Diperkenalkannya Aprilia SR GT Di EICMA 2021, Apakah Berpeluang Masuk Indonesia
Diperkenalkannya Aprilia SR GT Di EICMA 2021, Apakah Berpeluang Masuk Indonesia

Melalui pameran otomotif EICMA 2021 yang di adakan di Milan, Italia, Aprilia memperkenalkan produk terbarunya yaitu SR GT. Merupakan motor matic dengan genre adventure mengusung desain agresif dengan fitur yang modern serta dirancang dengan kaki-kaki yang menarik.

Segmen skutik dengan perawakan tualang semakin melimpah belakangan ini. Dari tiap pabrikan seolah berlomba-lomba untuk menawarkan produknya pada segmen ini seperti merek asal Italia ini, Aprilia.

Aprilia SR GT hadir dengan 2 pilihan mesin yang berbeda, yaitu 125 dengan 200 cc. Tak ada perbedaan dari tampilan serta dimensinya, perbedaan hanya ada pada bagian jantung pacu.

Baca juga : Moto Guzzi V100 Mandello Yang Hadir Dengan Aerodinamika Adaptif

Untuk Aprilia SR GT 125 berbekal mesin 125 cc dengan 1 silinder berpendingin cairan, berpengabut injeksi. Tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 14,75 daya kuda pada 8.750 rpm dengan torsi puncaknya 12 Nm pada 6.500rpm.

Sedangkan Aprilia SR GT 200 hadir dengan mesin berkubikasi 174 cc dengan 1 silinder berpendingin carian dan juga injeksi. Dengan rancangan tersebut pula mampu menghasilkan tenaga hingga 17,43 daya kuda di 8.500 rpm dengan torsinya 16,5 Nm di 7.000 rpm. Untuk bobot dari kedua kendaraan tersebut 144 kg dan 148 kg.

Fitur Dan Desain

Untuk urusan desain, SR GT terinspirasi dari model lain dari Aprilia dengan detail yang mirip dengan siluet SXR. Pencahayaan yang mengandalkan lampu depan tri-LED, berkomponen windshield dan suspensi yang panjang pada bagian depannya. Pada bagian sampingnya, tampak pada bagian dek tidak merata yang tampak memisah bodi ditengah yang seperti menjadi tempat tangki bahan bakar. Tampilan secara keseluruhan dari duo SR GT terlihat dari bodinya yang tampak tegas dan tidak kaku juga sporty. Seperti bagian bodi depan yang terlihat pada cekukannya, samping hingga ke belakang. Velg sudah dilapisi dengan ban dengan tekstur dual purpose yang mampu untuk diajak melintas trek light offroad. Stang yang cukup lebar dengan ground clearance yang tinggi juga travel suspensi yang terbilang panjang di depan yang menegaskan DNA adventure semakin terpancar.

Diperkenalkannya Aprilia SR GT Di EICMA 2021, Apakah Berpeluang Masuk Indonesia
Diperkenalkannya Aprilia SR GT Di EICMA 2021, Apakah Berpeluang Masuk Indonesia

bodi yang tegas, tidak kaku, dan sport yang bisa terlihat dari beberapa cekukan bodi di depan, samping, sampai belakang.

Sedangkan untuk fitur dari SR GT 125 dan juga 200 yang dilengkapi dengan panel meter yang sudah full digital sehingga berbagai informasi penting dapat terlihat. Bagasinya pun terbilang besar dimana dapat menampung hingga 25 liter yang dapat diisi dengan 1 helm full face.

Belum diketahui harga yang akan dibanderol untuk Aprilia dikarenakan masih berstatus pengenalan, begitupun dengan detail spesifikasi serta teknologi yang akan dibawanya. Menurut dugaan jika motor tersebut merupakan pesaing dari Honda ADV 150 yang cukup dikenal di tanah air, dimana motor tersebut juga dipasarkan ke beberapa negara lainnya.

Kemungkinan Masuk Indonesia

Timbul pertanyaan, apakah ada peluang untuk SR GT  akan masuk ke Indonesia? Robby Gozal selaku Figital Communication Manager Piagio Indonesia (APM Aprilia) mengatakan jika semua produk keluaran Piagio Group dapat di jual di Indonesia, tetapi dibutuhkan riset kapan kehadirannya dikarenakan masalah cocok tidaknya dengan market  serta strategi penjualan Aprilia Indonesia.

Untuk saat ini fokus masih pada produk big bike, tetapi tak menutup kemungkinan untuk ke motor matiknya. Kedepannya belum dapat dipastikan apakah semua produk dari Piagio Group dapat dihadirkan. Tapi masih harus dilihat pula untuk market apakah cocok dan siap tidaknya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here