Dibanderol Rp 300 Jutaan, Ducati Panigale V4 Terbaru Resmi Meluncur
Dibanderol Rp 300 Jutaan, Ducati Panigale V4 Terbaru Resmi Meluncur

Lewat Ducati Wold Premier, Ducati Panigale V4 dan juga V4S terbaru telah resmi diperkenalkan beberapa hari yang lalu. Terdapat perbaikan pada mesin, teknologi elektronik, sasis hingga kepada peningkatan fungsi aerodinamika pada superbike tersebut.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat memiliki motor asal Bologna Italia untuk Ducati Panigale V4 berkisar 23.945 dolar Amerika Serikat yang setara dengan Rp. 335 jutaan. Dan untuk varian V45 di banderol dengan 29.990 dolar AS yang setara dengan Rp. 431 jutaan.

Eksterior

Revisi yang dilakukan pabrikan ada pada komponen winglet yang mana tampak lebih tipis tapi jangan salah, walau tipis nyatanya mampu menahan beban hingga 36 kg pada saat melaju dengan kecepatan 186 km/jam. Tak hanya itu, dari ubahan tersebut juga berpengaruh terhadap fungsi dari aerodinamika yang menjadi lebih maksimal.

Dibanderol Rp 300 Jutaan, Ducati Panigale V4 Terbaru Resmi Meluncur
Dibanderol Rp 300 Jutaan, Ducati Panigale V4 Terbaru Resmi Meluncur

Pabrikan pula menambahkan ventilasi pada bagian firing bodi yang mana fungsinya untuk memaksimalkan sektor pendinginn pda mesin. Perubahan pula tampak pada bagain tangki bahan bakar, agar lebih presisi saat dijepit paha pengendara maka desainnya pun ikut direvisi.

Baca juga : Kenali Penyebab Rem Mobil Overhead Dan Cara Pencegahannya

Untuk kenyamanan rider juga telah ditingkatkan, pada bagian belakang sadel juga telah diratakan dan diberikan lapisan yang berbeda pula. Hal tersebut pula dengan tujuan agar kuda-kuda pengendara lebih meningkat apabila dilakukan pengereman dan berubahnya posisi saat menikung.

Tak berbeda jauh dengan pendahulunya untuk bagian buritan, Panigale memang terlihat sangat menarik apabila dilihat dari belakang. Memiliki desain yang eksotis dan juga agresif untuk keseluruhan dari desainnya memang terlihat sangat memanjakan mata.

Fitur

Terdapat fitur baru pada motor ini, dimana telah di sematkannya panel meter full TFT. Yang dapat menginformasikan berbagai hal penting dari kendaraan tersebut. Saat mengatur menjadi mode Track Evo menempatkan tachometer pada bagian strip horizontal pada bagian atas.

Dibanderol Rp 300 Jutaan, Ducati Panigale V4 Terbaru Resmi Meluncur
Dibanderol Rp 300 Jutaan, Ducati Panigale V4 Terbaru Resmi Meluncur

Tersedia pula indikator pergantian gigi yang tampak lebih mudah dibaca pada bagian kiri atas. Untuk bagian bawahnya terdapat indikator roda gigi yang diletakkan pada bagian tengah kanan pada layar. Untuk bagian kanannya, terdapat empat batang horizontal sebagai alat bantu elektronok DTC, DSC, DWC dan juga EC yang berkedip saat digunakan dengan empat warna yang berbeda. Pada bagian kiri ada stopwatch, kecepatan dan juga penghitungan untuk putaran lap.

Suspensi

Untuk varian standarnya atau Ducati Panigale V4 telah disematkan dengan suspensi depan dengan model upside down yang merupakan buatan Showa bertipe Big Piston Fork serta suspensi belakang menggunakan merek Sachs.

Untuk trim sendiri pada varian tertinggi yaitu Panigle V4S telah disematkan dengan peredam kejut buatan Ohlins NPX 25/30 model terbaru yang dijamin pegas akan terasa lebih lembut dan tinggi bertambah sekitar 0,2 inci. Untuk kelebihan lainnya pada suspensi bagian depan yang dapat disesuaikan secara elektonik.

Untuk kedua varian tersebut, telah dinaikkan pula sebesar 0,2 inci untuk titip pivot swing arm belakang dengan tujuan untuk memaksimalkan kenyamanan. Untuk velg sendiri pada V4 menggunakan velg berbahan aluminium dengan 5 palang serta pada V4S disematkan dengan roda aluminium tempa 3 palang.

Meningkatnya Output Mesin

Terdapat upgrade output pada mesin Ducati Panigale V4 terbaru, yang dapat memompa tenaga hingga maksimal mencapai 215,5 yang mana sebelumnya hanya 212 daya kuda pada 13 rubu rpm dengan torsi puncaknya mencapai 123 Nm di 10.000 rpm.

Sedangkan rancangan mesinnya sendiri masih menggunakan Desmosedici Stradale 90 derajat untuk V4, 1.103 cc dengan pendingin cairan berpengabut injeki. Dari output tersebut pula dikawinkan melalui transmisi manual dengan 6 percepatan serta didukung oleh teknologi Quick Shifter.

Dibanderol Rp 300 Jutaan,
Dibanderol Rp 300 Jutaan,

Dengan ubahan tersebut juga telah merevisi bobot dari motor tersebut. Dimana pada V4 memiliki berat mencapai 175 kg dan V4S hanya memiliki berat 174 kg saja.

Untuk pengiriman unit motor tersebut baru akan dilakukan pada bulan februari 2022 mendatang pada pasar Eropa. Belum dapat dipastikan pula kapan tepat untuk kehadirannya di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here