Fitur dan Komponen Moge, Yang Ada Pada Yamaha All New R15M
Fitur dan Komponen Moge, Yang Ada Pada Yamaha All New R15M

Secara virtual, YZF-R15 generasi terbaru telah diluncurkan oleh Yamaha Indonesia baru-baru ini pada hari rabu tanggal 1 Desember 2021 lalu. Motor Yamaha sport full fairing entry level tersebut di hadirkan dengan dua varian yaitu All New R15 Connected dan juga All New R15M Connected-ABS. Dengan harga yang ditawarkan Rp. 38,9 juta dan Rp. 43,5 juta OTR DKI Jakarta. Khusus pula untuk terim termahalnya terdapat lebih banyak fitur dan juga komponen seperti moge atau dikenal dengan motor gede. Fitur apa saja kah itu?

Traction Control System

TCS (Traction Control System) pada dasarnya hanya disediakan pada motor dengan kapasitas mesin yang besar. Teknologi TCS telah hadir pada mesin kecil dengan semakin berkembang nya zaman, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau pula seperti yang ada pada All New Yamaha R15M.

Baca juga : Kekurangan Dan Kelebihan Dari Transmisi CVT Yang Semakin Populer Digunakan Mobil Baru

Dapat dikatakan sebagai pionir untuk kelas motor sport 150-155 cc di tanah air yang mengusung TCS (Traction Control System). Yang mana memiliki fungsi untuk mengurangi resiko terjadinya spin pada roda bagian belakang saat melintasi jalan berbatu ataupun licin.

Assist & Slipper Clutch

Handel akan terasa lebih nyaman dengan hadirnya assist pada kopling, dan tangn tak akan merasa cepat lelah saat terkena macet. Dan dapat dirasakan pula ketika engin brake, pada bagian roda belakang pun tak akan mudah mengunci atau skid. Efek tersebut akan tereduksi seperti sedang menarik kopling dengan hadirnya slipper clutch. Dan efek tentu laju akan menjadi lebih mudah untuk dikontrol.

Fitur tersebut biasa ditemukan pada mesin besar, tetapi saat ini sudah dihadirkan pada motor dengan sport entry level seperti pada R15 model terdahulunya.

Quick Shifter Up

Biasanya fitur dari Quick Shifter Up hanya tersedia pada motor sport full fairing dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas. Tetapi YZF-R15M telah dibekali dengan fitur tersebut, teknologi tersebut sangat membatu pengendara saat memindahkan transmisi tanpa perlu menarik tuas kopling. Sayangnya pada motor tersebut fitur Quick Shifter hanya untuk menaikkan gigi atau dikenal dengan up-shift saja. Sedangkan untuk menurunkannya masih diharuskan untuk menekan tuas kopling.

Big Bike Engine Switch Off

Motor tersebut juga sudah disematkan dengan big bike engine switch off. Yang mna tombol starter yang telah menyatu dengan engin cut off, yang hanya perlu menekan bagian paling bawah. Kesan moge pun tampak jelas terlihat .

Dual ABS Channel

Teknologi ABS (Anti-lock Braking System) saluran ganda yang melengkapi dari fitur yang biasa di temukan pada moge. Pengereman dengan sensor tersebut sangat dapat diandalkan untuk menciptakan keamanan dan juga kenyamanan saat berkendara.

Blue Fork Caps & Triple Clamp

Mengusung triple clamp yang mana terinspirasi pada YZR-M1 pada trim tertingginya. Antara kekakuan dan juga kekuatan yang optimal menjadi seimbang dikarenakan hadirnya komponen tersebut. Pada bagian fork caps diberi warna biru berlogo R15M.

2 Mode Panel Instrumen

Panel instrumennya pun mirip dengan R1M dengan gaya racy dan luxury. Terlihat full digital yang memberikan informasi lengkap seputar speedometer dengan dua tampilan yang bisa disesuaikan antara street mode atau track mode. Yang mama pengaturan tersebut dapat dilakukan dengan menekan tombol yang ada pada bagian stang kanan yang berada tepat dibawah tombol hazard.

3D Emblem Logo

Pada bagian ujung cover pada tangki bahan bakar dipasang 3D emblem sehingga ciri khas dari R series pun terlihat jelas seperti pada R1M.

Special Seat

Pabrikan pula menghadirkan komponen yang mirip dengan motor sport full fairing dengan kapasitas yang besar sesuai dengan harganya yang telah mencapai pada kisaran Rp. 40 jutaan. Seperti terdapat special seat yang berlapis dengan kulit tampak seperti motif carbon.

Y-Connect

Untuk urusan konektivitas, Yamaha Indonesia kembali menjadi pionir. Seperti pada All New NMax contohnya, fitur Y-Connect sepertinya sudah dapat dinikmati pula oleh para pengguna motor sport full fairing pada kelas 150 sampai dengan 155 cc.

Melalui fitur tersebut yang disambungkan dengan aplikasi via Bluetooth, pengendara dapat mengetahui kondisi motor miliknya. Seperti notifikasi pesan dan telepon pada dasbor motor, informasi bahan bakar, loksi parkir hingga rekomendasi perawatan motor, malfungsi sampai dengan Rev Dashboarnya.

Tak hanya itu, pada aplikasi tersebut pula memiliki fitur Rank yang cukup menrik, dimana pengendara dapat saling berkompetisi dengan para pengguna sistem Communication Control Unit dalam urusan jarak tempuhnya ataupun poin eco riding.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here