, walikota juga berharap akan adanya kerjasama yang baik antara Satgas Covid-19 Provinsi Riau dengan satgas yang ada di kabupaten/kota.

Hal itu sangat diperlukan mengingat saat ini ratusan pelajar Yayasan Abdurrab Islamic School yang sudah terpapar covid-19 tidak hanya warga dari Pekanbaru, tapi juga ada yang berasal dari sejumlah wilayah daerah yang ada di Riau seperti Siak dan juga Kota Dumai.

Baca juga: UMK Pekanbaru Sudah Disahkan Sebesar Rp. 3.049.675

“Karena akan hal itu, Satgas Riau bersama kabupaten/kota harus saling bekerjasama dalam memutus mata rantai wabah ini dengan segera,” pintanya.

Menyikapi dari klaster yang terjadi di Yayasan Abdurrab Islamic School bisa berdampak juga terhadap status Pekanbaru yang kini sudah menjalani Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di level 1, walikota juga menyerahkan ini ke Pemerintah Pusat.

“Tentu kita juga menunggu evaluasi dari pemerintah pusat, kita juga akan masuk ke level berapa nantinya,” ujarnya.

“Tapi untuk kita ketahui bersama, dalam menyambut natal dan tahun baru kita semua ditetapkan ke level 3. Artinya dalam pengaturan, pengawasan, pengendalian, pembatasan pergerakan dan juga protokol kesehatan, ini semuanya akan dilakukan sesuai dengan kriteria level 3,” tutup walikota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here