Munculnya Benelli TRK 800 di EICMA 2021, Dengan Performa Yang Mampu Kalahkan Yamaha Tenere 700
Munculnya Benelli TRK 800 di EICMA 2021, Dengan Performa Yang Mampu Kalahkan Yamaha Tenere 700

Jajaran keluarga dari TRK baru saja diperluas oleh Benelli dengan diperkenalkannya TRK 800 do EICMA 2021. Dari model anyar tersebut menyuguhkan mesin dengan gaya yang modern ditenagai power pland dengan 754 cc. Motor tersebut masuk dalam kategori adventure dengan kelas menengah dengan roda depan 19 inci mengusung ban off-road. Sebagai motor petualang yang diandalkan oleh Benelli tersebut sepertinya akan mulai hadir pada akhir tahun 2022 atau pula awal tahun 2023.

Sebenarnya kehadiran dari TRK 800 sudah diketahui dari tahun lalu. Dimana video motor adventure yang sedang diuji pada akun resmi QJ Motor di rilis. Walau namanya tak disebut, tetapi dugaan bahwa motor tersebut adalah TRK 800 sangat kuat. Untu TRK 702 yang sempat didaftarkan ke Departemen Perhubungan Cina pun tak dapat dilupakan. Untuk kedua tipe tersebut kabarnya akan hadir pada pasar Eropa dan Tiongkok saja. Yang mana TRK yang berbasis Leoncino 800 lebih dahulu kehadirannya.

Baca juga : Diperkenalkannya Aprilia SR GT Di EICMA 2021, Apakah Berpeluang Masuk Indonesia

Benelli Style Center yang melahirkan TRK 800 kemudian Departemen R&D House of the Leoncino yang mengembangkannya di Pesaro sebagai tempat dari kantor pusat yang dianggap sebagai jantung dari perusahaan tersebut berada. Nuansa dari jajaran keluara TRK masih terjaga, dimana pada model terbarunya tersedia berbagai elemen gaya, seperti facia yang tampak agresif, spatbor pada bagian depan dengan lampu depan yang ganda mengusung teknologi LED lengkap dengan DRL.

Munculnya Benelli TRK 800 di EICMA 2021, Dengan Performa Yang Mampu Kalahkan Yamaha Tenere 700
Munculnya Benelli TRK 800 di EICMA 2021, Dengan Performa Yang Mampu Kalahkan Yamaha Tenere 700

Dalam urusan penampilan hal tersebut merupakan langkah maju, walau mesinnya memang lebih besar dari TRK 502, namun tetap terlihat ramping juga seimbang. Pada bagian hidung yang mirip dengan paruh tampak menyatu pada tangki yang memiliki kapasitas 21 liter.

TRK 800 pula diproduksi di China bersama dengan model yang lebih kecil dari motor tersebut mengingat perusahaan Qianjiang pula sebagai pemilik dari Benelli, sehingga bukan bukan hal baru lagi jika motor tersebut terkait pula dengan motor petualang dari QJMotor yaitu SRT750.

Berpelat baja sasisnya didasari pada rangka terlaris tubular dengan tingkat kekuatan yang tinggi dimana identik dengan QJMotor dan juga Benelli Leoncno 800. Saat melintasi perjalanan jauh, baik penanganan dan kenyamanannya akan jauh lebih baik dimana motor tersebut memang diranjang untuk hal tersebut. Dimana nilai dari ergonominya telah dipertimbangkan dengan sangat cermat hingga pada bagian terkecil sekali pun. Dengan tujuan penumpang dan pengendaranya mendapatkan posisi yang nyaman dan intuitif saat mengendarainya.

Dengan mesin 754 cc dengan 2 silinder dan pendingin cairan 4 langkah yang sama dengan Leoncino 800. Dan tenaga yang dihasilkan mencapai 76,2 Hp (56kW) dengan puncak 8.500 rpm serta torsinya 67 Nm (49,4 ft-lbs) pada 6.500 rpm. Mesin dipadukan dengan gearbox 6-percepatan kemudian dipasangkan kopling slip and assist. Walau tak tesdapat paket elektronik yang mewah tetapi untuk urusan performanya sendiri dapat mengalahkan Yamaha Tenere 700 yang memiliki output 72 Hp.

Garpu yang digunakan TRK 800 memiliki diameter 50 mm terbalik Marzocchi, dengan komperasi, rebound serta preload pegasnya dapat pula disesuaikan. Dengan jarak main 6,7 inci, lengan ayun aluminium disematkan pada bagian belakangnya dengan monoshock yang bisa disesuaikan sebagai preload juga redaman rebound bersama wheel travel 6,7 inci.

Untuk bagian pengereman pada bagian depan memiliki sistem pengereman Brembo dengan cakram ganda 320 mm berkaliper 4 piston. Pada bagian belakang cakram 260 mm berkaliper piston tunggal. Pelek aluminium alloy pada bagian roda depan 19 inci dan 17 pada bagian belakang yang disematkan ban off-road dengan ukuran 110/80-19  dan juga 150/70-17.

Munculnya Benelli TRK 800 di EICMA 2021, Dengan Performa Yang Mampu Kalahkan Yamaha Tenere 700
Munculnya Benelli TRK 800 di EICMA 2021, Dengan Performa Yang Mampu Kalahkan Yamaha Tenere 700

Sebagai perlindungan angin, dilengkapi pula fairing yang besar pada TRK 800 dengan windscreen yang tinggi dan dapat disesuaikan juga pelindung tangan. Untuk fasilitas lainnya yang terlihat menonjol seperti kursi yang ramping namun luas, pegangan penumpang yang cukup kokoh serta stand tengah.

Untuk fitur lainnya belum terdapat detail resminya. Hanya dilengkapi dengan dashbor intuitif yang tidak sulit digunakan lah yang dapat dipastikan serta layar TFT 7 inci berwarna dengan resolusi tinggi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here