Dangmerdu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan segera melakukan kajian terhadap adanya wacana dalam kenaikan tarif parkir tepi jalan umum. Sekarang belum ada kepastiannya terkait berapa jumlah besaran dari kenaikan tarif parkir yang ada saat ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso juga menyampaikan, bahwa pihaknya saat ini akan membantu membuat kajian ini, adapun dari maksud dan tujuan jumlah yang akan disepakati mengenai kenaikan tarif ini. Karena menurutnya filosofi dari parkir ini sendiri dikatakan Yuliarso ialah dalam upaya dishub mendukung lancarnya lalu lintas.

“Kemudian ada beberapa alasan juga terkait dengan wacana kenaikan besaran tarif parkir. Pertama, gunanya untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang ada di satu wilayah,” terang oleh Yuliarso, pada Selasa (30/11).

Baca juga: Tahun 2022 Pemko Pekanbaru Akan Rekrut Kembali Guru Berstatus PPPK

Menurutnya, sekarang dengan adanya wacana kenaikan tarif ataupun ada tarif yang lebih tinggi diharapkan juga akan mampu mengurangi dari kepadatan kendaraan. Lalu dengan diberlakukannya kenaikan tarif parkir ini, juga akan meningkatkan dari sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru.

Ia juga menyebutkan, tarif dari dasar parkir di Kota Pekanbaru sekarang tergolong rendah dibandingkan dengan kota besar lainnya. Saat ini kan tarif parkir kendaraan roda dua seribu rupaih dan kendaraan roda empat dua ribu rupiah.

“Kalau dibanding dengan kota lain, seperti Jakarta misalnya, itu bahkan bisa jadi sampai lebih besar jumlahnya dari itu. Tetap ini kenaikan tarif akan sangat perlu dilakukan kajian  dan akan kita komunikasi dengan berbagai pihak, agar kajian ini bisa dimaklumi dan  dapat diterima oleh semua pihak,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here