Dangmerdu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bersama dengan rekanan, terus melakukan sosialisasi dalam rangka pemanfaatan mesin Elektronik Data Capture (EDC) sebagai media pembayaran parkir non tunai yang ada di Kota Pekanbaru.

Pihak swasta selaku rekanan dalam pengelolaan parkir di tepi jalan umum telah menyebarkan puluhan mesin EDC kepada juru parkir (Jukir) yang sudah bertugas di beberapa titik yang ada di Jalan Jendral Sudirman.

Pemanfaatan dari mesin EDC ini pun merupakan sebagai alat pembayaran non tunai sudah mendapat respon positif dari masyarakat. Banyak masyarakat yang sudah mulai mengakses layanan non tunai ini.

“Kalau masyarakat kita tidak ada yang menolak, kecuali dia tidak memiliki alat pembayaran non tunai. Padahal pembayaran non tunai ini bisa dilakukan melalui kartu ATM, E-money, atau bisa juga langsung menggunakan handphone android,” terang dari Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso, pada Kamis (25/11).

Baca juga: Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi Menyaksikan Penandatangan Kerjasama Bersama PT SPM dan PD Dharma Jaya

Menurutnya, dengan pemanfaatan mesin EDC ini dilakukan sudah secara bertahap di sejumlah ruas jalan yang ada di kerjasama kan bersama dengan rekanan. Rencananya akan ada 500 mesin EDC yang akanl digunakan di semua ruas jalan protokol.

Ia mengaku, sampai saat ini belum ada kendala yang mumpuni dalam melakukan pemanfaatan mesin EDC. Hanya saja ada temuan di lapangan yang masih ada beberapa jukir yang belum bisa menguasai pengaplikasian dari alat pembayaran non tunai ini.

“Sambil berjalan, saat ini kami memberikan pembekalan juga pada juru parkir. Karena dengan merubah mindset jukir yang selama ini selalu menerima uang cash, ini butuh memerlukan waktu dan dorongan dari dalam diri jukir masing-masing,” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here