Ada Apa Dengan 1 Desember 2021 Yang Diumuman Oleh Yamaha Indonesia
Ada Apa Dengan 1 Desember 2021 Yang Diumuman Oleh Yamaha Indonesia

Belum lama ini telah diinformasikan oleh PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) jika pada tanggal 1 Desember 2021 tepat pukul 10.00 WIB akan diluncurkannya motor terbaru. Walaupun motor apa yang bakal  luncur belum diungkapkan secara detail, kemungkinan besar motor tersebut adalah all new R15 V4 dan juga R15 versi M.

Tampak berbeda dari biasa, video teaser yang diunggah tak memperlihatkan siluet yang jelas dari perwujudan calom motor terbarunya. Yang ditampilkan oleh YIMM adalah visual dengan bentuk lingkaran yang mengarah pada bentuk sebuah lamp. Mengacu pada jadwal even balap Yamaha Endurance Rance kemungkinan besar R15 V4 adalah motor yang bakal di luncurkan , mengingat jadwal balap tersebut akan digelar pada Desember pula di bulan yang sama dengan jadwal peluncuran dari motor yang belum diketahui detailnya tersebut.

Baca juga : Dibanderol Rp. 415 Juta, Daya Tarik Apa Yang Dimiliki Kia Seltos GT Line

Tak menutup kemungkinan pula jika pada saat balapan motor tersebut akan di hadirkan sebagai selebrasi dari kehadirannya. Dimana R15 pertama kali di hadirkan di India pada 21 September lalu hal tersebutlah yang menjadi isu jika generasi tersebut yang akan hadir di Indonesia pada awal Desember nanti.

Dimana Yamaha R15 merupakan produk global yang tak hanya di India atau pula Indonesia, motor tersebut pula akan di pasarkan ke beberapa negara Asia dan juga Eropa. Motor tersebut juga akan di segarkan untuk pasar otomotif lainnya setelah di hadirkannya generasi terbaru di negeri Bharata.

Tampilan Baru

R15 didapuk menggunakan desain baru yang mirip dengan moge Yamaha. Dimana visual fascia yang dirancang ulang pada apron dengan lampu utama LED proyektor berbentuk bulat pada bagian lubang tengah pada bodi. Yang disebut oleh Yamaha sebagai M Duct, desain dari M1 pada MotoGP lah yang menjadi inspirasi.

Pada bagian sisi kanan dan kirinya terdapat lampu DRL (Daytime Running Light) jika dilihat sepintas akan terlihat kemiripannya dengan Yamaha R7

Pada bodi depannya dikatakan tak hanya mengejar tampilannya saja tetapi juga isi fungsionalnya mengarah aerodinamika.

Terlihat lebih atraktif pula pada bagian samping desain fairingnya serta terdapat kisi-kisi. Lubang yang ada pada bagian bodi samping berfungsi untuk menekan angin sehingga akan lebih stabil ketika motor dibawa melaju dengan kecepatan yang tinggi.

Tak banyak berubah pula untuk bagian belakang motor tersebut, yang masih terlihat agresif serta ciri khas bentuk meruncing masih tampak, terdapat 2 lubang dan hadirnya stoplamp LED yang tampil minimalis.

Untuk fiturnya sendiri terdapat Assist & Slipper Clutch, Quick Shifter (up), panel meter full digital, Dual-ABS, Traction Control System, lampu depan-belakang LED hingga ke peranti koneksi Y-Connect.

Generasi terbaru dari R15 di India disematkan dengan mesin 155 cc, SOHC, 4 katup dengan 1 silinder dengan pendingin cairan serta berpengabut injeksi. Menurut data yang ditampilkan pada laman resmi Yamaha India, tenaga maksimal yang dimiliki oleh motor tersebut mencapai 13,5 kW yang setara dengan 18,1 daya kuda di putaran mesin 10 ribu rpm dengan torsinya 14,2 Nm pada 7.500 rpm.

Untuk jantung pacunya tak terlihat ada ubahan yang begitu signifikan, dimana pabrikan masih menyematkan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Dimana tugas dari VVA sendiri untuk mengatur bukaan katup, dengn tujuan untuk menyesuaikan suplai dari bahan bakar hingga keruang bakar. Sehingga tenaga akan merata pada seluruh putaran mesin tetapi tetap irit dalam pengkonsumsian bahan bakarnya. Di India motor tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 32 juta sampai dengan Rp. 33 jutaan untuk varian V4 nya sedangkan R15 di patok dengan harga Rp. 34 jutaan.

Berbagai Kemungkinan

Kemungkinan lain model yang akan diluncurkan adalah all new Yamaha Fino, seperti beberapa waktu lalu munculnya kode baru yaitu BE-JAT yang sudah didaftarkan oleh Yamaha kepada Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta serta rumor yang mengatakan jik kode tersebut merupakan generasi terbaru dari Fino.

Dari beberapa informasi juga sudah terlihat foto yang diduga adalah all new yamaha Fino yang sedang melakukan uji coba pada kawasan Klampok Banjarnegara. Umur yang cukup lama dan tak kunjung mendapat penyegaran pula yang menjadi analisa lain.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here