Resmi Dirilis, Yamaha MT-10 2022 Memiliki Beragam Peningkatan
Resmi Dirilis, Yamaha MT-10 2022 Memiliki Beragam Peningkatan

Generasi terbaru MT-10 dengan bangga telah di rilis oleh Yamaha Motor Corporation, AS. Dengan perangkat serba baru telah disematkan untuk model keluaran 2022 tersebut. Dengan gaya yang lebih segar, performa meningkat, pengereman yang lebih mapan, dashbor TFT terbaru dan dihadirkan pula untuk versi SP menggunakan spesifikasi tertingginya. Sebagian komponen yang digunakan adalan turunan langsung dari YZF-R1.

Seperti yang dikatakan oleh Yamaha bahwa MT-10 terbarunya merupakan evolusi, walau terdapat beberapa kemiripan dengan generasi pendahulunya. Tetapi juga terdapat peningkatan yang cukup signifikan pada beberapa sektornya. Dimana sasisnya Deltabox yang benar diturunkan dari R1, untuk jarak sumbunya terdapat peningkatan dari 55,1 inci menjadi 55,3 inci. Dari ubahan tersebut berguna untuk memudahkan para rider untuk bermanuver.

Baca juga : Jangan Sampai Tertipu. Begini Cara Membedakan Oli Yang Asli

Sejak awal peluncurannya, MT-10 memiliki kategori Hyper Naked. Reputasi sebagai motor dengan gaya agresif paling khas telah ia bangun dan tradisi tersebut tetap dihadirkan pada generasi terbarunya. Dimana elemen bodywork yang dirasa tidak perlu pun dihilangkan dan berfokus pada keindahan mekanisnya.

Salah satu desain yang tampak begitu menonjol ada pada bagian wajah, dengan lampu depan LED ganda dengan mono fokus yang baru serta posisi LED pada bagian atasnya yang mampu memberi tampilan yang halus serta dominan.

Resmi Dirilis, Yamaha MT-10 2022 Memiliki Beragam Peningkatan
Resmi Dirilis, Yamaha MT-10 2022 Memiliki Beragam Peningkatan

Ergonomi pun turut ditingkatkan demi kenyamanan dan juga kontrol yang baik. Bagian segitiga pengendara, stang, pijakan kaki dan juga kursi juga mendapatkan peningkatan dengan posisi pinggul yang agak diturunkan. Kontur pada bagian jok pun telah diperbarui sehingga pengendara dapat duduk lebih lama.

Dibandingkan pendahulunya, tangki yang sekarang terasa lebih halus, berdasarkan intake udara yang telah dibentuk ulang dengan bentuk yang lebih besar pada kedua sisinya, pada panel samping pun telah dilepas sehingga bentuknya menjadi lebih sederhana. Pada bagian jok dan ekor mendapat perubahan yang membuat posisi berkendara menjadi lebih baik lagi.

Untuk urusan jantung pacu yang berasal dari mesin CP4 998cc, DOHC, 4 silinder, dengan pendingin berupa cairan, 16 katup Yamaha YZR-R1, yang telah disesuaikan pula berdasarkan karakter dari Naked Bike. Con-rods yang semula berbahan titanium telah digantikan dengan material berbahan baja. Untuk urusan performa tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 163,6 Hp dengan torsi 112 Nm. Yang mampu mencapai puncak pada 11.500 rpm dan 9.000 rpm. Masih sama dengan pendahulunya MT-10 diberikan kotak udara yang memang disetel secara akustik, bersama tiga tabung intake dengan diameter yang tidak rata kemudian di setel untuk dapat beresonansi pada nada tertentu saja, sehingga selaras menjadi suara yang cukup menarik. Gril penguat akustik juga disematkan pada motor tersebut yang berada pada tangki dengn tujuan untuk mengarahkan suara masuk ke pengendaranya.

Resmi Dirilis, Yamaha MT-10 2022 Memiliki Beragam Peningkatan
Resmi Dirilis, Yamaha MT-10 2022 Memiliki Beragam Peningkatan

Untuk urusan gas buangnya, dimana saat ini menggunakan bahan titanium terbaru, termasuk pula dengan pipa bawah juga silencer. Pada bagian tersebut juga mendapatkan peningkatan sehingga suara gaya V4 menjadi maksimal dimana dihasilkan oleh crossplane-crank.

Untuk suspensinya pun tak mengalami perubahan, dimana pada bagian belakang masih memakai monoshock KYB dan depan menggunakan upside down 43 mm. cakram ganda 320 mm masih digunakan pula dengan kaliper 4 piston yang dipasang radial. Dengan penamabahan master silinder rem radial dari bremo kinejanya menjadi lebih meningkat.

Sebagai fitur baru, disematkan pula layar TFT 4,2 inci. Peningkatan pun ada pada sistem throttle ride by wire berkat bantuan IMU dengan 6 sumbu sehingga dapat mengaktifkan rangkaian lengkap alat bantu pada pengendara. Untuk peranti standarnya seperti wheelie control, cornering ABS, engine brake control, Yamaha SCS slide control system dan juga cornering traction control. Quickshifter yang dahulunya sebagai perangkat opsional kini telah menjadi perangkat standar.

Resmi Dirilis, Yamaha MT-10 2022 Memiliki Beragam Peningkatan
Resmi Dirilis, Yamaha MT-10 2022 Memiliki Beragam Peningkatan

Baik MT-10 maupun MT-10 SP 2022 sama-sama mengusung gaya baru. Yang mendapatkan perubahan pada mekanis yang serupa pada bagian mesin, elektronik dan juga kotak udaranya. Sehingga tak ada perbedaan yang signifikan untuk urusan tenaga juga kinerja dari kedua model tersebut. Tak berbeda dengan sebelumnya dimana keunggulan dari SP adalah suspensi elektronik yang berasal dari Ohlins, sedangkan pada sistem model 2022 yang akan terasa jauh lebih baik dari pendahulunya.

Sebagai sepeda motor pertama di dunia yang dapat versi generasi selanjutnya dari kit Ohlins, yang memberikan tiga mode redaman semi aktif yang dengan terus-menerus memberikan respons kondisi saat berkendara, juga tiga present tersebut dapat disesuaikan dengan manual.

Untuk membedakan dari model dasar MT-10 SP pun mendapat fairing yang baru lebih rendah, dengan kabel rem baja yang menjadi standar. Untuk urusan harga, MT-10 reguler harga yang dibanderol mulai dari MSRP $13,999 setara dengan (Rp. 199 jutaan) dengan dua pilihan warna yaitu Cyan Storm dan Raven Black. Untuk MT-10 SP dibanderol dengan harga $ 16.899 setara dengan (Rp.241 jutaan) dengan satu pilihan warna yaitu Liquid Metal/Raven.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here