Moto Guzzi V100 Mandello Yang Hadir Dengan Aerodinamika Adaptif
Moto Guzzi V100 Mandello Yang Hadir Dengan Aerodinamika Adaptif

Akhirnya Moto Guzzi telah meluncurkan model produksi V100 Madello beserta spesifikasi yang mendetail. Bagi pabrikan dari Mandello De Lario, unit tersebut menjadi sebuah momen penting dimana usia dari Mandello De Lario yang sudah menginjak 100 tahun. Dimana pihak pabrikan telah mengklaim bahwa ia merupakan sepeda motor pertama yang ada di dunia dengan aerodinamika adaptif. Kemudian dilengkapi dengan fitur-fitur terkini seperti quck hift, suspensi semi aktif juga teknologi modern lainnya.

Selama berbulan-bulan lamanya sempat merahasiakan detailnya, kini Moto Guzzi merilis dengan lengkap spesifikasi dari V100 Mandello di EICMA 2021. Merupakan permulaan dari babak baru dalam sejarah Moto Guzzi yang menjadi pertanda dikeluarkannya model anyar tersebut. Merupakan sepeda motor yang menolak hadir dengan satu kategori saja. Dengan cirinya berupa desain inovatif serta teknologi yang mutakhir.

Baca juga : Munculnya Benelli TRK 800 di EICMA 2021, Dengan Performa Yang Mampu Kalahkan Yamaha Tenere 700

Dengan garis-garis yang ada pada bodinya seakan dibuat bernostalgia dengan produk andalan Guzzi di masa lalu, meski tak banyak diberikan sentuhan modern. Dimana terlihat jelas dari bentuk tangki yang terlihat menyatu pada kepala bensin, slot panel pada samping bawah kursinya menjadi referensi dari Le Mans 1976 sang legendaris. Fairing atasnya pun tak jauh berbeda dengan Le Mans 850 III 1981. Terwujudnya semua itu disesuaikan dengan karakter serta keaslian dari Moto Guzzi.

Moto Guzzi V100 Mandello Yang Hadir Dengan Aerodinamika Adaptif
Moto Guzzi V100 Mandello Yang Hadir Dengan Aerodinamika Adaptif

Pada V100 Mandello masih mengusung gaya vitage, dikarenakan segmen tersebut sudah dianggap mati sejak lama, sehingga kembali mengusung mesin sport touring. Dengan mesin transversal 90 derajat v twin 1.042 cc DOHC dengan 8 katub terbaru, yang mana unit tersebut menggunakan pendingin air pertama milik Guzzi.

Bukan tergolong dalam mesin yang menggilai tenaga, dikatakan dapat mencapai 115 hp dengan torsi 105 Nm yang disalurkan melalui final drive poros tersembunyi pada bagian dalam swingarm dengan 1 sisi. Yang membuat lebih berkesan bahwa 90 % dari torsinya yang tersedia hanya dari 3.500 rpm. Dengan dimanfaatkannya arsitektur blok mesin yang baru, hal tersebut justru lebih kompak daripada model V85TT dengan selisih 10 cm.

Dengan desain yang tampak ringkas memiliki jarak sumbu roda 1.485 mm, lengan ayunnya satu sisi panjang dengan penggerak poros sehingga pada kecepatan tinggi akan terasa lebih mapan. Untuk sasisnya menggunakan tabung baja dengan dimensi kompak yang mempertahankan kelincahannya dalam segala hal. Suspensi semi aktif dari Ohlins tipe Smart EC 2.0 sebagai pendukung kontrolnya dengan otomatis akan menyesuaikan dari karakteristik permukaan jalan maupun gaya dalam berkendara.

Pada bagian elektroniknya disematkan sistem throttle by wire yang memberikan metode perjalanan Sport, Travel, Road maupun Rain. Pada sistem tersebut pun menyesuaikan dari tiga peta mesin V100 yang berbeda, dengan kontrol traksi 4 tingkat dengan 3 pengaturan  pada pengeraman engin serta kalibrasi suspensinya sehingga sesuai pada setiap situasi. Dilengkapi pula dengan ECU Marelli 11 MP dan juga IMU dengan 6 sumbu, Gose baru pun mendukung ABS pada saat menikung, dengan sistem pencahayaan LED adaptif dan juga kontrol jelajah.

Moto Guzzi V100 Mandello Yang Hadir Dengan Aerodinamika Adaptif
Moto Guzzi V100 Mandello Yang Hadir Dengan Aerodinamika Adaptif

Pada industri sport tourer, aerodinamika adatif merupakan yang pertama kali. Dimana deflektor angin yang dipasangkan pada sisi tangki,  sistem inovatif tersebut menyesuaikan dengan mode kecepatan. Deflektor yang memberikan perlindungan angin lebih banyak 22% bersamaan pula dengan kaca depan yang bisa diatur secara elektronik. Stang tang terpasang tinggi dengan daasbor TFT 5 inci, kursi yang empuk yang memberikan kenyamanan pada kokpit.

Tersedia pula 2 versi pada V100 Mandello yaitu versi reguler dengan model premium dilengkapi dengn sistem suspensi semi aktif dri Ohlins, dengan pegangan berpemanas, quicksifter dan juga tersedianya sistem multimedia Moto Guzzi MIA. Dengan fitur tersebut yang memungkinan jika smartphone pengendara dapat terhubung melalui bluetooth. Serta sistem infotinment yang tercakup seperti panggilan, asisten suara, telepon dan tentunya musik yang dapat dikontrol melalui stang instuitif dan juga fungsi GPS.

Untuk harganya sendiri, pihak dari Guzzi belum memberikan informasi yang jelas terkait hal tersebut. Diperkirakan pula jika harga yang dibandrol untuk edisi teratasnya mencapai £15.500 atau setara dengan (Rp 248 jutaan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here